Mengenal Organisasi dan Fungsi Manajemen (2)

3
3526
Fungsi Manajemen Organisasi
Bagan Fungsi Manajemen Organisasi. sumber Sadiq.J. FUngsi-Fungsi dan Tingkatan dalam Organisasi. 2012.

Kata manajemen mengandung pelbagai bentuk fungsional yang bertujuan untuk mengendalikan kinerja dan pola kerja organisasi. Hal tersebut merangkum pelbagai konsep yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan organisasi modern. Secara umum, definisi manajemen telah menunjukkan beberapa fungsi utama yang terkandung dalam istilah tersebut. Mengacu pada Terry [1. George R.  2000. Terry, Guide to Menagement (Prinsip-prinsip Manajemen), terj. J. Smith D.E.M. Jakarta: Bumi Aksara. ],  ini adalah beberapa fungsi manajemen organisasi yang berkembang dalam diskursus tata kelola organisasi:

  1. Perencanaan (planning): menunjukkan fungsi penyusunan target, harapan dan sasaran yang akan menjadi sasaran dari  model kerja organisasi. Perencanaan juga mencakup aspek penentuan jenis-jenis pekerjaan yang menjadi bagian tanggungjawab dari satu bagian dalam organisasi.
  2. Pengorganisasian (organizing) yaitu fungsi tata kelola yang dilakukan dalam organisasi yang mencakup pembagian tugas, distribusi wewenang, pengerahan sumber daya dan pengembangan.  Fungsi ini bekerja secara sistemik dan saling terhubung dengan sistem lainnya.
  3. Fungsi pengawasan (monitoring) adalah fungsi kontrol yang melekat pada organisasi untuk memastikan kinerja dan berjalannya pelbagai wewenang yang telah didistribusikan kepada masing-masing bagian dalam organsisasi. Fungsi ini juga mencakp pemeriksaan kinerja dan capaian pada masing-masing bagian.

Selain fungsi-fungsi tersebut, manajemen organisasi juga memiliki beberapa fungsi tambahan, seperti motivasi dan penempatan, inovasi, koordinasi dan fungsi perwakilan. Manajamen secara tidak langsung bertanggungjawab atas situasi psikologis yang turut menentukan keseluruhan kinerja pada organisasi. Fungsi tersebut berada pada aspek motivasi dan dorongan. Organisasi berkewajiban untuk memberikan dukungan kepada pelaku agar memiliki aspek psikologis yang adequate untuk menopang beban kerja. Fungsi koordinasi menunjukkan peran manajemen untuk menghubungkan antar aktor dalam organisasi. Peran tersebut cukup sentral mengingat organisasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat beroperasi secara terpisah pada setiap unitnya.

 

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Definisi organisasi mensyaratkan adanya keanggotaan dan kolaborasi atau kerjasama antar aktor dalam organisasi. Hal ini terkait dengan fungsi lainnya yaitu adanya struktur dalam organsisasi. Struktur organisasi mendefnisikan adanya pembagian peran dan wewenang secara sistematis, terstruktur dan saling diketahui oleh masing-masing anggota. Organisasi yang hidup adalah organisasi yang dapat berbagi peran secara maksimal. Definisi organisasi yang hidup bukan saja berarti organisasi yang berjalan dan bertahan, tetapi juga konsep tentang organisasi yang mendorong anggotanya untuk berkembang. Perkembangan pada anggota menjadi salah satu faktor penentu kepuasan seseorang untuk bekerja dan berada dalam suatu organisasi. Makna organisasi yang mensyaratkan adanya kolaborasi dan kerjasama dihubungkan oleh fungsi manajemen. Definsi manajemen terkait erat dengan fungsi, peran dan tujuan dalam organsiasi. Kata manajemen hingga saat ini terus berkembang mengacu pada perkembangan jenis-jenis  […]

  2. […] Key performance indicator (indikator kunci kinerja / KPI) menjadi salah satu elemen penting di setiap organisasi. Hampir setiap organisasi, dengan segala bentuknya, membutuhkan ukuran terperinci untuk memastikan target pencapaian dapat diselesaikan oleh setiap personil atau penanggungjawab. Pengukuran kinerja bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang capaian organisasi dilihat dari sudut pandang capaian kinerja individu atau unit kerja. KPI merupakan salah satu alat evaluasi yang dapat digunakan oleh organisasi guna memudahkan proses pengembangan organisasi. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here