Mengenal Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan

3
3507
pixabay.com

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang cukup akrab dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah jeruk nipis berbentuk bulat sebesar bola pingpong, dengan kulit luar hijau sedikit kekuningan. Seperti jenis jeruk lainnya, tanaman jeruk nipis termasuk jenis tanaman perdu. Rasanya yang asam, menjadi ciri khas dari jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.

Walaupun termasuk jenis buah-buahan, jeruk nipis tidak dikonsumsi secara langsung seperti jenis buah jeruk lainnya. Karena ukurannya yang kecil dan rasanya yang lebih asam jika dibandingkan dengan jenis jeruk lain, jeruk nipis lebih banyak digunakan sebagai salah satu bumbu dapur. Jeruk nipis sering digunakan sebagai penyedap rasa dari masakan berkuah dan juga digunakan untuk menghilangkan bau dari daging kambing saat dimasak.

Selain sebagai bumbu dapur, masyarakat juga mengenal jeruk nipis sebagai salah satu bahan yang bisa digunakan untuk pengobatan tradisional. Bukan cuma buahnya yang bisa digunakan, akar dari tanaman jeruk nipis juga bisa dijadikan ramuan pengobatan tradisional. Banyak masyarakat yang menggunakan jeruk nipis untuk menyembuhkan sakit batuk. Bahkan pada beberapa produk obat batuk yang dikeluarkan oleh pabrik, mencantumkan jeruk nipis sebagai salah satu bahan pembuatan obatnya. Walaupun obat-obatan tersebut termasuk jenis obat kimiawi. Selain sebagai obat batuk, sebenarnya masih banyak manfaat dari jeruk nipis untuk pengobatan. Hanya saja masyarakat banyak yang belum tahu bagaimana cara meramunya atau menggunakannya untuk pengobatan.

Apa saja manfaat jeruk nipis untuk pengobatan?

1. Mengobati amandel

Untuk mengobati sakit amandel, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 1 rimpang kunyit dan 2 sendok makan madu. Cara membuatnya, rimpang kunyit diparut dan hasil parutannya diperas untuk diambil sarinya. Kemudian hasil perasan kunyit tersebut dicampur dengan sari jeruk nipis yang diperas dan tambahkan 2 sendok makan madu yang telah disiapkan. Bahan-bahan yang sudah dicampur kemudian diaduk sampai merata dan ditambah setengah gelas air untuk membuatnya lebih encer. Jika sudah selesai, ramuan yang telah dibuat kemudian disaring dan bisa langsung diminum. Untuk mengobati amandel, ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin 2 hari sekali.

2. Sebagai obat batuk

Untuk mengobati sakit batuk, jeruk nipis bisa digunakan sebagai ramuan yang dikonsumsi secara langsung, atau juga sebagai ramuan oles yang penggunaannya seperti balsem. Untuk membuat ramuan yang dikonsumsi, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap dan garam secukupnya. Jeruk nipis diperas untuk diambil sarinya, kemudian hasil perasannya dicampur dengan 1 sendok makan kecap dan garam secukupnya. Ramuan yang sudah dibuat, bisa diminum sehari sekali secara rutin sampai batuk sembuh.

Cara pemanfaatan lain jeruk nipis untuk obat batuk, adalah dengan membuatnya menjadi ramuan oles. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang jahe dan 1 sendok minyak kayu putih. Cara membuatnya, jeruk nipis dibakar terlebih dahulu, kemudian dibelah menjadi 4 bagian. 2 rimpang jahe yang sudah disiapkan, diparut dan dicampur dengan 1 sendok makan minyak kayu putih, masukan jeruk nipis yang sudah dibakar dan dibelah, aduk sampai merata. Cara penggunaannya, ramuan yang sudah dibuat dioleskan pada dada dan punggung setiap selesai mandi pagi dan sore. Bisa dilakukan secara rutin sampai batuk sembuh.

3. Mengobati ambeien

Berbeda dengan ramuan untuk obat sakit yang lain, untuk mengobati sakit ambeien yang dimanfaatkan bukanlah buah jeruk nipisnya, tetapi akar dari tanaman jeruk nipis. Sekitar 3 – 4 potong akar tanaman jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, direbus dengan 1 liter air biasa sampai tersisa separuhnya. Air rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum secara rutin satu hari sekali setiap sore.

4. Mengobati sakit panas

Untuk mengobati sakit panas, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuatnya, 4 siung bawang merah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan perasan jeruk nipis, ditambah dengan minyak kayu putih dan minyak kelapa secukupnya. Ramuan yang telah dibuat digunakan untuk kompres pada dahi orang yang sakit panas.

5. Menyembuhkan perut mulas

Untuk menyembuhkan perut yang mulas, bahan-bahan yang dibutuhkan 1 buah jeruk nipis dan 1 rimpang kunyit. Kunyit diparut terlebih dahulu, kemudian diperas untuk diambil sarinya dan dicampur dengan perasan jeruk nipis. Bahan-bahan yang sudah dicampur ini diberi setengah gelas air hangat dan aduk sampai merata. Setelah dicampur dengan air, ramuan kemudian disaring. Lakukan hal yang sama untuk membuatnya dan meminumnya dua hari sekali setiap pagi dan sore. Diminum secara rutin sampai perut mulasnya sembuh.

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here