Mengenal Beragam Perintah Run pada Windows

1
1138
Perintah Run dalam Windows
Perintah Run dalam Windows [sumber Pixabay]

Pelbagai fitur tersedia dalam sistem operasi Windows yang dapat diakses melalui perintah run. Kotak dialog tersebut cukup membantu apabila pengguna terbiasa untuk mengakses cepat fungsi yang disedikan ini. Kotak dialog tersebut menjadi salah satu jalan pintas untuk mengakses atau mengaktifkan fitur tertentu. Masih banyak pengguna Windows yang tidak mengetahui perintah “shortcut” ini padahal beberapa jenis operasi dapat dengan mudah dijalankan melalui kotak dialog ini.

Pengguna Windows pada umumnya sudah tidak asing lagi dengan kotak dialog ini. Berikut ini adalah kompilasi beberapa perintah yang dapat dijalankan melalui kotak dialog run:

1. control

Perintah ini dapat digunakan untuk membuka control panel. Tentu akan lebih cepat menggunakan perintah ini guna membuka kotak dialog control panel Windows.

2. Memanggil aplikasi

Perintah run dapat digunakan untuk membuka atau mengaktifkan aplikasi tertentu yang telah terinstall. Syaratnya, pengguna harus tahu secara benar nama aplikasi yang telah terdaftar pada registry. Sebagai contoh, kita dapat membuka perambah internet firefox dengan mengetikkan kata firefox.

3. Shutdown dan logoff

Kedua perintah tersebut tentu sudah tidak asing lagi. Run dapat memercepat proses mematikan komputer atau keluar dari log akun tertentu. Perintah ini juga dapat digunakan untuk mencegah atau membatalkan proses “shutdown” yang tengah berlangsung. Pembatalan dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah shutdown -a. Tindakan ini perlu dilakukan dengan cepat sebelum proses mematikan komputer dijalankan oleh sistem.

4. %programfiles%

Ingin mengakses folder Program Files? Gunakan perintah tersebut agar lebih cepat dan mudah.

5. %userprofile%

Perintah ini serupa dengan perintah sebelumnya. Jika perintah sebelumnya berguna mengakses folder Program Files, perintah ini berguna untuk mengakses Folder User Profile. Perintah ini akan sangat membantu jika digunakan untuk mengakses berkas atau file foto, dokumen, musik dan video yang tersimpan dalam folder Profile.

6. firewall.cpl

Perintah ini digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan fasilitas “Firewall” pada sistem komputer.

7. fonts

Mengetikkan perintah tersebut pada run akan memermudah anda mengakses Folder Fonts pada komputer.

8.  msconfig

Perintah ini digunakan untuk mengaktivasi atau mematikan aplikasi yang berjalan pada start up, boot dan Services.

9.  regedit

Terbiasa melakukan penyuntingan registry sistem komputer? Perintah ini akan memudahkan Anda mengakses register pada Windows. Jika Anda terbiasa memanipulasi registri, maka perintah ini akan membantu Anda.

10. winver

Ingin mengetahui versi sistem operasi Windows yang sedang Anda gunakan? Perintah ini dapat digunakan untuk mengetahui versi yang terpakai secara cepat.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here