Inilah 5 Situs Freelance atau Lowongan Kerja Teratas

6
3256
cari kerja freelance, daftar kerja freelance, situs kerja freelance
Ilustrasi berselancar di Internet [sumber: pixabay]

Bekerja paruh waktu (freelance) adalah alternatif yang cukup baik bagi orang yang ingin meluangkan mengisi waktu disamping pekerjaan atau aktivitas pokok yang tengah dilakukan. Aktivitas bekerja paruh waktu mungkin cukup baik sebagai aktivitas pendamping pekerjaan pokok. Tren bekerja sebagai “freelancer” ini pun kini kian marak di kalangan ibu rumah tangga. Aktivitas ini mungkin dilakukan di sela pekerjaan rumah tangga. Mahasiswa, bahkan orang yang telah memiliki pekerjaan formal pun, kini banyak yang menggeluti pekerjaan ini.

Model pekerjaan ini sekarang kian marak. Tak hanya bisa mencari pekerjaan yang berasal dari Indonesia, keberadaan internet memungkinkan orang Indonesia bahkan mencari pekerjaan di luar negeri. Motif mencari pekerjaan dengan model ini pun cukup beragam, mulai dari mengisi waktu hingga mencari penghasilan tambahan. Beberapa orang lainnya melakukan aktivitas ini untuk menambah daftar atau deret portofolio yang telah dimiliki sebelum memasuki pekerjaan formal. Tak ada salahnya pula mahasiswa mencoba untuk mengais penghasilan sendiri sebagai bagian dari latihan bekerja.

Berikut ini adalah daftar website terkemuka yang menyajikan pelbagai lowongan sebagai freelancer. Ulasan ini akan memuat daftar situs yang berskala international. Jika tertarik, Anda dapat mencari pelbagai pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan bidang yang Anda geluti.

 1. Freelancer

Situs yang beralamat di alamat freelancer.in ini merupakan salah satu pusat informasi pekerjaan yang direkomendasikan. Terdapat pelbagai kategori pekerjaan yang dimuat dalam situs freelance ini, seperti pengembangan situs (website), penulisan artikel, desain logo dan katalog dan administrator search engine optimization (SEO).  Situs ini dianjurkan baik bagi pemula maupun pekerja profesional yang mencoba pekerjaan tambahan sebagai pekerja paruh waktu.

2. Elance

Elance.com menjadi salah satu pilihan lain yang dapat digunakan sebagai salah satu rujukan mencari kerja sebagai freelancer. Selain perkerjaan yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pekerjaan lain seperti manajemen dan administrasi dapat ditemukan pada situs ini. Beberapa penawaran pekerjaan pun juga memuat kategori hukum, desain arsitektur dan pemasaran online (online marketing).

3. Odesk 

Situs beralamat di odesk.com ini pun tak jauh berbeda dengan kedua situs sebelumnya. Selain menyediakan layanan bagi pencari kerja, situs ini juga memberikan layanan kepada pencari pekerja yang menawarkan proyek atau pekerjaan tertentu kepada publik. Situs ini mungkin akan lebih cocok bagi orang yang memiliki kemampuan teknologi informasi mengingat kebanyakan pekerjaan yang ditawarkan seputar pada pengembangan software, website dan aplikasi. Namun, beberapa pekerjaan lain seperti pemasaran, penulis dan enumerator data pun tersedia pada layanan website ini.

4. fiverr

fiverr.com menawarkan jenis pekerjaan yang lebih beragam dibandingkan dengan ketiga situs sebelumnya. Anda dapat menemukan pekerjaan ringan seperti mengajarkan bahasa inggris melalui Skype, membantu mengerjakan soal atau pertanyaan tertentu, hingga menyanyikan lagu pengisi ulang tahun dengan musik tertentu. Penawaran jenis pekerjaan pun lebih variatif dibandingkan dengan situs yang direkomendasikan sebelumnya.

5. People Per Hour 

Peopleperhour.com menawarkan pekerjaan yang juga bervariasi meskipun kebanyakan masih terkait dengan jasa TIK. Bagi anda yang punya kelebihan marketing melalui sosial media, situs ini bisa menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menawarkan jasa Anda. Layanan menjual dan membeli jasa tersedia secara apik pada website ini.

Kelima situs penyedia pekerjaan freelance ini dapat menjadi rujukan bagi anda yang ingin mencoba bekerja tanpa harus terikat secara formal dengan waktu bekerja. Bagaimana pun, meski tak terikat secara formal, masing-masing pekerjaan yang ditawarkan pada website ini pun memiliki tenggat waktu pengerjaan. Tak ada salahnya berselancar terlebih dahulu untuk menemukan pekerjaan yang tepat bagi Anda.

 

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here