Mengenal Ragam Fungsi Utama Tes Psikologi

3
4577
Ragam dan Macam tes piskologi
Macam Tes Psikologi

Tes psikologi atau yang juga dikenal sebagai assesmen psikologi merupakan kerangka kerja psikologi untuk mengetahui individu dan perilakunya. Tes dilakukan untuk membantu penyelesaian persoalan psikologis yang dihadapi individu. Selain itu, tes juga digunakan untuk pengambilan keputusan yang terkait dengan individu, seperti perekrutan kepegawaian. Tes psikologi umumnya bertujuan untuk menemukan atau menentukan komponen utama dari situasi kesehatan mental atau situasi psikologis seseorang, seperti kepribadian, intelejensi dan perilaku. Tes psikologi mengukur performa individual pada aspek-aspek yang spesifik. Tes ini tidak semata menemukan kelemahan aspek psikologis, tetapi juga menemukan kelebihan yang melekat pada individu.

Assemen psikologi menemukan aspek kekinian dari individu. Karena itu, tes ini tidak bertujuan untuk memprediksi masa depan seperti yang banyak dipahami. Salah satu kesalahpahaman kepada bidang ini adalah kemapuan bidang ini untuk meramal seseorang. Pemahaman itu tentu saja tidak benar. Tes lebih bertujuan untuk menemukan situasi pada waktu “kini”.

Tes psikologi terdiri dari pelbagai macam bentuk. Setiap alat tes mewakili tujuan yang spesifik. Setiap alat tes mewakili sekian banyak prosedur dan penelitian pendahuluan yang mendasari. Tes psikologi memiliki standar pengukuran yang spesifik. Itu pula yang menyebabkan alat psikologi bertahan banyak yang bertahan dengan cukup lama.

Dengan sifat yang spesifik, setiap tes memiliki tujuan perolehan data yang spesifik. Beberapa alat tes spesifik digunakan untuk mengetahui kekuatan IQ sementara alat tes lainnya digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Salah satu catatan penting yang pelu dipahami dengan banyaknya alat ukur psikologi adalah kelemahan dan kelebihan jika dibandingkan antara satu alat tes dengan lainnya. Beberapa assesmen psikologi hanya dapat dilakukan oleh psikolog. Sementara, beberapa jenis alat tes lainnya dapat dilakukan oleh sarjana psikologi dengan pengawasan dari psikolog. Catatanya, sarjana psikologi belum dapat menginterpretasikan hasil suatu tes tanpa psikolog.

Secara umum, tes psikologi dibagi menjadi beberapa tipe berdasarkan masing-masing fungsi yang dimiliki, yaitu[1. Psycentral ]:

  1. Assesmen klinis
  2. Assemen IQ
  3. Assesmen kepribadian
  4. Assesmen Perilaku

 

Secara spesifik beberapa alat ukur psikologi dikembangkan untuk kebutuhan yang lebih spesisik atau tematik, seperti tes kemampuan dan bakat, karir dan konseling pekerjaan. 

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Tes psikologi terdiri dari pelbagai macam bentuk. Setiap alat tes mewakili tujuan yang spesifik. Setiap alat tes mewakili sekian banyak prosedur dan penelitian pendahuluan yang mendasari. Tes psikologi memiliki standar pengukuran yang spesifik. Itu pula yang menyebabkan alat psikologi bertahan banyak yang bertahan dengan cukup lama.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here