Sandal Bandol: Kerajinan Sandal Dari Banyumas

2
3590
Sandal Bandol Banyumas
Sandal Bandol Banyumas

Sebutan sandal bandol mungkin jarang terdengar. Bandol adalah akronim dari ban bodol (ban bekas) dalam bahasa Banyumasan. Kerajinan sandal bandol menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi masyarakat  Banyumas. Produk ini tidak saja dijual dan laku di Kota Purwokerto, tetapi juga telah turut dipasarkan di beberapa daerah lain.

Daryanto (55), salah satu pengrajin Sandal bandol yang berdiam di Desa Keniten, adalah salah satu pengarajin yang masih konsisten untuk meneruskan tradisi pembuatan sandal ini. Daryanto memang tidak mempekerjakan pegawai, tetapi ia mampu memproduksi produk sandal dengan cukup cepat. Bandol Ilusi, begitu merek yang digunakan oleh pengrajin tunggal ini.

Daryanto memang lebih banyak melayani permintaan merek lain untuk sandal dan sepatu. Meski demikian, pengrajin ini juga masih memproduksi sandal dengan mereknya sendiri. Menurut Daryanto, tak kurang dari 100 kodi sandal ia selesaikan setiap bulannya. Ia pun membuka diri jika ada pemesan sandal atau sepatu yang langsung memesan kepadanya. Soal bentuk dan model, Daryanto bisa menyesuaikan dengan keinginan pembeli.

“Asal tidak terlalu ribet dan buru-buru, saya bisa penuhi permintaan,” tegas Daryanto.

Bandol ilusi bukan produk sembarangan. Sepatu dan sandal Karya Daryanto diakui kualitasnya. Ia juga termasuk salah satu pengrajin bersertifikat sebagai pengrajin kulit. Produk yang ia buat juga turut disertakan dalam uji kelayakan produk sandal dan sepatu.

Pemesanan Sandal Bandol dapat disampaikan kepada Daryanto secara langsung melalui alamat Desa Keniten RT 02 RW 04, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Nomor Telepon 0852 3587 8898.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Puntung sebagai sisa para perokok akan menjadi sampah di asbak dan selanjutnya bakal dibuang ke tempat sampah. Bagi sebagian orang puntung rokok tak lebih berbahaya dibanding roko itu sendiri. Namun bagi sebagian (kecil) lainnya, puntung rokok acapkali juga dimanfaatkan untuk hal lain. Sebagai contoh adalah untuk mengusir semut di sekitar rumah, ataupun diambil gabus filternya sebagai bahan kerajinan tangan. […]

  2. Halo. Dapat dari socmed saya mampir kee blog anda, setelah saya
    lihat-lihat ternyata kontennya cukup menarik dan banyak konten-konten ang sangatlah bermanfaat.Numpang izin medmbookmark dan share beberapa artikel ke
    sosmed saya ya sekaligus biar blog anda tambah populer.
    Mudah mudahan selalu di perbaharui terus ya blognya.Sukse Selalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here