Inilah Cara Memantau Aktivitas Online Anak

7
3961
MEngawasi anak menggunakan Internet

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan orangtua turut mempelajari teknologi tersebut. Keteraksesan internet dan ponsel yang kini merambah anak-anak dan remaja mengharuskan orangtua untuk lebih proaktif dalam memantau, mengawasi dan mengajari pemanfaatan internet serta perangkatnya secara tepat guna. Perlukah orangtua menjadi ahli? Tidak semua hal perlu dipelajari oleh orangtua untuk dapat mengawasi dan mengarahkan anak pada penggunaan TIK dan pemanfaatan alat komunikasi secara tepat.

Persoalan utama terkait dengan penggunaan yang kerap mengemuka adalah hubungan anak dengan pihak lain melalui dunia maya; keteraksesan konten negatif; dan penggunaan waktu yang berlebihan saat berselancar di dunia maya. Keterhubungan anak dengan pihak lain di dunia maya tidak saja berpotensi memberikan akses pada anak untuk mendapatkan konten negatif, tetapi juga dapat membahayakan anak. Ragam kasus penculikan, cyber bullying dan kekerasan seksual yang dilakukan teman online yang dikenal melalui media sosial sudah kerap terjadi. Menangani hal ini orangtua perlu menekankan ambang batas dan sikap selektif dalam pergaulan di dunia maya.

Persoalan konten negatif menjadi kekahwatiran lain orangtua. Terbukanya kanal informasi secara lugaas dan nyaris tanpa batas pada dunia internet mengharuskan orangtua secara lebih selektif memberikan kesempatan pada anak untuk mengakses informasi bersumber dari internet. Pendampingan dan diskusi untuk mendefinisikan konten yang boleh menjadi sebuah keharusan. Pembatasan akses menjadi hal lain yang perlu dilakukan guna memastikan anak memiliki waktu sosial dan belajar lain yang juga dibutuhkan selama proses perkembanan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengawasi aktivitas anak di dunia maya:

1. Letakkan Komputer pada Ruang Bersama

Memberikan anak komputer berakses internet tanpa pembatasan dan pengawasan justeru akan merugikan anak selama masa perkembangannya. Menjadikan komputer sebagai perangkat pribadi yang tertutup bagi anak akan membuat anak kurang mengerti batasan dan merasa bebas tanpa adanya pengawasan dari orangtua. Peletakan komputer di ruang yang setiap anggota keluarga dapat melihat menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Dengan cara ini, orangtua dapat secara cepat dan berkala mengawasi aktivitas online yang dilakukan oleh anak. 

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. Urusan mmantau anak/saudara trutama di internet sya biasa beli sopwarenya TERLACAK dot com
    pernah beli yg software hack fb & twitter (buat ngintip pasword)
    trus sopware pengecek pulsa & pengambil Foto/Video di Hp lain
    kalo beli bilang aja buat mantau anak,,,biasanya lebih cepet direspon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here