Inilah Hal yang Perlu Diketahui Orangtua Sebelum Memberikan Gadget Kepada Anak

7
1169
Memberi gadget ke anak

Sudahkah anak membutuhkan perangkat smartphone? Pertanyaan ini tentu akan dijawab secara beragam oleh para orangtua. Hal ini sangat tergantung dengan situasi dalam keluarga. Sebagai catatan awal, perlu ditegaskan bahwa smartphone bukanlah pengasuh anak seperti halnya televisi. Kencederungan untuk memberikan smartphone atau membiarkan anak menonton televisi selama mungkin agar tidak mengganggu aktivitas orangtua bukanlah pilihan yang sepenuhnya bijak. Anak dalam masa perkembangannya lebih membutuhkan sentuhan dan dampingan orangtua dibandingkan dengan ketersediaan alat seperti televisi dan smartphone. Menyerahkan pengasuhan anak kepada perangkat-perangkat teknologi memang sedikit banyak meringankan orangtua, tetapi orangtua harus mengerti akibat yang dapat ditimbulkan dari penggunaan alat tersebut.

Perkembangan ketersediaan teknologi tidak saja menjadika perangkat teknologi informasi dan komuunikasi (TIK) menjadi salah satu keumuman di masyarakat, tetapi juga membuat teknologi ini akrab dengan segala lapisan umur. Teknologi yang dahulu hanya dimiliki dan diakses oleh orang dewasa kini turut dapat dimanfaatkan dan diakses oleh anak, termasuk smartphone. Hal ini tentu mengandung resiko tersendiri bagi anak. Tidak saja terkait dengan ketersediaan konten, penggunaan smartphone yang tidak diatur secara ketat akan membuat anak kehilangan orientasi untuk bersosialisasi dengan lingkungan sosial. Kesempatan anak untuk mengakses komputer, smartphone dan tablet harus diiringi dengan kesiapan orantua untuk mengamankan mereka selama mengakses dunia maya.

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Sudahkah anak membutuhkan perangkat smartphone? Pertanyaan ini tentu akan dijawab secara beragam oleh para orangtua. Hal ini sangat tergantung dengan situasi dalam keluarga. Sebagai catatan awal, perlu ditegaskan bahwa smartphone bukanlah pengasuh anak seperti halnya televisi. Kencederungan untuk memberikan smartphone atau membiarkan anak menonton televisi selama mungkin agar tidak mengganggu aktivitas orangtua bukanlah pilihan yang sepenuhnya bijak. Anak dalam masa perkembangannya lebih membutuhkan sentuhan dan dampingan orangtua dibandingkan dengan ketersediaan alat seperti televisi dan smartphone. Menyerahkan pengasuhan anak kepada perangkat-perangkat teknologi memang sedikit banyak meringankan orangtua, tetapi orangtua harus mengerti akibat yang dapat ditimbulkan dari penggunaan alat tersebut. Perkembangan ketersediaan teknologi tidak saja menjadika perangkat teknologi informasi dan komuunikasi (TIK) menjadi salah satu keumuman di masyarakat, tetapi juga membuat teknologi ini akrab  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here