Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan

2
2586
manfaat air kelapa hijau untuk pengobatan
pixabay.com

Budaya masyarakat modern dengan perkembangan ilmu dan teknologinya yang semakin maju tanpa disadari mengarahkan masyarakat pada pola hidup yang serba instan. Kemudahan akses terhadap banyak hal dan tersedianya produk-produk instan  mengubah perilaku manusia menuju sikap konsumtif. Banyak produk makanan dan minuman yang juga telah dikemas dalam bentuk instan, manusia sebagai konsumen sangat dimanjakan dengan kemudahan ini.

Sebagai konsumen produk makanan dan minuman instan, banyak orang yang tidak memperhatikan baik dan buruk dari mengkonsumsi produk tersebut. Adanya bahan pengawet yang dapat mengendap di dalam tubuh misalnya. Dalam konsumsi yang terus menerus atau dalam skala banyak, zat pengawet ini akan berpengaruh pada kesehatan manusia. Efek yang pasti akan didapatkan jika konsumsi produk instan secara berlebihan.

Pola hidup yang seperti ini semakin diperparah dengan konsumsi obat-obatan kimiawi ketika seseorang mengalami gangguan pada kesehatannya. Tanpa pikir panjang, banyak orang yang tidak peduli dengan bahan-bahan kimiawi yang terkandung dalam obat-obatan. Selain dari makanan instan, zat kimiawi yang mengendap dalam tubuh juga berasal dari penggunaan obat-obatan kimiawi. Karena itu, sudah seharusnya masyarakat mulai selektif pada konsumsi makanan instan dan penggunaan obat-obatan kimiawi.

Ketika mengalami gangguan kesehatan, sebetulnya masyarakat bisa melakukan pengobatan sendiri, dengan memanfaatkan tanaman obat tradisional yang banyak tumbuh di alam sekitar kita. Menggunakan pengobatan tradisional dengan ramuan dari tumbuh-tumbuhan, sebenarnya telah menjadi sebuah warisan pengetahuan dari para nenek moyang kita. Bagaimana para orangtua kita yang terdahulu menggunakan pengetahuan dan peralatan seadanya untuk melakukan pengobatan.  [ Kenapa Lebih Memilih Obat-obatan Tradisional ]

Pengobatan tradisional dengan menggunakan ramuan dari tumbuh-tumbuhan, tidak memiliki efek samping seperti yang kadang terjadi pada penggunaan obat-obatan kimiawi. Selain itu proses pembuatannya juga mudah dan cepat, karena memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kita dan juga peralatan yang sederhana. Bahan yang digunakan dalam pengobatan tradisional sangat mudah didapatkan. Buah kelapa hijau misalnya, air dari buah kelapa hijau memiliki manfaat yang beragam untuk pengobatan.

Apa saja manfaat air kelapa hijau untuk pengobatan?

1. Mengobati Keracunan

Air kelapa hijau memiliki kandungan enzim yang mampu mengurai sifat racun. Kandungan enzim ini ada secara alami di dalam air kelapa hijau, selain kandungan zat dan mineral lain yang juga dimiliki air kelapa hijau. Karena itu lah, air kelapa hijau sering digunakan untuk mengobati keracunan atau sebagai minuman anti racun. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, buah kelapa hijau cukup dilubangi ujungnya, lalu airnya diminum sampai habis.

2. Mengobati panas dalam dan kencing batu

Untuk mengobati panas dalam dan kencing batu, yang dibutuhkan adalah buah kelapa hijau dan satu butir telur ayam kampung. Untuk membuatnya pun sangat mudah, buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa, diaduk hingga merata. Untuk mengobati panas dalam baiknya ramuan ini diminum pada siang hari. Sedangkan untuk mengobati kencing batu, diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

3. Mengobati demam berdarah

Jika anda sakit demam berdarah, anda bisa menggunakan air kelapa hijau dan jeruk nipis untuk pengobatan. Cara meramunya adalah buah kelapa hijau dilubangi ujungnya, satu buah jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa hijau agar tercampur dengan airnya hingga merata. Ramuan ini diminum sehari dua kali tiap pagi dan sore hari, lakukan secara rutin hingga penyakit sembuh.

4. Mengobati sakit panas/demam

Untuk mengobati sakit panas, kita hanya membutuhkan satu gelas air kelapa hijau dan satu sendok madu. Kedua bahan tersebut dicampur sampai merata dengan cara mengaduknya di dalam gelas. Penggunaannya adalah diminum sehari dua kali pada pagi dan sore hari dengan membuat ramuan yang sama.

5. Mengurangi rasa sakit pada waktu haid

Banyak perempuan yang sering mengeluh merasakan sakit ketika sedang haid, terutama bagi remaja yang baru mengalami siklus alami pada perempuan ini. Rasa sakit ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi satu gelas air kelapa hijau dan gula aren. Sediakan gula aren secukupnya, kemudian dicampur hingga lebur dengan satu gelas air kelapa hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore selama tiga hari berturut-turut, maka rasa sakit akan berkurang.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here