Pengantar Metode Penelitian Etnografi

5
1545
Pengantar Metode Penelitian Etnografi

Etnografi menjadi salah satu metode penelitian yang kian populer dalam ranah akademik. Pendekatan yang berkembang di ruang antropologi ini berkembang dan turut memengaruhi keilmuan lainnya, seperti sosiologi dan studi agama. Pendekatan penelitian kualitatif ini kian banyak digunakan selain beberapa penddekatan lainnya, seperti studi kasus, fenomenologi dan biografi. Penelitian model ini berkarakter emik, yaitu mengedepankan perspektif subjek penelitian. Penelitian ini mengkaji dan menemukan keunikan, kekhasan dalam fenomena sosial lingkup kebudayaan tertentu.

Pendekatan yang mengedepankan nativitas temuan ini umumnya menggunakan pendekatan observasi partisipatif sebagai metode penggalian data. Keterlibatan peneliti secara langsung di tengah lapangan memungkinkan penggalian informasi secara rinci dan apa adanya. Bentuk “apa adanya” sebuah unit kebudayaan yang disajikan dalam dengan pendekatan ini mengurai rincian-rincian elemen budaya secara holistik.
Presentasi ini menyajikan pengetahuan pengantar untuk mendalami metode penelitian etnografi. Presentasi ini mengurai sejarah, tipe dan alur penelitian etnografi.

[pdf-embedder url=”http://ensiklo.com/wp-content/uploads/2014/04/presentasi-etnografi-Ixed.pdf”]

[Baca Juga: Metode Penelitian Studi Kasus]

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here