Memahami Proses Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Outbound

1
1785
pixabay.com

Kemajuan tidaklah terjadi begitu saja, melainkan terjadi melalui tahapan panjang dari berbagai rangkaian kejadian/peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Kemajuan dan perkembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi serta peradaban manusia, juga tercipta melalui tahapan panjang dalam proses manusia belajar dari peristiwa dan kejadian, serta belajar dari pengalaman yang dialaminya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peradaban yang semakin maju dan modern, manusia dituntut mempunyai kompetensi yang unggul.

Manusia dengan kompetensi yang unggul didapat melalui proses pengembangan diri yang baik. Proses pengembangan diri bisa dilakukan dengan program-program pengembangan yang sesuai, selaras dan berkesinambungan. Proses pengembangan diri berupa pengembangan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), sikap dan perilaku positif (attitude). Program pengembangan diri bisa dilakukan dengan berbagai macam metode pembelajaran atau pelatihan di dalam (indoor) ataupun luar ruangan (outdoor). Kegiatan pelatihan dan pembelajaran tersebut didesain untuk memunculkan kemampuan, perilaku positif, potensi yang terpendam dan juga untuk menciptakan dan memperbaiki hubungan antar sesama.

Sekarang ini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya program pelatihan dan pembelajaran yang bertujuan untuk pengembangan diri. Outbound hadir sebagai salah satu program pengembangan diri yang banyak diminati, karena kegiatan pelatihan yang dikemas dalam suasana menyenangkan dan lebih banyak dilakukan dalam permainan. Outbound adalah program pelatihan luar ruangan yang diwujudkan dalam bentuk-bentuk permainan dan kegiatan-kegiatan lainnya, sebagai metode pengembangan diri melalui suatu pengalaman (experiental learning).

Melalui kegiatan outbound, kita bisa belajar dari pengalaman tentang kepercayaan diri, kemandirian, motivasi berprestasi, kontak sosial, empati, pengendalian diri dan sebagainya. Metode belajar dengan mengalami (experiental learning), dikenal efektif dalam menumbuhkan sikap dan perilaku positif melalui permainan dan kegiatan khusus lainnya yang dialami.

Walaupun proses pembelajaran dan pengembangan diri yang dialami manusia terjadi secara individu, namun hal itu tumbuh dari hasil interaksi yang dilakukan dengan orang lain. Selain itu, setiap manusia memiliki memori yang kuat untuk mengingat segala sesuatu yang pernah dialaminya, sehingga pelatihan dan pembelajaran melalui pengalaman yang baik harus sering diterapkan dan dialami.

Proses pelatihan dan pembelajaran dalam kegiatan outbound dengan memberikan pengalaman kepada seseorang, yang berinteraksi dengan alam dan orang-orang di sekitarnya. Mampu menghadirkan pengalaman baru yang memiliki peran penting dalam pengembangan diri seseorang. Beberapa macam kegiatan outbound bisa dilakukan tanpa menggunakan alat, hanya melakukan interaksi dengan orang lain dalam kegiatan. Dan ada juga kegiatan outbound yang dilakukan dengan menggunakan alat sebagai penunjang kegiatan. Alat-alat yang digunakan dalam kegiatan outbound, didesain untuk bisa menghadirkan pengalaman baru dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Kegiatan outbound dikemas dalam berbagai macam bentuk permainan (games) yang kreatif dan rekreatif, sehingga kita bisa menikmati permainan dan juga bisa sejenak melepaskan diri dari rutinitas keseharian yang sering kali menjenuhkan. Selain rasa senang, kita juga akan tetap mendapatkan pengetahuan atau pengalaman untuk pengembangan diri, yang mengarahkan kita menjadi pribadi yang lebih baik, memahami potensi diri sendiri dan menghargai peran orang lain.

Setiap permainan yang dilakukan dalam kegiatan outbound, memiliki manfaat masing-masing untuk belajar dari pengalaman yang benar-benar dialami oleh seseorang. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan seseorang melalui pengalaman dari kegiatan outbound?

Sikap dan Perilaku

  • Mampu mengenal diri sendiri dan lingkungannya

  • Mampu menumbuhkan rasa empati sosial

  • Mampu meningkatkan potensi diri dan motivasi untuk berprestasi

  • Memiliki sikap pantang menyerah untuk mencari pemecahan suatu masalah

Kemampuan dan Keterampilan Individu

  • Mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan (skills) yang dimiliki

  • Mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam memimpin atau dikenal dengan istilah leadership

  • Mampu bekerjasama dengan orang-orang di sekitarnya dalam menyelesaikan suatu tugas

  • Meningkatkan kemampuan untuk mencari celah solusi dalam setiap masalah yang dihadapi

  • Memahami peran diri sendiri dan peran orang lain dalam kehidupan sosial

Kegiatan outbound dengan metode belajar dengan mengalami atau experiental learning sebenarnya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mau dan bisa berperilaku. Cara ini diawali dengan memberikan pemahaman-pemahaman terhadap peserta kegiatan terkait perilaku yang baik, memberikan kesadaran mengenai perilaku ketika berinteraksi secara sosial dan selanjutnya menyadari bahwa dirinya mampu untuk melakukannya. Program pelatihan dengan metode ini nantinya akan memberikan manfaat bagi peserta, baik pada sikap dan perilakunya maupun pada kemampuan dan keterampilan individu. 

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here