Inilah Efek Stress pada Kesehatan Tubuh

11
3263
Efek Stress pada kesehatan
Efek Stress pada kesehatan

Kesehatan mental dan kesehatan tubuh menjadi dua hal yang saling berkaitan pada manusia. Kondisi psikis, pada situasi tertentu menentukan situasi psikologis. Kekurangan oksigen, contohnya. Orang yang mengalami kekurangan oksigen cenderung mengalamai ketegangan lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki oksigen cukup. Sebaliknya, kondisi mental turut memengaruhi kesehatan tubuh manusia.

Pelbagai penyakit ditengarai disebabkan oleh gangguan psikologis manusia. Gangguan psikologis memengaruhi kinerja organ manusia. Hal ini disebabkan oleh terganggunya kinerja otak sebagai pusat kontrol dari keseluruhan tubuh manusia.

Stress adalah salah satu bentuk gangguan psikologis yang umum terjadi pada manusia. Stress pada kadar yang ringan menjadi hal kerap dihadapi oleh setiap orang. Stress pada kadar yang berat tidak semata mengganggu aktivitas manusia tetapi juga kinerja tubuh dan kondisi psikologis lainnya. Stress pada tingkat tertentu dapat menjadi penyebab depresi. [baca: [intlink id=”2551″ type=”post”]Mengenal Depresi dan Gejalanya[/intlink]].

Stress yang berulang-ulang dan tidak tertangi dapat menyebabkan gangguan fisik. Perubahan detak jantung adalah yang paling dapat dirasakan sebagai efek stress. Berikut ini adalah daftar penyakit yang disebabkan oleh stress:

Penyakit Lambung 

Stress memicu tingginya kadar adrenalin pada tubuh. Efek langsung yang ditimbulkan akibat perubahan ini adalah meningkatnya jumlah asam pada lambung. Produksi asam lambung meningkat ketika manusia mengalami stress. Stress berkepanjangan yang tidak tertangani menyebabkan tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Akibat jangka panjang yang muncul adalah rusaknya dinding lambung.

Hipertensi atau Darah Tinggi

Adrenalin yang tinggi pada tubuh memicu detak jantung yang lebih cepat. Apabila kondisi ini berulang dan tidak tertangani, hipertensi yang semula bersifat temporal atau sementara dapat menjadi gejala yang permanen. Akibat terburuk yang dapat ditimbulkan oleh hipertensi adalah stroke.

Gangguan Jantung

Stress secara langsung mengubah irama detak jantung. Stress yang timbul akibat perasaan melampaui ambang batas kemampuan dalam melakukan atau menangani hal tertentu memicu jantung berdegub lebih kencang. Stress berkepanjangan yang tidak tertangani dapat menimbulkan persoalan jantung yang bersifat permanen.

Rusaknya Sistem Kekebalan Tubuh 

Salah satu akibat dari stress adalah meningkatnya produksi zat kortisol dan corticoids. Tingginya hormon ini dalam jangka yang panjang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Akibat yang dapat ditimbulkan oleh rendahnya sistem kekebalan tubuh adalah kerentanan terhadap penyakit, termasuk jenis-jenis penyakit yang ringan, seperti flu dan demam. Hal ini terkadang dapat dirasakan oleh pengidap stress yang mengalami langsung penyakit ringan saat stress meningkat.

 

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here