Inilah Biografi Mbah Maridjan: Sosok Juru Kunci Merapi

3
6626
Biografi Mbah Maridjan

Sejak letusan Merapi tahun 2006, nama Mbah Maridjan meroket dalam diskusi media terkait dengan penanganan letusan Gunung Merapi. Sososk yang dikenal sebagai juru kunci gunung berapi ini menjadi cukup fenomenal ketika ia menolah untuk dievakuasi. Keyakinan bahwa amanat menjaga Merapi sebagai tugas pokok juru kunci meneguhkan keyakinan Mbah Maridjan untuk bertahan dengan segala resiko yang melekat. Sosok ini menjadi lebih fenomenal ketika menjadi bintang iklan salah satu produk minuman suplemen yang ditayangkan di pelbagai saluran televisi.

Profil Mba MaridjanNama Asli tokoh berjuluk Mbah Maridjan adalah Raden Ngabehi Surakso Hargo. Lahir pada 5 Februari 1927, ia bertempat di Dukuh Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan Sleman. Sosok ini meninggal pada 26 Oktober 2010 dalam letusan Merapi yang menyapu kediamannya. Mbah Maridjan berumur 83 tahun ketika awan panas menyapu kediamannya.

Posisi Mbah Maridjan bagi masyarakat sekitar Merapi cukup sentral. Sebagai juru kunci yang mendapat Mandat dari Sultan Hamengkubuwana IX, pernyataan Mbah Maridjan dijadikan salah satu komando bagi masyarakat sekitar lereng Merapi. Masyarakat menjadikannya rujukan dalam mengambil keputusan, seperti pengungsian. Posisi juru kunci telah disandang Mbah Maridjan sejak 1982. Sebelumnya ia didaulat sebagai juru wakil kunci pada tahun 1970.

Nama Mas Penewu Suraksohargo diperoleh Mbah Maridjan pada tahun 1970, saat ia resmi menjadi abdi dalem Keraton dan bertugas mendampingi ayahnya selaku juru kunci Merapi. Saat itu ia berpangkat sebagai mantri juru kunci merapi. Pelbagai tugas selaku juru kunci melekat pada sosok ini, seperti pelaksanaan ritual Labuhan Merapi. Meninggalnya sang Ayah pada Maret 1982 menjadikannya resmi menjadi juru kunci Merapi menggantikan posisi ayahnya.

Nilai loyalitas melekat erat dengan sosok ini. Hingga hari kematiannya, Mbah Maridjan tetap menolak untuk dievakuasi. Meski menganjurkan warga untuk mengungsi ke tempat lebih aman, status sebagai penanggungjawab Merapi membuatnya tak beranjak dari lereng gunung tersebut dengan pelbagai resiko yang dihadapinya.

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Nama Asli tokoh berjuluk Mbah Maridjan adalah Raden Ngabehi Surakso Hargo. Lahir pada 5 Februari 1927, ia bertempat di Dukuh Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan Sleman. Sosok ini meninggal pada 26 Oktober 2010 dalam letusan Merapi yang menyapu kediamannya. Mbah Maridjan berumur 83 tahun ketika awan panas menyapu kediamannya.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here