Mengenal Organisasi dan Fungsi Manajemen (2)

3
2034
Panduan Manajemen organsiasi

Definisi organisasi mensyaratkan adanya keanggotaan dan kolaborasi atau kerjasama antar aktor dalam organisasi. Hal ini terkait dengan fungsi lainnya yaitu adanya struktur dalam organsisasi. Struktur organisasi mendefnisikan adanya pembagian peran dan wewenang secara sistematis, terstruktur dan saling diketahui oleh masing-masing anggota. Organisasi yang hidup adalah organisasi yang dapat berbagi peran secara maksimal. Definisi organisasi yang hidup bukan saja berarti organisasi yang berjalan dan bertahan, tetapi juga konsep tentang organisasi yang mendorong anggotanya untuk berkembang. Perkembangan pada anggota menjadi salah satu faktor penentu kepuasan seseorang untuk bekerja dan berada dalam suatu organisasi.

Makna organisasi yang mensyaratkan adanya kolaborasi dan kerjasama dihubungkan oleh fungsi manajemen. Definsi manajemen terkait erat dengan fungsi, peran dan tujuan dalam organsiasi. Kata manajemen hingga saat ini terus berkembang mengacu pada perkembangan jenis-jenis organisasi. Definisi Manajemen bersumber dari bahasa Perancis ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur sesuatu[1. Oxford Dictionary].  Terdapat beragam definisi yang berkembang menjelaskan istilah yang cukup dinamis ini.

Manajemen bermakna proses menyeluruh yang mencakup perencanaan,  pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengawasan atas sumber daya dalam organisasi guna mencapai sasaran secara efektif dan efesien[2. Griffin, R. 2006. Business.  New York: Prentice Hall]. Terry dan Rue mendefinisikan manajemen sebagai proses atau kerangka (framework) yang mengandung unsur mengarahkan atau membimbing perseorangan atau kelompok guna kepentingan tujuan organisasi[3. Terry,. G.R dan Rue,. L.W. 1982. Principles of management. New York : Dow Jones- Irwin.  ].

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Definisi organisasi mensyaratkan adanya keanggotaan dan kolaborasi atau kerjasama antar aktor dalam organisasi. Hal ini terkait dengan fungsi lainnya yaitu adanya struktur dalam organsisasi. Struktur organisasi mendefnisikan adanya pembagian peran dan wewenang secara sistematis, terstruktur dan saling diketahui oleh masing-masing anggota. Organisasi yang hidup adalah organisasi yang dapat berbagi peran secara maksimal. Definisi organisasi yang hidup bukan saja berarti organisasi yang berjalan dan bertahan, tetapi juga konsep tentang organisasi yang mendorong anggotanya untuk berkembang. Perkembangan pada anggota menjadi salah satu faktor penentu kepuasan seseorang untuk bekerja dan berada dalam suatu organisasi. Makna organisasi yang mensyaratkan adanya kolaborasi dan kerjasama dihubungkan oleh fungsi manajemen. Definsi manajemen terkait erat dengan fungsi, peran dan tujuan dalam organsiasi. Kata manajemen hingga saat ini terus berkembang mengacu pada perkembangan jenis-jenis  […]

  2. […] Key performance indicator (indikator kunci kinerja / KPI) menjadi salah satu elemen penting di setiap organisasi. Hampir setiap organisasi, dengan segala bentuknya, membutuhkan ukuran terperinci untuk memastikan target pencapaian dapat diselesaikan oleh setiap personil atau penanggungjawab. Pengukuran kinerja bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang capaian organisasi dilihat dari sudut pandang capaian kinerja individu atau unit kerja. KPI merupakan salah satu alat evaluasi yang dapat digunakan oleh organisasi guna memudahkan proses pengembangan organisasi. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here