Inilah Plugin WordPress untuk Meningkatkan SEO Website

4
2347
Plugin SEO wordpress untuk meningkatkan SEO
Plugin SEO wordpress untuk meningkatkan SEO

WordPress dikenal sebagai salah satu platform besar pada teknologi berbasis website. Dikenal sebagai salah satu mesin utama untuk blog, wordpress dikenal memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis lainnya, seperti Joomla dan Mambo. Mulanya wordpress dikenal sebagai fasilitas blog gratis yang beralamat di wordpress.com. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa WordPress turut menyediakan aplikasi pengelolaan konten (content management system/CMS) [1. Mengenal CMS. Wiki ->]. Menggunakan wordpress sebagai CMS, setiap orang bisa mengembangkan website sendiri tanpa harus menggunakan subdomain wordpress.com. Website dapat menggunakan layanan hosting pihak ketiga, atau menggunakan hosting yang dikelola oleh wordpress [2. Mengenal Jenis Hosting. Ensiklo.com -> ]. [Baca: [intlink id=”2264″ type=”post”]Mengenal Jenis Web Hosting[/intlink]].

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh WordPress adalah kekayaan plugin. CMS ini, dengan pengembangannya yang bersifat open source, membangun keterlibatan banyak pihak dalam pengembangan dukungan. Pelbagai plugin dan tema website yang dikembangkan secara berbayar dan gratis dapat diketemukan dengan mudah. WordPress memiliki keuanggulan pada hal ini dibandingkan dengan CMS lain, seperti Joomla, Drupal dan Mamboo.

Salah satu plugin penting dalam pengembangan website berbasis website terkait dengan opsimasi mesin pencari (search engine optimisation/SEO).  Kualitas SEO sebuah website menentukan jumlah pengunjung. Logikanya, pengguna internet lebih banyak mengandalkan mesin pencari untuk mencari konten tertentu. Mesin pencari menjadi sumber rujukan untuk kata kunci tertentu. Jumlah pengunjung yang secara langsung mengunjungi sebuah website secara langsung sangat sedikit dibandingkan dengan yang merujuk pada mesin pencari. Kunjungan langsung pada website umumnya terjadia pada website yang sudah cukup populer. [baca [intlink id=”2756″ type=”post”]Meningkatkan SEO WordPress[/intlink] ]

Terdapat pelbagai plugin SEO pada wordpress. Plugin yang tersedia ada yang berbayar dan gratis. Beberapa jenis plugin dikembangkan sebagai yang gratis dengan turut menyediakan versi pro atau berbayar. Berikut ini adalah beberapa plugin wordpress untuk meningkatkan SEO:

Google XML Sitemap

Salah  satu faktor penentu dalam indeks mesin pencari adalah kemudahan bagi robot untuk merayapi keseluruhan website. Laman peta situs (sitemap) yang berekstensi .xml sangat berguna untuk membantu mesin pencari menemukan keseluruhan konten dalam website. Google webmaster, salah satunya, mengandalkan sitemap.xml sebagai salah satu jalur perayapan pada website. Fasilitas Google webmaster menyediakan fasilitas yang membantu pengguna atau pemilik website untuk mendaftarkan file sitemap.xml.

Plugin ini akan sangat membantu untuk membuat laman sitemap.xml secara otomatis pada website. Beberapa setelah khusus dibutuhkan untuk memaksimalkan peta situs mengacu pada kebutuhan pengguna.

All in One SEO Pack

Plugin ini berfungsi untuk mempermudah pengelolaan beberapa aspek yang berkaitan dengan SEO sebuah website berbasis wordpress. Manajemen kata kunci, meta description, keduanya menjadi aspek yang paling mengemuka. Plugin ini memudahkan [intlink id=”557″ type=”category”]blogger[/intlink] atau pengelola website untuk menambahkan mengelola kata kunci dan deskripsi pada setiap konten.Plugin ini turut menyediakan fasilitas untuk membuat peta situs, seperti pada Google XML sitemap. Salah satu keunggulannya, pengguna plugin dapat secara manual menentukan waktu pembaruan peta situs dan prioritas pembaruan.

Beberapa fasilitas tambahan disediakan pada plugin ini, antara lain:

  1. Sinkronisasi dengan Google Analytics;
  2. Optimalisasi otomotasi pada judul setiap konten;
  3. Kemampuan analisa meta tag pada setiap konten;
  4. Kemampuan untuk memberikan masukan judul konten untuk menghindari duplikasi judul.

WordPress SEO by Yoast

SEO by Yoast menjadi salah satu kompetitor bagi All In One SEO Pack. Plugin ini cukup populer, seperti All in One.  Plugin ini meyediakan pelbagai fasilitas yang berbeda. Secara umum, fungsi dari plugin ini adalah pengelolaan  kata kunci, meta tag dan optimalisasi melalui sitemap. Jika anda ingin beralih dari beberapa jenis plugin SEO lain, seperti All in One SEO pack, Yoast menyediakan fasilitas untuk impor setelan yang telah dibuat menggunakan plugin lainnya.

Plugin ini memeliki beberapa fasilitas utama, antara lain:

  1. Kemampuan mengeneralisasi sitemap sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Google.
  2. Optimalisasi menggukan RSS Feed.
  3. Kemudahan pengelolaan beberapa file yang terkait dengan SEO, seperti robots.txt dan .htaccess.
  4. Kemudahan mengubah struktur permalink.

 

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here