Mengenal Sistem Pertanian Organik

6
2724
Mengenal sistem pertanian organik
pixabay.com

Sistem pertanian organik dapat diartikan sebagai teknik budidaya pertanian yang dijalankan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia buatan pabrik. Sistem pertanian ini meliputi proses pengolahan lahan, pembibitan, perawatan, pemanenan hingga distribusi hasil panen.

Sistem pertanian organik sekarang ini sudah banyak dilirik oleh kalangan petani di Indonesia. Perubahan budaya konsumsi masyarakat yang semakin selektif terhadap produk pangan, secara tidak langsung telah membuka peluang pasar yang cukup menjanjikan bagi produk-produk pertanian organik. Alasan kesehatan menjadi faktor utama, kenapa masyarakat lebih memilih produk pangan yang dihasilkan dari sistem pertanian organik.

Selain alasan kesehatan, kelestarian hayati dan kepedulian masyarakat terhadap alam sebagai penopang kehidupan manusia. Menjadikan sistem pertanian organik mendapat perhatian yang cukup besar untuk terus dikembangkan. Produk pertanian organik juga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan produk pertanian yang menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Tidak hanya produk pertanian seperti sayuran yang dikembangkan melalui sistem organik, tapi produk pangan seperti padi dan juga buah-buahan juga memiliki peluang besar untuk dikembangkan.  Baca juga  [ Menakar Nilai Ekonomi Budidaya Jambu Biji Organik ]

Beberapa tempat pemasaran produk seperti supermarket atau pasar modern, memang melakukan seleksi yang cukup ketat terhadap produk pertanian organik yang diambil dari petani. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk yang dijual dan memastikan tidak ada keluhan dari konsumen. Dampak positif terhadap petani dari penerapan sistem pasar yang seperti ini adalah mereka harus menghasilkan produk dengan kualitas unggul. Dengan seperti ini maka petani akan menjaga kualitas produknya dengan baik dan tidak sembarangan dalam mengolah lahan, sehingga meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh petani itu sendiri.

Kenapa Memilih Sistem Pertanian Organik?

Kesehatan bagi manusia dan ekosistemnya

Manfaat kesehatan dari sistem pertanian organik bagi manusia adalah karena sifatnya yang alami, tidak menggunakan pupuk kimia maupun pestisida. Sehingga produk yang dihasilkan aman dikonsumsi oleh tubuh dan memiliki kandungan gizi yang lebih baik di dalamnya. Kandungan gizi dalam makanan yang sehat sangat dibutuhkan manusia untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Selain itu, manfaat kesehatan dari pertanian organik tidak hanya untuk manusia, tetapi pertanian organik juga akan meningkatkan kesehatan tanah, tanaman, hewan dan alam sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam ekosistem.

[Baca Juga: Mengenal Pertanian Hidroponik]

Pertanian organik akan mampu menghasilkan produk bermutu tinggi dan bergizi yang dibutuhkan dalam pemeliharaan kesehatan. Keterkaitan proses produksi dari pengolahan lahan hingga panen dalam sistem pertanian organik dengan ekosistem yang ada di sekitarnya. Juga akan memberi manfaat kesehatan berantai yang didapatkan oleh organisme dan ekosistem yang saling terkait dalam kehidupan. Sehingga melalui sistem pertanian organik maka akan Sehat manusianya, sehat hewannya, sehat tumbuhannya, sehat alamnya dan juga sehat buminya.

Jaminan pada pertanian yang berkelanjutan

Penggunaan pupuk kimia dan pestisida pada pengolahan lahan dan pemeliharaan tanaman, tidak bisa dilepaskan dari dampak pada penurunan kualitas lingkungan. Karena itu penggunaan bahan-bahan kimia tersebut harus menggunakan takaran yang tepat dan sesuai penggunaan. Rusaknya unsur hara dalam tanah akibat penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan, akan sangat berpengaruh pada kualitas dan hasil produksi pertanian. Penurunan hasil panen dan kualitas produk pertanian yang semakin berkurang, secara tidak langsung akan dialami oleh para petani.

Di sisi lain, meningkatnya populasi manusia dan semakin menyempitnya lahan pertanian akibat alih fungsi lahan. Adalah ancaman tersendiri pada keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang. Karena itu lah, kebijakan manusia terhadap pemanfaatan alam dan lingkungan yang menopang kehidupannya harus mulai digiatkan. Penerapan sistem pertanian organik adalah salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, atau secara khusus sistem pertanian organik akan memberi manfaat pada pertanian yang berkelanjutan. Karena sistem pertanian organik djalankan dengan kearifan pada alam dan lingkungan. Pengolahan lahan dan produksi pertanian akan terus bisa dilakukan dengan kesuburan tanah dan lingkungan yang terjaga.

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here