Inilah Cara Memantau Aktivitas Online Anak

7
4369

2. Pasanglah Aplikasi Parental pada Komputer

Pelbagai aplikasi parental daapat ditemukan dengan mudah di internet. Aplikasi yang tersedia di internet tersebut bahkan beberapa diantaranya dapat diakses secara gratis oleh orangtua. Umumnya aplikasi tersebut berfungsi untuk membatasi dan mengontrol akses internet dan penggunaan komputer. Pembatasan ini biasanya juga diamankan dengan sandi (password) yang membuat anak tidak dapat secara mudah untuk menerobos batasan yang sudah disepakati bersama. Selain pada desktop, orangtua juga dapat menerapkan standar pembatasan pada aplikasi perambah internet (browser). Aplikasi seperti Mozilla dan Google Chrome telah menyediakan fasilitas khusus untuk layanan ini.

3. Pasanglah Aplikasi pertahanan konten 

Sebelum menginstall aplikasi pertahanan dan mengizinkan anak untuk mengakses internet, akan lebih baik jika orangtua mendiskusikan dan membuat kesepakatan terlebih dahulu bersama dengan anak terkait dengan penggunaan komputer dan internet. Aplikasi pertahanan tidak bertujuan sama sekali untuk memata-matai aktivitas online anak, melainkan untuk menjaga keamanan anak selama penelusuran di dunia  maya. Penjelasan perlu diberikan oleh orangtua kepada anak. Bagaimana pun, privasi dan kebutuhan anak untuk berselancar perlu tetap dihormati oleh orangtua. Aplikasi pertahanan ini umumnya berfungsi untuk memblokir situs tertentu berdasarkan kategori, seperti pornografi, perjudian dan kekerasan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasang aplikasi ini. Aplikasi gratis seperti K39 web protection menjadi salah satu pilihan yang tanpa berbayar.

4.  Ajak anak berdiskusi tentang hasil pencarian di Internet

Diskusi merupakan hal penting dalam pendidikan anak, termasuk dalam pemanfaatan internet. Orangtua perlu secara berkala mendiskusikan apakah manfaat yang diperoleh anak selama menggunakan internet. Hal ini akan membuat anak lebih terbuka dan dapat bertanggungjawab pada orang lain terkait dengan aktivitas online. Anak perlu juga diajak untuk merumuskan hal apa yang membahayakan mereka selama mengakses internet. Hal ini akan lebih memudahkan orangtua. Penanaman nilai tanggung jawab yang melekat pula dalam aktivitas online akan membantu pembentukan karakter pada anak.

 

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. Urusan mmantau anak/saudara trutama di internet sya biasa beli sopwarenya TERLACAK dot com
    pernah beli yg software hack fb & twitter (buat ngintip pasword)
    trus sopware pengecek pulsa & pengambil Foto/Video di Hp lain
    kalo beli bilang aja buat mantau anak,,,biasanya lebih cepet direspon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here