Apa itu Deposito? Bagaimana Cara Kerja Deposito?

1
8470
Mengenal Deposito
Mengenal Deposito

Dunia perbangkan kini memiliki beragam produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Kompetisi antar bank yang kian kuat memaksa bank untuk menghadirkan pelbagai produk dengan tawaran yang dapat menarik nasabah. Meski demikian, Bank pada umumnya memiliki beberapa persamaan jenis produk, seperti tabungan umum dan tabungan berjangka (deposito). Tabungan umum adalah layanan yang paling banyak digunakan masyarakat dari institusi perbankan Indonesia. Sementara, deposito masih belum menjadi salah satu produk perbankan yang cukup populer.

Apa itu deposito? Istilah deposito dapat disingkat menjadi tabungan berjangka. Berbeda dengan tabungan umumnya, konsep tabungan berjangka mengatur tentang durasi penyimpanan minimal sejumlah dana di bank. Secara tidak langsung nasabah meminjamkan uang kepada bank untuk kembali diinvestasikan. Nasabah menyepakati untuk tidak menggunakan, mengambil dan mengakses dana dalam jangka penyimpanan dalam bentuk deposito. Sebagai imbalannya, bank akan memberikan bunga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan bunga tabungan umum. Diagram berikut ini menggambarkan hubungan bank dan nasabah dalam kontrak deposito.

Apa itu deposito?
Definisi Deposito

Diagram di atas menggambarkan hubungan bisnis antara bank dan nasabah dalam konteks deposito. Nasabah berhak atas pembayaran bunga atas uang yang disimpan dalam bentuk deposito tersebut. Mekanisme pembayaran bunga deposito pun beragam. Hal tersebut sangat tergantung pada kesepakatan antara bank dan nasabah atau mengikuti aturan yang ditetapkan oleh bank.  

Durasi waktu tabungan dopsito beragam dengan suku bunga yang beragam.  Lazimnya penentuan suku bungan berdasarkan lama dan nilai uang yang didepositokan. Bank umumnya memberikan jangka 1 bulan hingga 2 tahun untuk jangka waktu penyimpanan uang.

Perhitungan Deposito
Contoh Bunga  Deposito

Tabel di atas menunjukkan contoh penawaran dari sebuah bank. Tabel tersebut menunjukkan besar dana yang ditanamkan ke dalam deposito, durasi dan jumlah bungan akumulatif selama satu tahun. Istilah P.A (per annum)dikenal dalam pengenalan suku bunga tersebut.  Sebagai contoh jika seorang nasabah  mendepositokan uang sebesar Rp. 110.000.000,- selama 3 bulan, maka ia akan mendapatkan bunga sebesar 7,5 pertahun pada waktu jatuh tempo.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here