Cara Memanfaatkan Daun Singkong Untuk Pengobatan

6
4912
pixabay.com

Ubi kayu atau yang lebih dikenal dengan nama singkong, adalah salah satu tanaman pangan yang banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia. Tanaman satu ini sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Ubinya yang mengandung banyak karbohidrat, telah banyak diolah menjadi berbagai macam makanan. Daunnya yang memiliki tangkai panjang dan bentuknya yang menyerupai telapak tangan, banyak dimanfaatkan sebagai sayuran.

Banyak makanan hasil olahan dari singkong yang dengan mudah dapat kita jumpai. Bahkan di beberapa daerah, makanan hasil olahan dari singkong telah menjadi makanan khas dan menjadi ikon kebanggaan daerah tersebut. Di Jawa Tengah misalnya, singkong dapat diolah menjadi makanan daerah seperti ceriping, getuk, combro, ondol, jalabia dan makanan olahan lainnya. Bahkan di beberapa daerah juga memiliki jenis makanan olahan dan penamaan sendiri. Lain daerah, lain jenis makanan dan lain pula penamaannya.

Selain ubinya yang banyak diolah menjadi berbagai macam makanan, daun singkong juga banyak dimanfaatkan untuk sayuran. Hanya sekedar untuk lalapan, atau juga dimasak menjadi sayur berkuah dan macam sayur lainnya. Karena rasanya yang enak, banyak masyarakat yang menggemari sayuran daun singkong. Bagi anda yang suka menikmati menu nasi padang, tentu sudah terbiasa dengan daun singkong di setiap menunya.

Selain dimanfaatkan sebagai sayuran, daun singkong ternyata dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Apa saja manfaat daun singkong untuk pengobatan?

Mengobati sakit reumatik

Untuk mengobati sakit reumatik, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daun singkong secukupnya dan kapur sirih. Cara membuat ramuannya, daun singkong secukupnya atau minimal 5 lembar, dicampur dengan 1/4 sendok makan kapur sirih. Daun singkong dan kapur sirih kemudian ditumbuk hingga halus. Untuk penggunaannya, ramuan yang telah dihaluskan ini digunakan secukupnya sebagai bedak atau ditempelkan pada bagian yang sakit. Biarkan ramuan ini terus menempel pada bagian yang sakit. Lakukan hal yang sama sampai sakit yang dirasakan sembuh.

Mengobati demam dan sakit kepala

Memanfaatkan daun singkong untuk mengobati demam dan sakit kepala, caranya sangat lah sederhana. Yang kita butuhkan hanya lah daun singkong secukupnya atau minimal 3 lembar. Daun singkong kemudian ditumbuk hingga halus tanpa ada campuran bahan lain apa pun. Daun singkong yang telah ditumbuk halus ini kemudian digunakan untuk kompres pada dahi.

Mengobati diare

Untuk mengobati diare, bahan yang dibutuhkan adalah daun singkong sebanyak 7 lembar atau secukupnya. Daun singkong ini direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa kira-kira 2 gelas airnya. Hasil rebusan ini kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum setiap pagi dan sore secara rutin sampai diare sembuh. Ramuan ini juga bisa dimafaatkan untuk mengobati diare pada bayi yang masih menyusu pada ibunya. Untuk mengobati diare pada bayi yang masih menyusu, maka cara pemanfaatannya ramuan yang sama diminum oleh ibunya setiap pagi dan sore. Manfaat dari ramuan ini akan didapatkan oleh bayi dari air susu ibunya.

Daun singkong yang memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi, juga bisa dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan dan mengobati mata yang pandangannya sering kabur. Cukup dengan mengkonsumsi sayur daun singkong secara rutin setiap hari, akan lebih baik daun singkong hanya direbus dan diberi bumbu garam serta bawang secukupnya. Kemudian dimakan dengan nasi secara rutin setiap hari.

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Padahal jika kita masih mau mendalaminya, tak sedikit produk obat kekinian pun tetap dihasilkan dengan bahan pokok yang sejatinya juga serupa dengan yang digunakan orang-orang terdahulu. Sebut saja sebagai contohnya adalah jahe, temulawak, jeruk nipis, dan masih banyak lagi.    Satu hal yang jarang diketahui banyak orang namun justru pernah ditempuh orang-orang tua terdahulu (khususnya orang-orang Jawa) adalah pengobatan dengan memanfaatkan daun dan buah gadung, serta daun dan ranting sembukan. [Baca juga: Cara Memanfaatkan Daun Singkong Untuk Pengobatan] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here