Pentingnya Membuat Perencanaan Perjalanan Wisata

2
8552

Bagi kebanyakan orang melakukan perjalanan wisata telah menjadi sesuatu hal yang biasa dilakukan di sela-sela waktu luangnya. Perjalanan wisata bukan lagi menjadi sesuatu hal mewah yang memiliki harga mahal untuk dilakukan. Bahkan sebagian orang telah menjadikan perjalanan wisata atau traveling sebagai rutinitas yang biasa dilakukan dengan tempo waktu tertentu.

Selain pentingnya memiliki referensi tempat tujuan perjalanan wisata yang akan dikunjungi. Melakukan perencanaan perjalanan yang baik juga menjadi sesuatu hal yang layak diprioritaskan, ketika kita hendak memulai sebuah perjalanan wisata. Dengan melakukan perencanaan perjalanan yang baik, maka tujuan dari kegiatan perjalanan wisata yang kita lakukan akan didapatkan secara maksimal.

Secara sederhana perjalanan dapat diartikan sebagai suatu aktivitas seseorang, yang berpindah tempat dari suatu tempat ke tempat lain yang mempunyai tujuan atas perpindahan tersebut. Sedangkan perjalanan wisata dapat diartikan sebagai kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang ke tempat yang berbeda dengan daerah asalnya, untuk menikmati objek dan daya tarik wisata dalam waktu yang sementara.

Perencanaan itu sendiri merupakan langkah awal yang dilakukan oleh seseorang, sebagai persiapan sebelum memulai sebuah kegiatan. Perencanaan perjalanan wisata dapat dilakukan ketika tujuan dari kegiatan tersebut sudah dapat ditentukan, sehingga seseorang bisa menyiapkan apa saja kebutuhan yang mungkin diperlukan dalam kegiatan tersebut.

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perencanaan perjalanan wisata adalah sebagai berikut,

Berapa lama perjalanan wisata tersebut akan dilakukan

Pentingnya menentukan tenggat waktu dari sebuah perjalanan wisata, adalah agar kita dapat menyiapkan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi ketika perjalanan itu dilaksanakan. Kebutuhan itu meliputi biaya perjalanan yang dibutuhkan, serta kebutuhan penunjang lainnya yang berkaitan dengan perjalanan tersebut. Selain itu kebutuhan pribadi juga menjadi hal yang harus diprioritaskan menyesuaikan dengan berapa lamanya waktu kita melakukan perjalanan tersebut.

Jarak yang akan ditempuh dalam sebuah perjalanan, juga memiliki keterikatan besar yang berpengaruh pada tenggat waktu perjalanan itu dilakukan. Karena itu kita harus tahu perkiraan seberapa jauh perjalalanan yang akan kita tempuh, dengan begitu kita akan dapat memastikan berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk melakukan perjalanan tersebut. Sehingga segala persiapan kebutuhan yang mungkin diperlukan dalam perjalanan tersebut dapat kita penuhi sebagai perencanaan.

Ketersediaannya Informasi Penting Sebagai Penunjang Perjalanan

Informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang perjalanan wisata, meliputi informasi keperluan mencapai tujuan perjalanan dan informasi yang menyangkut daerah tujuan perjalanan. Informasi-informasi tersebut meliputi, jenis angkutan(jika menggunakan angkutan umum), harga/biaya/tarif yang menyangkut fasilitas perjalanan, peraturan yang menyangkut dokumen perjalanan, fasilitas kesehatan, iklim dan cuaca, mata uang, akomodasi dan tempat makan, entertainment, rute perjalanan atau paket wisata yang disediakan.

Alternatif Tempat Tujuan Wisata Yang Tersedia

Perlunya membuat perencanaan tempat tujuan wisata lain yang tersedia di sekitar tempat tujuan awal, adalah untuk menghindari kemungkinan atau hal-hal buruk yang bisa saja terjadi ketika kita melakukan perjalanan wisata. Banyak orang yang melakukan perjalanan wisata kadang justru tidak bisa menikmati tempat wisata yang menjadi tujuan mereka.

Saat libur panjang misalnya, dimana kepadatan wisatawan yang terjadi kadang melebihi kapasitas yang seharusnya dari tempat wisata tersebut. Hal ini kemungkinan akan menganggu kenyamanan, bahkan mungkin membuat perencanaan perjalanan wisata tersebut gagal. Karena itu lah penting bagi kita untuk menyiapkan alternatif-alternatif tempat tujuan lain yang memungkinkan kita kunjungi, namun tetap dalam rute perjalanan yang kita tempuh.

 

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Yogyakarta menjadi salah satu ikon penting dalam pariwisata Indonesia. Tempat wisata Yogyakarta sangat beragam, mulai dari wisata edukasi, sejarah, alam hingga perbelanjaan. Datang ke Yogyakarta, pelancong dapat berkunjung ke beberapa tempat sekaligus. Agar tidak bingung, perencanaan wisata menjadi salah satu hal yang dibutuhkan. Perencanaan wisata yang baik akan membantu pelancong untuk menentukan prioritas, modus angkutan dan waktu yang terencana dengan baik. [Baca: Pentingnya perencanaan Wisata]. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here