Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

4
1844
Menjaga Mata Anak Agar Tetap Sehat
Menjaga Mata Anak Agar Tetap Sehat

Siapakah orangtua yang menginginkan anak sudah berkacamata pada usia yang tergolong dini? Tidak seorang pun orang tua menginginkan hal tersebut terjadi pada anak. Memiliki anak dengan mata sehat menjadi impian bagi setiap orangtua. Karena itu,  menjaga mata menjadi salah satu priritas yang perlu dilakukan ayah dan ibu. Pelbagai hal dapat menjadi penyebab anak memiliki mata yang tidak sehat. Faktor seperti waktu dan tradisi menonton televisi atau menggunakan komputer menjadi salah satu penyebab rusaknya penglihatan anak. Bagi orangtua, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk menjaga mata anak agar tetap sehat.

1. Beri ruangan pencahayaan yang memadai

Pencahayaan menjadi hal penting untuk menjaga kondisi dan kekuatan penglihatan. Mata akan bekerja lebih dalam ruangan atau situasi yang lebih gelap. Bagi anak yang tengah mengalami masa pertumbuhan, penggunaan mata dengan ekstra dapat mengganggu perkembangan penglihatan. Penting kiranya setiap ruangan di rumah –terutama yang kerap digunakan– memiliki pencahayaan yang memadai. Tidak perlu menyediakan pencahayaan yang berlebihan, hal ini juga tidak terlalu baik. Pilihlah lampu dengan proporsi yang setara untuk menerangi ruangan sesuai dengan ukurannya.

2. Awasi posisi duduk saat membaca

Posisi duduk saat menonton, membaca dan bermain gadget menjadi salah satu faktor yang memercepat kerusakan fungsi penlihatan pada anak. Orangtua perlu mengajarkan bagaimana posisi duduk ideal yang tidak membahayakan mata pada anak saat mereka tengah membaca, bermain gadget atau menonton. Sangat tidak disarankan bagi siapa pun untuk membaca dalam posisi “tiduran”. Hal tersebut perlu lebih ditekankan pada anak yang tengah melalui fase perkembangan.

3. Batasi waktu menonton TV atau menggunakan komputer

Idealnya seorang anak hanya menggunakan komputer atau menonton televisi selama 1-2 jam dalam sehari. Orangtua perlu mengajarkan batas waktu menonton televisi. Menonton televisi juga dapat dikatakan setara dengan aktivitas lain, seperti bermain gadget dan menggunakan komputer. Karena itu, kedua aktivitas tersebut perlu dibatasi sesuai dengan kebutuhan anak dan perhitungan kesehatan mata anak.

4. Perbanyak Makan Sayur Hijau

Vitamin A menjadi salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata. Orangtua perlu memperhitungkan ketersediaan vitamin tersebut dalam asupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengontrol asupan tersebut adalah dengan memastikan anak mengkonsumsi sayuran hijau dalam porsi yang cukup. Penggunaan vitamin dalam bentuk suplemen mungkin bisa digunakan sebagai penunjang. Patut digarisbawah bahwa suplemen tersebut tidak akan pernah secara utuh menggantikan fungsi sayuran dan buah. Sayuran dan buah tidak semata mengandung vitamin, tetapi juga mengandung serat yang tidak dapat digantikan oleh suplemen vitamin. Selamat mencoba.

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here