Mengenal Jenis Webhosting untuk Blog dan Website

9
1595
Tips memilih web hosting untuk blog atau web

Webserver merupakan aspek penting dalam perkembangan dunia internet. Perangkat komputer yang didesain khusus sebagai penyimpanan data yang diakses melalui jaringan ini menjadi salah satu jantung dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Istilah server semakin populer semenjak era Blog dimulai di Indonesia.  Secara umum, selain berfungsi sebagai penyimpanan data, web server juga berfungsi sebagai sebuah sistem yang merespon pelbagai permintaan komputer yang terhubung dengan jaringan untuk mengakses http/https (hyper text transfer protocol). Permintaan pengguna internet menggunakan browser akan diproses oleh webserver yang menyimpan data untuk alamat yang diminta oleh perambah internet.

Pengetahuan tentang fungsi dan jenis web mutlak perlu diketahui oleh calon pengembang atau orang yang berminat untuk membangun blog atau website mandiri. Perusahaan penyedia layanan server umumnya memberikan beberapa pilihan yang dapat digunakan oleh pengguna. Besaran biaya sangat tergantung oleh jenis layanan dan keleluasaan akses serta pengelolaan dalam server tersebut. Pemilihan jenis hosting sangat tergantung oleh kebutuhan web yang akan dikembangkan. Selain itu, beberapa aspek lain seperti lebar pita data (bandwidth), lokasi serta kapasitas perangkat keras (hardware)  turut perlu dipertimbangkan sesuai dengan besarnya target klien yang akan dijangkau dan jenis aplikasi yang akan dijalankan secara online.

Istilah hosting berkembang untuk menunjuk usaha sektor jasa yang menyewakan fasilitas webserver baik untuk keperluan pengembangan dan penampungan data website, email maupun data komputasi awan (Cloud computing). Penyedia jasa penyewaan server –yang kemudian disebut penyedia jasa hosting– memberikan layanan berupa beberapa bagian dari sumber daya server (berupa ruang hardisk, akses file transfer protocol/FTP) yang memungkinkan penyewa mengunggah (upload) file untuk dapat diakses oleh pengguna lain dan dari lokasi berbeda yang memiliki akses internet.

Secara umum terdapat 4 jenis webhosting yang umumnya disediakan oleh perusahaan penyedia jasa internet:

1. Mail server

Server penampungan email (mail server) biasanya adalah jenis layanan termurah yang disediakan oleh penyedia jasa internet. Fungsi dari hosting ini lebih terfokus pada penyediaan kapasitas penampungan yang terhubung dengan email client dengan alamat khusus, seperti contoh@contoh.com. Menggunakan layanan ini, Anda dapat membuat akun email dengan nama domain yang spesifik seperti contoh sebelumnya. Fungsi ini memakan sumber daya server yang tidak terlalu besar. Wajar kiranya jika akhirnya layanan ini dijadikan sebagai layanan tambaha yang bersifat gratis dan melengkapi layanan web hosting lainnya. 

Berbagi dan Diskusi

9 COMMENTS

  1. […] Istilah hosting berkembang untuk menunjuk usaha sektor jasa yang menyewakan fasilitas webserver baik untuk keperluan pengembangan dan penampungan data website, email maupun data komputasi awan (Cloud computing). Penyedia jasa penyewaan server –yang kemudian disebut penyedia jasa hosting– memberikan layanan berupa beberapa bagian dari sumber daya server (berupa ruang hardisk, akses file transfer protocol/FTP) yang memungkinkan penyewa mengunggah (upload) file untuk dapat diakses oleh pengguna lain dan dari lokasi berbeda yang memiliki akses internet.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here