Perkembangan Janin Usia 1 Bulan

2
1463
Perkembangan Janin 1 Bulan
Perkembangan Janin 1 Bulan

Kehamilan dan perkembangan janin merupakan proses yang kompleks. Proses pembentukan bayi sejak proses pembuahan melalui pertemuan sperma dan sel telur melalui pelbagai fase. Kompleksitas proses pembentukan bayi dalam rahim melibatkan perubahan fisiologis dan kimiawi pada tubuh ibu yang mengandung. Memertimbangkan hal tersebut, pemahaman tentang fase perkembangan janin perlu diketahui oleh Ibu, terutama ibu muda atau perempuan yang yang pertama kali mengalami kehamilan. Pemahaman tersebut akan membantu calon ibu untuk mengambil tindakan secara tepat terkait dengan asupan gizi dan penanganan gejala yang mengiringi pertumbuhan bayi. [ Baca juga Artikel tentang: [intlink id=”4517″ type=”post”]Pelbagai Gejala dan Perubahan Tubuh Ibu hamil[/intlink] ]

Perkembangan Janin Minggu 1 - 2
Perkembangan Janin Minggu 1 – 2

Bulan pertama kehamilan akan memberikan efek perubahan cukup signifikan pada pelbagai organ dan mekanisme tubuh ibu. Minggu pertama merupakan waktu pembuahan sel telur oleh sperma. Seperti fase lainnya, fase ini juga akan menimbulkan keluhan kehamilan tersendiri pada ibu.

Ibu hamil belum menyadari kehamilan pada minggu pertama. Minggu pertama adalah fase pembuahan. Jutaan sperma yang masuk ke dalam vagina akan terleseksi hingga akhirnya hanya 1 yang membuahi sel telur (ovum).

Sel telur yang telah dibuahi akan membelah menjadi 2 pada minggu kedua. Proes tersebut terjadi 30 jam setelah pembuahan. Pembelahan akan terjadi terus menerus. Sel telur tersebut akan berpindah perlahan dari tuba falopi menuju rahim.

Pada usia kehamilan 3 minggu, sel telur yang telah membelah akan menempel pada dinding rahim. Pada fase ini sel disebut blastosit. Ukuran blastosit sangatlah kecil, berkisar antara 0,1 – 0,2 mm. Kehamilan pada fase ini seringkali masih belum disadari oleh ibu.

Janin akan mulai berbentuk embrio pada minggu keempat kehamilan. Rahim akan mulai memproduksi beberapa senyawa kimiawi. Senyawa, seperti Chorionic Gonadropin – HCG inilah yang menjadi indikator kehamilan pada alat pemeriksa kehamilan. Struktur tubuh manusia mulai terbentuk pada fase ini. Tulang punggung, jantung dan otak perlahan mulai terbentuk. Aorta atau urat saluran darah menuju jantung pun mulai terbentuk pada fase ini.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Memertimbangkan hal tersebut, pemahaman tentang fase perkembangan janin perlu diketahui oleh Ibu, terutama ibu muda atau perempuan yang yang pertama kali mengalami kehamilan. Pemahaman tersebut akan membantu calon ibu untuk mengambil tindakan secara tepat terkait dengan asupan gizi dan penanganan gejala yang mengiringi pertumbuhan bayi.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here