Apa itu Lensa Prime? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

2
2238
apa itu lensa prime?
apa itu lensa prime?

Apa itu lensa prime atau fixed? Lensa prime dikenal juga dengan istilah lensa fixed. Lensa jenis ini hanya memiliki 1 ukuran focal length. Berbeda dengan lensa zoom yang memiliki beberapa focal length dalam satu lensa, seperti 70-300, lensa fixed hanya memiliki 1 focal. Beberapa contoh lensa fixed antara lain Tamron AF 90mm F/2.8 Macro untuk Nikon, Nikon AF-S 85mm F/3.5 atau Canon EF 20mm F/2.8 USM. Lensa ini hanya meniliki satu titik focal length, seperti 50, 20, 80. Jenis lensa ini berlawanan dengan lensa zoom yang memiliki beberapa titik focal length sekaligus yang memungkinkan pengguna kamera mengatur jarak tempat memotret dengan objek hanya melalui lensa.

Setiap lensa memiliki ciri khas, keunikan dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan lensa lainnya. Lensa zoom memiliki kelebihan pada pengaturan jarak. Juru foto atau fotografer tidak harus benyak bergerak ketika sudah menemukan titik terbaik saat memotret. Posisi obyek dapat didekati cukup dengan menggunakan lensa. Fotografer tidak perlu mendekati objek pada kondisi tertentu. Pemahaman tentang lensa merupakan bagian penting dari keseluruhan teknik fotografi.

Meski demikian, terdapat beberapa kelebihan yang melekat pada lensa prime atau lensa fixed. Beberapa kelebihan tersebut, antara lain:

1. Kualitas lensa. Lensa prime umumnya memiliki kualitas optik yang cukup baik. Dengan fokus pada satu focal length, produsen lensa akan maksimal pada upaya menghasilkan lensa untuk mengambil gambar pada satu focal length saja. Ini akan membuat lensa ini hadir dengan kelebihan optiknya yang baik.

2. Harga Lensa Prime cenderung lebih murah dibandingkan dengan lensa zoom. Meski demikian, banyak juga lensa fixed yang memiliki harga yang tinggi. Harga ditentukan oleh beberapa variabel yang berbeda. Namun, lensa prime umumnya lebih terjangkau mengingat kerumitannya yang di bawah lensa zoom. Dengan mekanisme yang lebih sederhana dibandingkan dengan lensa zoom, kebutuhan infrastruktur pada lensa ini akan lebih sedikit dibandingkan dengan lensa zoom.

3. Ukuran dan berat lensa prime umumnya lebih kecil dibandingkan dengan lensa zoom. Kembali ini sangat terkait dengan perangkat yang harus ditempelkan pada lensa. Tentu lensa zoom akan lebih kompleks strukturnya dibandingkan dengan lensa prime.

4. Bokeh adalah kelebihan lain lensa fixed. Hal ini dipengaruhi oleh aperture yang lebih besar sehingga mencerap cahaya dengan lebih baik. Bukaan yang lebih besar akan membuat kualitas foto yang dihasilkan, dengan ketelitian tertentu, akan lebih baik.

5. Aperture besar berkonsekuensi pada kecepatan ideal yang digunakan saat memotret. Pengguna lensa ini akan ideal jika menggunakan kecepatan tinggi untuk menghindari over exposure. Inilah yang menyebabkan lensa ini juga dijuluki sebagai lensa cepat. Untuk mengahami hal ini, Anda perlu mengetahui konsep exposure pada penggunaan lensa.

Hasil atau kualitas foto perlu diingat tidak semata bergantung pada jenis lensa. Meski lensa didesain untuk kebutuhan tertentu, tetapi keahlian dan kejelian fotografer menjadi salah satu faktor utama yang turut menentukan.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here