Inilah Cara Ajarkan Anak Penggunaan Uang Secara Tepat

1
2282

3. Percayakan anak untuk mengelola keuangannya

Proses pembelajaran pengelolaan keuangan oleh anak membutuhkan proses latihan. Orangtua perlu untuk mulai mengajarkan anak mengelola keuangan dengan memberikan anak tanggungjawab untuk mengelola keuangan sesuai dengan kebutuhannya, seperti uang jajan harian. Pemberian uang perlu diikuti dengan penjelasan tujuan dan kegunaan uang yang dipercayakan kepda anak.  Ada baiknya orangtua membiasakan anak untuk membuat catatan uang masuk dan penggunaannya. Pelaporan berkala kepada orangtua akan membantu memupuk tanggungjawab anak untuk menggunakan uang secara tepat.

4.  Perkenalkan anak dengan konsep menabung dan kebutuhan tak terduga

Isitilah dan praktek menabung, bahkan dalam bentuk sederhana seperti dengan menggunakan celengan, merupakan sebuah kebutuhan penting untuk mengajarkan anak untuk mengenal penggunaan uang secara tepat guna. Orangtua perlu memberikan penjelasan alasan mengapa anak perlu menabung dan memersiapkan cadangan keuangan. Cadangan keuangan pada anak melalui tabungannya akan lebih baik jika diarahkan untuk kebutuhan positif yang dapat membantu anak. Konsep kebutuhan tak terduga sebagai salah satu kemungkinan juga perlu diajarkan. Dengan demikian, anak juga anak dilatih untuk menentukan skala prioritas dan pentingnya cadangan keuangan.

5. Berikan contoh pengelolaan keuangan 

Fungsi model yang melekat pada orangtua mengharuskan mereka memberikancontoh pengelolaan keuangan pada anak. Hal ini dapat dipratekkan dengan proses-proses sederhana, seperti melibatkan anak untuk berbelanja dengan membedakan jenis barang yang akan dibeli berdasarkan kebutuhan bersama. Konsistensi pada anjuran dan arahan juga dibutuhkan.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here