Biografi dan Pemikiran Charles Horton Cooley

0
17967
Biografi dan Pemikiran Horton Cooley
Biografi dan Pemikiran Horton Cooley

Sosiolog Amerika Serikat ini lahir di Ann Arbor, dekat Michigan, 17 Agustus 1864. Ayahnya seorang pengacara dan hakim terkemuka di Michigan. Menamatkan sarjana mudanya di universitas Michigan tahun 1887. Setelah itu ia belajar ekonomi. Memulai kerjanya di pemerintahan, departemen komisi pengawas dan kantor sensus. Cooley menikah dengan anaknya professor di universitas Michigan, Elsie Jones ditahun 1890. Tahun 1892, Cooley menjadi dosen ilmu ekonomi, politik, sosiologi di universitas Michigan. Cooley ikut berperan atas terbentuknya sosiologis American society ditahun 1905. Akhir tahun 1928 kesehatannya menurun, didiagnosis terkena kanker dan akhirnya meninggal dunia, 8 Mei1929, usia 64 tahun.

biografi dan pemikiran Charles Cooley
Charles Cooley. Sumber Wikipedia.

Selama hidupnya Cooley menghasilkan karya-karya ilmiah, yaitu; Human Nature and Social Order (3 jilid 1902), Social Organization (1909), Social Process (1918). Dalam sejarah tokoh sosiologi, Cooley dimasukan dalam sosiolog interaksionisme simbolik klasik. Cooley intens mempelajari interakasi antara individu dan masyarakat. Menurut Cooley diri seseorang berkembang dengan interaksi orang lain, dianalogikan diri yang melihat cermin, yaitu diri seseorang memantulkan apa yang dirasakannya sebagai tanggapan masyarakat terhadapnya. Bagi Cooley individu dan masyarakat saling melengkapi, dimana individu hanya akan menemukan bentuknya di dalam masyarakat.

Cooley mengemukakan perbedaan antara kelompok primer dan kelompok sekunder, dalam karyanya social organization 1909. Menurutnya kelompok primer ditandai antara anggota-anggotanya akrab dan kerjasama erat yang bersifat pribadi. Sebagai hasilnya adalah peleburan individu-individu ke dalam kelompok-kelompok, sehingga tujuan individu menjadi juga tujuan kelompok. Contohnya kelompok ini, keluarga, kelompok-kelompok sepermainan, rukun tetangga.

Sementara kelompok sekunder adalah kelompok-kelompok besar yang terdiri dari banyak orang. Hubungannya tak perlu berdasarkan kenal-mengenal secara pribadi, dan sifatnya juga tidak begitu langgeng. Suatu bangsa/negara merupakan contoh kelompok sekunder.

Cooley menganjurkan sosiolog mencoba menempatkan diri di tempat aktor yang diteliti dengan menggunakan metode introspeksi simpatetik untuk menganalisis kesadaran diri seseorang dalam relasi sosialnya. Sosiologi seharusnya memusatkan perhatian pada fenomena psikologi sosial seperti kesadaran, tindakan, dan interaksi.

Latar belakang uraian Cooley tentang kelompok primer adalah kejengkelannya melihat perkembangan masyarakat modern, dimana pergaulan dan kerjasama individu-kelompok lebih berdasarkan perhitungan untung rugi, dan makin berkurangnya bentuk-bentuk kehidupan bersama yang berdasarkan kasih sayang seperti keluarga, rukun tetangga dan kelompok-kelompok persahabatan.

Sebagai sosiolog, Cooley begitu romantik. Pemikiran Cooley banyak dipengaruhi oleh George Herbert Mead, Sigmund Frued, dan suasana damai kota Ann Arbor. Pemikirannya cukup berpengaruh dan memberikan inspirasi, utamanya bagi perintis Teori Interaksi Simbol seperti Mead dan Blumer. ***

 

Sumber tulisan;

[1] Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, 1992

[2] www.wikipedia.com/charles-cooley

[3] Foto Ilustrasi komunitas.  Pixabay.com

[4] Foto Cooley. Wikipedia: berlisensi Public Domain.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here