Tata Cara Shalat Tarawih

0
1709
Cara Shalat Tarawih
Cara Shalat Tarawih

Salat Terawih adalah shalat sunnat yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadhan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari tarawih yang diartikan sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Waktu pelaksanaan salat sunnat ini adalah selepas  Isya’, biasanya dilakukan secara berjama’ah di  masjid.

Shalat Terawih yang didirikan pada masa bulan Ramadhan dilaksanakan setelah shalat Isya’. Ketika hendak shalat Terawih, maka tatalah niat. Niat itu dalam hati, yang ikhlas dan mengharapkan ridha Allah. Apabila ingin dilafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu muslim lainnya. Secara lengkap, niat a’salat tarawih 2 rakaat adalah: Ushalli sunnatat-tarawihi rak’ataini ma`muman/imaman lillahi ta’ala (Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta’ala).

[Baca: Rukun dan Sunnah Shalat ]

Jumlahnya ada dua puluh rekaat. Setiap dua rekaat salam. Setelah empat rekaat atau setelah dua salam berdoa: Rabbana atina fid-dunya hasanah wa fil-akhirati hasanatan wa qina adzaban-nar Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kebaikan kepada kami di dunia dan kebaikan di akhirat.”

Setelah shalat Terawih biasanya membaca doa sebagai berikut: Allahumma innaka ‘afuwwun karim, tuhibbu ‘al-afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Maha Mulia yang sangat menyukai pengampunan, maka ampunilah saya). Allahumma inna nas`aluka ridhaka wal-jannata wa na’udzu bika min sakhatika wan-nar (Ya Allah kami memohon ridho-Mu dan surga serta kami berlindung kepada-Mu dari amarah-Mu dan neraka). 

[Baca: Tata Cara Shalat Witir]

Setelah selesai dua puluh rekaat, maka dilanjutkan dengan shalat witir tiga rekaat. Jadi jumlahnya menjadi 23 rekaat. 

Sumber: 

Muhammad Asnawi al-Qudsi, Fashalatan, Kudus: Menara Kudus, Tanpa Tahun. 

Chatibul Umam, dkk, Fiqih untuk Madrasah Tsanawiyah, Kudus: Menara Kudus, 2004. 

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here