Waspadai Tanda-tanda Kanker Payudara

6
6650
Tanda Kangker Payudara
kanker payudara

Kangker payudara dapat menjangkit  setiap wanita. Kanker jenis ini masih menjadi salah satu penyebab kematin terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Di India 22 Wanita dideteksi mengidap kangker ini setiap menitnya. Jumlah tersebut menunjukkan tingginya angka pengidap penyakit akibat anomali sel ini. Resiko yang diemban setiap perempuan mengharuskan perempuan lebih waspada terhadap penyakit mematikan ini. Faktor keturuan dan makanan menjadi salah satu pemicu lain yang memperkuat potensi penyakit ini. Pemeriksaan dini dianjurkan untuk memastikan penyakit ini. Di lain sisi, kewaspadaan tehadap tanda-tanda awal munculnya kangker ini perlu dipraktikkan oleh wanita.

Deteksi dini dapat dilakukan melalui mamogram dan pemantauan perkembangan payudara menjadi salah satu tips penting yang dapat dilakukan. Secara umum, deteksi dini memang tidak sepenuhnya mudah. Perempuan perlu mengamati perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara dan sekitarnya, seperti munculnya benjolan, gatal, keluarnya cairan tertentu dan penebalan dinding payudara.

Beberapa tanda-tanda yang perlu diwaspadai sebagai gejala awal kanker ini, antara lain:

  1. Iritasi pada kulit payudara yang berlangsung dalam kurun waktu agak panjang
  2. Munculnya rasa sakit pada payudara
  3. Pembengkakakn yang muncul pada payudara
  4. Rasa sakit pada puting bagian luar maupun dalam
  5. Munculnya cairan selain susu dari payudara
  6. Penebalan pada dinding payudara, dan
  7. Munculnya benjolan pada ketiak.

Ketujuh tanda tersebut menjadi ciri-ciri kanker payudara pada  stadium tertentu. Mewaspadainya tentu akan lebih baik. Perempuan yang mengalami hal tersebut perlu memeriksakan diri atau berkonsultasi dengan dokter spesialis yang mampu memberikan diagnosa lengkap.

Sumber foto: Pixabay.

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here