Mengenal Organisasi dan Fungsi Manajemen (1)

3
3572
Panduan Manajemen organisasi

Istilah organisasi sudah tidak asing di telinga. Istilah ini menunjuk pada institusi yang bersifat formal dan nonformal. Definisi organisasi lekat dengan istilah lain,  yaitu manajamen. Organisasi telah hidup secara formal dan informal dalam lingungan masyarakat. Kelembagaan nonformal dapat dilihat contoh kumpulan keluarga besar. Meski tidak tampak sebagai sebuah unit organisasi formal, namun perkumpulan tersebut menunjukkan tujuan bersama dan pola yang disepakati yang merupakan bagian dari makna organisasi. Organisasi formal lebih mudah dipahami dan disaksikan, seperti institusi departemen dalam pemerintahan, perusahaan atau organisasi kemasyarakatan (Ormas).  Kedua jenis tersebut berkembang dan hidup di tangah masyarakat sebagai fakta sosial.

Definisi Organisasi

Organisasi didefinisikan sebagai kumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan bekerjasama dalam wadah yang sama[1. Robbins, Stephen dan Mary coulter. 2007. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.]. Organisasi merupakan merupakan sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu[2. Griffin,.D. 2002. The Emergence of Leadership: Linking Self-organization and Ethics. London: Routledge]. Tujuan merupakan kata kunci penting dalam tata kelola organisasi. Organisasi didirikan untuk mencapai target-target spesifik yang diinginkan secara kolektif dan diupakan sebagai bagian dari pembagian peran antar pihak yang terlibat. Keterbatasan pada individu untuk mencapai target atau tujuan mengharuskannya bekerjsama atau membentuk kelompok yang dapat berbagi peran memenuhi target tersebut. Definisi ini menjadikan organisasi sebagai satuan kerja yang melibatkan lebih dari satu orang.

Terdapat pelbagai bentuk organisasi. Formalitas adalah salah satu indikator untuk melihat keberadaan organisasi. Istilah organisasi formal merujuk pada bentuk tersebut. Di lain sisi, bentuk-bentuk kerjsama atau kooperasi dalam rangka tujuan tertentu juga terkadang tersaji dalam bentuk yang tidak formal.  Salah satu cara memeriksa apakah kerjasama tersebut ada dalam kerangka organisasi adalah dengan memeriksa tujuan yang menjembatani kerja kolektif tersebut. Cara tersebut merupakan bagian dari pemeriksaan berdasarkan ciri keberadaan organisasi. Artinya, organisasi dapat hidup tanpa legalitas berupa surat pendirian, tetapi organisasi juga dapat hidup dan berkembang sebagai sebuah pola interaksi yang menghubungkan tujuan antar individu.

Ciri-ciri Organisasi

Secara umum, terdapat tiga ciri organisasi, yaitu keanggotannya lebih dari satu orang (jamak); tujuan keberadaanya, dan; adanya struktur yang menghubungkan antar aktor di dalam organisasi tersebut. Dari sisi keanggotaan guna menunjukkan berfungsinya kata kerjasama dan kooperasi, maka dibutuhkan prasyarat, yaitu keanggotaan lebih dari satu orang. Tujuan menghubungkan individu dengan individu lain untuk bekerjasama dalam wadah yang disebut sebagai organsiasi. Beberapa individu yang memiliki tujuan yang sama namun tidak bekerjasama tidak dapat digolongkan sebagai organisasi.

Keberadaan struktur menjadi prasayarat lain keberadaan organisasi. Struktur menunjukkan mekanisme pembagian peran dalam kelompok untuk tujuan yang diharapkan. Ketersediaan struktur mengindikasikan adanya penyerahan tugas kepada masing-masing individu dalam organisasi untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu yang bertujuan untuk mencapai target kolektif.

Sumber rujukan:

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Istilah organisasi sudah tidak asing di telinga. Istilah ini menunjuk pada institusi yang bersifat formal dan nonformal. Definisi organisasi lekat dengan istilah lain, yaitu manajamen. Organisasi telah hidup secara formal dan informal dalam lingungan masyarakat. Kelembagaan nonformal dapat dilihat contoh kumpulan keluarga besar. Meski tidak tampak sebagai sebuah unit organisasi formal, namun perkumpulan tersebut menunjukkan tujuan bersama dan pola yang disepakati yang merupakan bagian dari makna organisasi. Organisasi formal lebih mudah dipahami dan disaksikan, seperti institusi departemen dalam pemerintahan, perusahaan atau organisasi kemasyarakatan (Ormas). Kedua jenis tersebut berkembang dan hidup di tangah masyarakat sebagai fakta sosial. Definisi Organisasi Organisasi didefinisikan sebagai kumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan bekerjasama dalam wadah yang sama. Organisasi merupakan merupakan sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here