Apakah Faktor yang Memengaruhi Jenis dan Kualitas Madu?

3
2630

Permintaan madu yang cukup tinggi oleh masyarakat, tidak sebanding dengan ketersediaan madu di pasaran. menjadikan cairan manis satu ini sulit dicari dan harganya terus mengalami kenaikan. Dengan keadaan yang seperti ini, akhirnya memunculkan orang-orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkannya dengan menjual madu palsu. Masyarakat dirugikan dengan beredarnya madu palsu yang cukup banyak di pasaran.

Bukan hanya kualitas yang buruk dari madu palsu, bahkan banyak penjual madu palsu yang membuat madu dengan tangan mereka sendiri. Madu hanya bisa diproses secara alami oleh lebah di sarangnya, yang mengambil sari alami dari bunga atau bagian tanaman. Tentu saja khasiat atau manfaat yang diharapkan dari mengkonsumsi madu, tidak akan diperoleh jika yang dikonsumsi adalah madu palsu.

Sementara itu, untuk menguji keaslian dan kualitas madu dengan tepat, selama ini hanya bisa dilakukan dengan peralatan yang canggih di laboratorium. Beberapa cara sederhana yang dipercaya oleh masyarakat untuk menguji keaslian madu, belum bisa memberi jaminan akan kualitas madu tersebut. Cara seperti meneteskan madu pada kertas, meneteskan madu pada air dalam gelas, mencampurnya dengan telur, menaruh madu di kulkas, atau mengujinya dengan korek api, belum bisa memberi jaminan bahwa madu memiliki kualitas yang baik atau terjamin keasliannya.

Berikut ini hal-hal yang dapat mempengaruhi jenis dan kualitas madu,

Jenis bunga yang diserap sarinya oleh lebah

Jenis madu yang dihasilkan oleh lebah, bisa berbeda-beda walaupun dengan jenis lebah yang sama. Ini dipengaruhi oleh musim bunga, karena lebah yang merupakan penghasil madu tersebut mengambil sari dari bunga yang berbeda-beda. Dan hal itu juga mempengaruhi banyak atau sedikitnya madu yang bisa dihasilkan.

Munculnya sebutan yang menamakan madu dengan menyertakan nama pohon seperti madu kopi, madu karet, madu randu, madu mangga, atau nama lainnya. Adalah dikarenakan jenis bunga yang diserap oleh lebah penghasil madu tersebut, biasanya dipengaruhi oleh musim dan tempat atau daerah madu tersebut berasal. Karena perbedaan ini lah menjadikan madu yang dihasilkan pun akan memiliki jenis yang berbeda. Jenis madu tidak berpengaruh besar pada kualitas madu, karena jenis madu hanya ditentukan dari jenis bunga yang diserap oleh lebah.

Kadar air dalam madu

Banyak orang yang percaya bahwa madu asli tidak akan beku jika dimasukan ke dalam frezer atau kulkas. Padahal madu memiliki kadar air yang berbeda-beda. Apabila kadar airnya tinggi, maka madu asli pun akan tetap bisa beku jika dimasukan dalam kulkas. Kadar air dalam madu dipengaruhi oleh proses pematangan madu secara alami dalam sarang lebah.

Kualitas madu sangat dipengaruhi oleh proses pematangan madu dalam sarang lebah, kualitas madu juga dipengaruhi oleh kadar airnya. Ketika lebah mengambil sari dari bunga atau tanaman, sari yang diambil memiliki kandungan air yang cukup besar. Kadar air dari sari bunga ini lah yang akan berpengaruh pada proses pematangan madu dalam sarang lebah. Madu dengan kualitas yang baik adalah madu yang memiliki kadar air yang rendah, hal ini juga berlaku sebaliknya.

Masa panen madu

Banyak orang yang percaya bahwa madu hutan atau madu liar yang diambil dari lebah liar di hutan, memiliki kualitas yang lebih baik daripada madu hasil budidaya. Hal ini tidak bisa dijadikan patokan, karena yang perlu diperhatikan adalah umur atau masa panen dari madu tersebut. Masa panen madu sangat mempengaruhi kualitas dari madu yang dihasilkan. Karena proses pematangan madu dalam sarang juga dipengaruhi oleh waktu pematangannya. Madu jenis apa pun, jika waktu pematangan madu dalam sarang terlalu singkat, maka madu itu akan memiliki kualitas yang kurang baik.

Masa pematangan madu dalam sarang berikisar antara empat sampai dengan enam bulan, sebaiknya madu dipanen setelah enam bulan untuk mendapatkan kualitas madu yang bagus, walaupun dalam waktu empat bulan madu sudah bisa dipanen. Jika seorang pembudidaya madu memahami tentang hal ini, maka madu yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang baik, karena masa panen yang terkontrol dengan baik. Bagi anda yang ingin mendapatkan madu yang terjamin kualitasnya, lebih baik mendapatkan madu dari pembudidaya lebah madu yang sudah berpengalaman dan mengerti tentang kualitas madu. Pembudidaya seperti ini biasanya telah memiliki pelanggan tetap dan tidak menjual madu jika memang belum ada madu yang siap dipanen.

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] penamaan sarang tawon pasalnya ini tak sebagaimana jenis batu fosil pada umumnya, misalnya jenis teratai bermotif bintik-bintik yang membuat bentukan gambar bunga. Namun sarang tawon cenderung berpenampilan mirip rumah tawon madu. [Baca juga: Apakah Faktor yang Memengaruhi Jenis dan Kualitas Madu?] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here