Tips Menyimpan Buah yang Benar

0
4928
Cara menyimpan buah, teknik menjaga buah agar tetap segar
Cara menyimpan buah

Buah menjadi salah satu bahan konsumsi penting bagi manusia. Kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh menjadi salah satu sebab mengapa bahan makanan ini menjadi penting bagi tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah pun beragam. Masing-masing vitamin memiliki fungsi tersendiri pada tubuh manusia. Vitamin A, misalnya. Vitamin ini bermanfaat untuk memerbaiki kualitas kulit dan membantu penguatan mata. Vitamin B berguna untuk perbaikan jaringan pada tubuh manusia.

Serat menjadi salah satu bagian penting lain pada buah-buahan. Serat membantu tubuh mencerna dan mengeluarkan sisa makanan. Tanpa serat, manusia akan kesulitan dalam sirkulasi pembuangan sisa makanan. Konsumsi buah turut menentukan kesehatan yang dimulai dari sirkulasi makanan. Pembuangan kotoran menjadi salah satu mekanisme pembuangan racun, jika itu tidak berlangsung baik maka seseorang akan menghadapi resiko penyakit.

Buah memang bermanfaat, tetapi membutuhkan cara penyimpanan yang baik. Teknik penyimpanan buah menentukan kualitas buah. Kesalahan dalam menyimpan buah dapat mengakibatkan rusaknya kandungan penting dalam buah. Jika Anda membeli buah, ikuti cara penyimpanan berikut ini.

1. Pastikan buah yang anda ingin simpan di lemari es cocok untuk berada dalam suhu dingin. Buah seperti alpukat dan pisang tidak cocok untuk diletakkan di lemari pendingin. Pisang akan lebih baik jika digantung sehingga terkena udara dengan baik. Alpukat akan lebih baik disimpan dalam bungkus kertas. Pori-pori pada kertas dapat memberikan udara yang proporsional untuk menyimpan alpukat.

2. Beberapa jenis buah, seperti melon, cherry, apel, jambu, berry dan anggur cocok untuk disimpan dalam kulkas. Suhu terbaik untuk menjaga buah-buahan tersebut antara 2-7 derajat celcius. Apabila anda menyimpan lebih dari satu jenis buah, maka pastikan anda memisahkan tempat penyimpanannya. Sangat tidak dianjurkan untuk menyimpan buah yang berlainan jenis dalam plastik atau wadah yang sama.

3. Pisahkanlah buah yang sudah sangat matang dari yang lain. Buah yang lebih matang mengeluarkan gas yang dapat membuah buah lainnya lebih cepat matang. Jadi, jika dirasa perlu pisahkanlah buah tersebut.

4. Jika menemukan buah yang sudah membusuk, pisahkanlah dari buah yang lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan bibit penyakit pada buah yang membusuk.

5. Pisahkan penyimpanan buah dari jenis makanan atau bahan makanan yang berbau menyengat, seperti bawang. Hal ini berfungsi untuk mencega aroma khas masing-masing buah.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here