Inilah 4 Sumber untuk Menemukan “Trending Topik” Bagi Blog Anda

1
2617
Trending topic twitter, mencari trending topic
Mencari trending topics twitter

Isu terhangat (trending topic) menjadi aspek penting bagi blogger. Dengan memerhatikan trensing topic, blogger dapat meningkatkan jumlah pengunjung dengan mengarahkan pengunjung untuk menemukan konten yang sedang ramain dibicarakan. Bagi blogger, merespon cepat perkembangan isu menjadi hal penting untuk meningkatkan popularitas blog. Saat isu tertentu ramai dibicarakan, kecenderungan masyarakat untuk mencari beragam sumber akan semakin besar. Saat itulah kemungkinan peningkatan jumlah pengunjung akan semakin besar.

Salah satu saluran perbincangan adalah media sosial.Media sosial memungkinkan amplifikasi pembicaraan. Perhatian masyarakat dapat diarahkan menuju topik tertentu, seperti Kasus Prita Mulyasari yang mendapat simpati di media sosial yang berujung pada aksi penggalangan koin. Popularitas suatu isu salah satunya dapat dipetakan dengan menggunakan microblog Twitter. Trending topik terkadang ditandai dengan penggunaan tanda pagar (tagar/hastags) tertentu. Dengan menelusuri hastags, blogger dapat dengan mudah menemukan isu populer sebagai bahan penulisan di blog.

Berikut ini adalah sumber online yang dapat diacu untuk menemukan hastags tertentu guna membantu pemetaan isu pouler. Media online ini akan membantu blogger untuk menentuka konten yang sesuai dengan perbicangan masyarakat.

1. Trendsmap

Trendsmap.com adalah salah satu pilihan untuk menemukan hastag populer di dunia microblog twitter. Salah satu fitur menarik pada portal ini adalah penyajian data dengan menggunakan peta. Trending topics disajikan melalui peta yang memudahkan pengguna menemukan ropik terhangat berdasarkan lokasi. Sebagai salah satu negara dengan pengguna twitter terbanyak, peta Indonesia turut dipenuhi dengan cuplikan hastags.

2. Twubs

Twubs.com menyediakan panel pencarian hastags yang memudahkan blogger untuk mengujiicoba popularitas hastags tertentu. Tersaji apik pula daftar hastag yang populer. Sayangnya, website ini hanya menyajikan trending topik internasioal sehingga blogger  yang menulis konten lokal akan cukup kesulitan menemukan hastags yang sesuai. Namun, dengan panel pencarian pengguna masih dapat menguji popularitas hastag tertentu.

3. What The Trend

Website Whatthetrend.com, seperti trendsmap.com turut menyajikan hastags populer berdasarkan masing-masing negara. Hal ini akan sangat memudahkan blogger Indonesia untuk menemukan perbincangan populer di Twitter. Web ini juga memungkinkan pencarian hastag pouler yang menggunakan bahasa lain, seperti bahasa China.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here