Tips Menjaga Uang Selama Perjalanan atau Traveling

4
2827
tips menyimpan uang saat wisata
Menyimpan uang saat travelling [sumber: pixabay]

Bepergian dengan membawa uang tentu memiliki resiko tersendiri dibandingkan saat berdiam di rumah. Kehilangan uang pada saat “travelling” dapat memunculkan pelbagai kesulitan. Anda bisa terlunta-lunta di tengah perjalanan wisata apabila ini terjadi. Hal itu menjadi lebih buruk apabila Anda berada di lokasi yang menyulitkan Anda untuk menghubungi kolega dan saudara, seperti di luar negeri. Urusan membawa uang menjadi sangat krusial selama dalam perjalanan wisata. Hal ini terkait dengan dua hal, yaitu pemanfaatan uang dan pengamanannya. Manajemen keuangan saat berwisata adalah ssalah satu seni penting bagi backpacker, wisatawan dan pelancong yang hobi bepergian.

Penyimpanan uang selama masa perjalanan harus memertimbangkan aspek kemudahan diambil dan aspek keamanan. Pelancong perlu memastikan bahwa ia mengenal jelas tempat penyimpanan uang dan dengan mudah meraihnya saat dibutuhkan untuk membayar sesuatu. Memastikan bahwa uang tersedia dan aman, itulah yang harus dilakukan oleh pelancong selama berwisata. Berikut ini adalah beberapa tips penting yang dapat digunakan untuk mengamankan uang selama bepergian atau berwisata.

1. Siapkan uang pecahan atau receh

Uang receh atau pecahan sangat berguna untuk pembayaran beberapa hal. Di beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura, Anda akan membutuhkan uang receh untuk membayar transportasi publik, seperti bus kota atau kereta. Uang pecahan juga dapat memermudah anda untuk berbelanja hal-hal kecil, seperti minuman atau cemilan selama di perjalanan. Pada situasi ini, Anda perlu persiapkan dengan seksama uang receh dalam jumlah yang memadai atau dianggap cukup. Kumpulnya receh dalam wadah yang mudah dijangkau saat harus melakukan pembayaran. Biasakan untuk tidak mengeluarkan uang pecahan besar saat Anda harus berbelanja hal-hal kecil atau sederhana yang tidak membutuhkan pecahan besar. Hal ini akan mengamankan Anda dari incaran pencopet atau sejenisnya.

2. Siapkan beberapa tempat penyimpanan uang

Sangat disarankan bagi Anda untuk membagi uang ke dalam beberapa tempat yang berbeda. Hal ini untuk mengantisipasi situasi Anda kehilangan dompet atau salah satu tempat penyimpanan uang. Dengan cara ini anda masih akan memiliki cadangan uang saat situasi buruk seperti kecopetan terjadi. Apabila anda menginap di hotel yang memiliki kotak penyimpanan barang berharga (safety box), ada baiknya Anda menyimpan beberapa bagian uang Anda di sana sebagai cadangan. Jangan lupa untuk memeriksa safety box saat anda keluar dari hotel atau mengakhiri masa bermalam di hotel.

3. Kantong Rahasia 

Kantong rahasia menjadi salah satu alternatif penyimpanan uang. Anda dapat menyimpan uang di kantong rahasia yang berada di dalam jaket, sepatu atau kaos kaki. Kantong rahasia idealnya ditempatkan di lokasi yang jarang dicurigai sebagai tempat penyimpanan uang dan benda berharga. Uang yang berada dalam kantong rahasia ini dapat menjadi cadangan apabila diperlukan.

4. Hindari dompet yang mencolok

Menyimpan uang dan dokumen penting dalam dompet masih menjadi pilihan. Apabila Anda adalah salah satu orang yang menggunakan cara ini, ada baiknya anda merampingkan dompet anda. Sebisa mungkin anda menghindari kesan mencolok pada dompet Anda. Hal tersebut akan memancing pencopet atau penodong untuk mendekati Anda.

 

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here