Cara Hilangkan Noda Kunyit pada Pakaian

2
6587
Hilangkan noda kunyit pada pakaian
Hilangkan noda kunyit pada pakaian

Kunyit adalah bahan penting di dapur. Bumbu rempah ini menentukan rasa pada beberapa jenis masakan, seperti kari, rendang dan beberapa jenis masakan bersantan. Tak hanya itu, kunyit juga memiliki khasiat penting dalam pengobatan tradisional. Di lain sisi, kuunyit adalah musuh pakaian. Rempah ini memiliki zat warna pekat yang sulit dihilangkan dari pakaian apabila menempel. Kejadian tersebut dapat menjadi mimpi buruk apabila terjadi pada pakaian kesayangan.

Kejadian tersebut kini tidak terlalu perlu dirisaukan lagi. Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk menghilangkan noda tersebut. Penghilangan noda sangat tergantung pada warna, jenis bahan dan kcepatan anda menghilagkan noda tersebut. Warna terang dan bahan tertentu akan relatif lebih sulit untuk dibersihkan dari noda kunyit. Lama noda kunyit menempel pada pakaian akan turut memengaruhi hasil upaya anda membersihkan noda tersebut. Semakin cepat anda membersihkan noda, semakin besar pula peluang pakaian anda bersih dari noda tersebut.

Berikan cuka atau perasan jeruk nipis pada bagian yang terkena kunyit. Jangan lupa untuk memastikan bahan pakaian. Beberapa jenis bahan pakaian rentan rusak apabila terkena cairan dengan keasaman pekat seperti cuka. Rendam dengan deterjen, lalu cuci seperti biasa. Perlakuan ekstra mungkin dibutuhkan pada bagian yang terkena untuk menghilangkan bercak. Jemurlah di bawah panas matahari sesaat setelah itu.

Apabila tersisa warna pink pada bagian yang terkena kunyit, anda dapat menggunakan pemutih pakaian sebacai campuran saat mencuci. Jangan lupa pula pastikan apakah bahan pakaian tersebut dapat direndam atau diberikan pemutih pakaian. Jika masih tersisa, anda dapat membuat pasta baking soda. Lumurkan pasta pada bagian yang terkena lalu biarkan semalaman. Cucilah seperti biasa setelahnya. Anda dapat pula merendam pakaian tersebut dalam larutan atau air soda yang tidak mengandung gula. Rendamlah semalaman sebelum anda mencucinya. Selamat mencoba.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Pakaian yang kita kenakan sangat berpengaruh terhadap keadaan ketiak. Sebagai contoh apabila kita menggunakan pakaian ketat, maka sudah barang tentu ada bagian pakaian yang langsung menempel terus pada bagian lipatan di ketiak. Oleh karenanya minimalisir menggunakan pakaian dengan jenis ketat ini. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here