Ragam Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Air

3
1162
Manfaat air bagi tubuh

Air merupakan sumber kehidupan, begitulah slogan yang sering ditemukan. Slogan tersebut mungkin tepat adanya jika dihubungkan dengan fungsi air dalam tubuh manusia. Air memerankan peran penting laiknya oksigen. Zat cair ini menentukan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Bagaimana pun, zat ini adalah kompnen terbanyak dalam tubuh manusia. Temuan peneliti kesehatan dan kedokteran telah menunjukkan bagaimana peran air dalam metabolisme tubuh, seperti perbaikan sel, zat transportasi bagi asupan, hingga pengatur suhu tubuh.

Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan pelbagai  persoalan. Tubuh membutuhkan asupan air secara berkala dan mencukupi. Rasa haus adalah salah satu mekanisme tubuh untuk mengingatkan bahwa tubuh sedang membutuhkan cairan dalam jumlah tertentu. Kekurangan cairan umumnya memengaruhi metoblisme dan menimbulkan beberapa jenis gangguan kesehatan akibat anomali pada metabolisme. Berikut ini adalah pelbagai masalah kesehatan yang dapat muncul akibat kekuarangan air:

1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Minimnya asupan air ke dalam tubuh menyebabkan persoalan pada pembuluh kapiler. Pembuluh darah ini akan menjadi sempit dan tertutup akibat minimnya zat cair yang tersedia dalam tubuh. Tentu saja penyempitan pembuluh ini membuat aliran darah menjaditidak lancar. Minimnya jumlah zat cair memaksa tubuh untuk tetap memompa darah semaksimal mungkin. Ginjal memiliki mekanisme untuk menyempitkan pembuluh vena dan arteri saat tubuh mengalami kekurangan cairan. Hal ini berimplikasi pada naiknya tekanan darah dalam tubuh.

2. Dehidrasi

Istilah ini cukup umum dikenal dengan kekurangan cairan. Dehidrasi menunjukkan situasi di mana tubuh memiliki cairan yang tidak mencukupi. Dehidrasi tidak saja membahayakan metabolisme, tetapi juga dapatberujung pada kematian. Situasi ini dapat dirasakan dan dialami oleh siapa pun. Aktivitas yang banyak mengeluarkan cairan, sebaiknya diimbangi dengan asupan air yang mencukupi. Selain itu, pada beberapa pengidap penyakit yang memaksa tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak, pengidap disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak cairan, seperti pada kasus muntaber dan diare. Beberapa gejala dehidrasi dapat dirasakan langsung oleh setiap orang, seperti kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan mengeringnya kondisi kulit.

3.  Gangguan Pencernaan

Proses pengolahan makanan yang terjadi pada lambung manusia membutuhkan bantuan ketersediaan zat zair yang memadai. Saluran pencernaan merupakan sistem sangat kompleks yang membutuhkan air untuk membantu memecah makanan. Organ tubuh ini terdiri dari 90% air dan zat bikarbonat yang berfungsi sebagai pelindung dari tingginya asam lambung.  selain berfungsi untuk membantu pencernaan, Air berfungsi untuk menjaga ketebalan dinding lambung dan gangguan yang timbul akibat asam lambung. Kekurangan air disinyalir sebagai salah satu penyebab kerusakan lambung. Beberapa persoalan seperti tidak lancar buang air besar sebagiannya turut disumbang oleh asupan air yang tidak memadai.

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Air merupakan sumber kehidupan, begitulah slogan yang sering ditemukan. Slogan tersebut mungkin tepat adanya jika dihubungkan dengan fungsi air dalam tubuh manusia. Air memerankan peran penting laiknya oksigen. Zat cair ini menentukan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Bagaimana pun, zat ini adalah kompnen terbanyak dalam tubuh manusia. Temuan peneliti kesehatan dan kedokteran telah menunjukkan bagaimana peran air dalam metabolisme tubuh, seperti perbaikan sel, zat transportasi bagi asupan, hingga pengatur suhu tubuh. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan pelbagai persoalan. Tubuh membutuhkan asupan air secara berkala dan mencukupi. Rasa haus adalah salah satu mekanisme tubuh untuk mengingatkan bahwa tubuh sedang membutuhkan cairan dalam jumlah tertentu. Kekurangan cairan umumnya memengaruhi metoblisme dan menimbulkan beberapa jenis gangguan kesehatan akibat anomali pada metabolisme. Berikut ini adalah pelbagai masalah kesehatan yang dapat muncul akibat kekuarangan air: 1.  […]

LEAVE A REPLY