Inilah Sejarah Android dari Waktu ke Waktu

0
794
Sejarah Android
Sejarah Android

Kini hampir tak ada yang asing lagi dengan nama Android. Nama sistem operasi yang berjalan di perangkat seluler ini kini menjadi salah  satu merek terdepan selain IOS buatan Apple dan Blackberry karya RIM. Sistem operasi yang mualnya dikembangkan oleh Andy Rubin dengan bendera lain diakusisi oleh Google sebagai salah satu produk yang lisensinya kemudian dimiliki oleh perusahaan internet terbesar ini. Berdiri pada tahun 2003, Android. Inc diakuisisi oleh Google pada tahun 2005.

Perkembangan Android tergolong pesat. Sistem operasi ini bisa menggeser dominasi Symbian yang sempat merajai pasar ponsel. Windows Phone yang turut berkembang untuk segmen perangkat bergerak pun tidak banyak berkutik menandingi sistem operasi berbasis open source ini. Dengan kemudahan membuat aplikasi, Android menawarkan kemudahan dalam memilih ragam aplikasi. Melalui Google Play, pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan. Laju perkembangan jumlah aplikasi yang dibuat untuk sistem operasi ini pun mengagumkan. Jutaan aplikasi telah diunduh melalui layanan aplikasi yang disediakan oleh google ini.

Versi Android pun berkembang dengan cepat. Aplikasi ini telah jauh berkembang dibandingkan dengan sistem operasi lain yang bergerak di perangkan ponsel lainnya. Pelbagai vendor pun dengan sengaja turut mendulang keuntungan dengan popularitas sistem operasi google ini. Produsen ponsel, seperti Sony, Lenovo dan HTC menjadi bagian dari produsen yang turut mengambil manfaat dari keberhasilan Google mengembangkan sistem operasi ini. Samsung disebut-sebut sebagai salah satu produsen tersukses yang menyatukan produk mereka dengan Android. Sejarah Android, dimulai dari Cupcake, selalu ditandai dengan nama release yang identik dengan nama makanan. Pilihan ini membuat Andorid lebih mudah diingat. Versi terakhir yang menggunakan nama release Kitkat termasuk salah satu versi yang dengan mudah diingat dan dikenal secara luas. Video berikut ini disusun untuk menyajikan sejarah perkembangan Android sejak dipegang dan dikembangkan oleh Andy Rubin Dkk sebelum diakusisi oleh Google. Video ini memudahkan kita mengingat sejauh mana Android berkembang dan pelbagai  keberhasilannya.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here