Tips Membangun Komunikasi Efektif untuk Jaringan Kerja

7
1719
Membangun Komunikasi Efektif untuk Bisnis
Membangun Komunikasi Efektif untuk Bisnis (source: pixabay.

Jaringan memainkan peran penting dalam tata kelola perusahaan dan bisnis. Bagaimana pun, anda membutuhkan orang lain untuk dapat mendukung dan berbagi peran dalam bisnis. Hal ini tidak semata terkait hubungan dengan klien. Anda juga membutuhkan sumber daya lain yang dapat mendukung pengembangan bisnis dan kinerja perusahaan.

Pertemuan menjadi hal penting dalam komnikasi di bidang bisnis. Pertemuan, bagaimana pun tidak dapat digantikan sepenuhnya dengan komunikasi menggunakan surat elektronik (email) dan telepon. Setiap orang harus memahani fungsi pertemuan sebagai tempat atau kesempatan membangun kepercayaan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk memperkuat komunikasi dan meningkatkan kepercayaan orang lain kepada anda dalam pertemuan bisnis; atau dengan tujuan membangun kolega:

1. Sapalah pertama kali, jadilah orang yang mengucap halo pertama

Arti istilah “Hallo Effect” menunjukkan kesan bagi setiap orang saat pertama kali bertemu. Kesan ini cukup menentukan hubungan komunikasi selanjutnya. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengupayakan kualitas pertemuan pertama yang baik. Perlu diingat, jangan berlebihan untuk mengucapkan hallo atau menyapa saat pertama kali.

2. Perkenalkan diri Anda dengan Baik

Perkenalan menjadi hal penting untuk membuat orang lain merasa nyaman di hadapan Anda. Kehangatan komunikasi perlu diperhatikan selama Anda berkenalan. Saat Anda memperkenalkan diri, perlu pula memerhatikan dan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk memperkenalkan diri. Jangan membangun kesan seolah-olah Anda tidak mau mendengarkan orang lain.

3. Kontak mata adalah hal penting

Menjaga kontak mata menunjukkan antusiasme anda pada perbincangan yang sedang terjadi. Keumumannya, orang akan merasa tidak nyaman apabila Anda tidak memerhatikan saat berbicara. Salah satu cara menilai apakah Anda memerhatikan suatu pembicaraan adalah melalui kontak mata.

4. Perhatikan Konten pembicaraan

Memerhatikan konten pembicaraan adalah hal penting lainnya. Agar dapat berkomunikasi secara baik, anda perlu memerhatikan secara seksama konten yang dibicarakan. Tidak ada salahnya jika Anda bertanya jika ada yang dirasa belum jelas. Ini akan menunjukkan antusiasme anda atas perbincangan yang tengah berlangsung.

5. Bersikaplah sopan pada saat Anda berpamitan

Memisahkan diri dari kerumunan atau diskusi juga membutuhkan teknik khusus. Anda perlu memastikan bahwa anda telah berpamitan dan menjelaskan tujuan kepergian Anda. Pertimbangkan untuk membangun obrolan akhir yang berisi kemungkinan Anda akan menghubungi atau berkomunikasi lanjut dengan pihak tersebut.

 

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Jaringan memainkan peran penting dalam tata kelola perusahaan dan bisnis. Bagaimana pun, anda membutuhkan orang lain untuk dapat mendukung dan berbagi peran dalam bisnis. Hal ini tidak semata terkait hubungan dengan klien. Anda juga membutuhkan sumber daya lain yang dapat mendukung pengembangan bisnis dan kinerja perusahaan. Pertemuan menjadi hal penting dalam komnikasi di bidang bisnis. Pertemuan, bagaimana pun tidak dapat digantikan sepenuhnya dengan komunikasi menggunakan surat elektronik (email) dan telepon. Setiap orang harus memahani fungsi pertemuan sebagai tempat atau kesempatan membangun kepercayaan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk memperkuat komunikasi dan meningkatkan kepercayaan orang lain kepada anda dalam pertemuan bisnis; atau dengan tujuan membangun kolega: 1. Sapalah pertama kali, jadilah orang yang mengucap halo pertama Arti istilah "Hallo Effect" menunjukkan kesan bagi setiap orang saat pertama kali bertemu. Kesan ini cukup menentukan  […]

  2. […] Menyinggung pertanyaan di atas, tentunya antara satu orang/lembaga dengan orang/lembaga lainnya tak akan selalu memiliki standar jawaban sama. Namun bisa dipastikan, bahwa yang memiliki kecenderungan sebagai juwara tentunya adalah mereka yang selalu memiliki pedoman dan dasar kuat. Mengemas riset dengan pendekatan dan komunikasi adalah salah satunya. [Baca juga: Tips Membangun Komunikasi Efektif untuk Jaringan Kerja] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here