Sejarah Pesawat Hilang selain MH 370 Malaysia Airline

0
1544
Penemuan MH 370, sejarah peswat hilang
Pencarian Malaysia Airline MH 370

Misteri hilangnya pesawat MH 370 sejak 8 Maret 2014 masih terus berlanjut. Hingga saat ini masih belum ada titik terang tentang penemuan pesawat tersebut. Meski otoritas Malaysia yang didukung dengan data tambahan dari Inggris dan Australia menyatakan bahwa pesawat tersebut berkemungkinan besar jatuh di lautan Samudera Pasifik, tetapi hingga saat ini belum diketemukan bukti kuat yang menunjukkan bahwa informasi tersebut akurat dan terbukti. Pencarian pesawat MH 370 kini melibatkan peralatan canggih beberapa negara, termasuk Inggris yang mengikutsertakan pesawat tanpa awak dan kapal canggih MHS Echo.

MH 370 Malaysia Airline bukan pesawat pertama yang hilang dalam sejarah penerbangan dunia. Sejak tahun 1937 hilangnya pesawat telah terjadi dalam penerbangan masyarakat sipil. Peristiwa pertama dan beberapa peristiwa ini masih menyisakan pelbagai teka-teki. Beberapa pesawat tersebut bahkan hingga kini belum diketemukan. Berikut adalah daftar pesawat yang hilang dalam sejarah penerbangan masyarakat sipil dan militer:

Amelia Earhart: Pilot yang tak Pernah Diketemukan

Amelia adalah salah satu pionir penerbangan di Amerika Serikat. Pesawat Lockheed Electra yang dikemudikannya bersama Fred Noonan dengan menghilang pada Juli 1937. Peswat tersebut digunakan Amelia untuk mengelilingi dunia. Perempuan pertama yang menerbangkan pesawat ini tercatat sebagai perempuan pertama yang melintasi Samudera Antlantik. Pesawat yang dikemudikannya hilang di Samudera Pasifik, di sekitar Pulau Howland.

Terdapat pelbagai teori yang menyebutkan sebab kehilangan pesawat yang belum diketemukan ini. Teori pertama menyebutkan bahwa pesawat tersebut kehabisan bahan bakar dan jatuh di perairan. Teori lainnya menyatakan bahwa Lockheed Electra ditawan oleh tentara Jepang. Amelia dinilai sebagai mata-mata Amerika yang saat itu dipimpin oleh Roosevelt.

Flight 19 dan Segitiga Bermuda

Flight 19 dinyatakan hilang pada 5 Desember 1945. Pesawat ini merupakan bagian dari misi latihan yang dilakukan oleh Militer Amaerika Serikat. Pesawat Pengembom Flight 19 lepas Landas dari Ft. Lauderdale Naval Air Station di Florida. Namun, pesawat tersebut tidak pernah kembali sejak lepas landas. Hilangnya pesawat pengembom ini lah yang melahirkan legenda misteri Segitiga Bermuda.

Militer Amerika Serikat mengirimkan pesawat  PBM Mariner dengan 13 awak untuk misi pencarian pesawat yang hilang tersebut. Namun, pesawat tersebut pun hilang dan tidak diketemukan hingga saat ini. Seluruh kru pesawat flight 19 dan PBM Mariner hilang dalam peristiwa hilangnya pesawat tersebut.

Stardust 1947

Pesawat Stardust  adalah pesawat versi sipil yang sejenis dengan pesawat Bomber Lancaster. Pesawat yang dikemudikan oleh Reginald Cook ini terbang dari Buinos Aires menuju ke Santiago Chile. Pilot yang menerbangkan pesawat ini tergolong sebagai salah satu pilot yang berpengalaman terbang dan jelajah tinggi. Pesawat ini dinyatakan hilang pada 2 Agustus 1947. Pesawat ini baru diketemukan 50 tahun setelahnya oleh pesawat milik Argentina. Misteri Stardust baru terpecahkan setelah 50 tahun.  Pesawat yang sempat mengirimkan kode “STENDEC” ini menghilang di area pegunungan Andes. Kesimpangsiuran penyebab hilang dan kecelakaan pesawat ini masih misteri hingga saat ini. Teori tentang sabotase hingga penculikan oleh alien berkembang selama kurun 50 tahun hilangnyapesawat ini.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here