Inilah Jenis-jenis Operating System Pada Komputer & Handphone

7
25591
Logo jenis-jenis Operating System SIstem Operasi handphone dan komputer
Logo jenis-jenis Operating System SIstem Operasi handphone dan komputer

Sebagai orang awam yang sering menggunakan komputer ataupun gadget mungkin kita tak akan asing lagi dengan istilah Windows, BlackBerry, ataupun Android. Ini adalah istilah yang acap digunakan untuk menunjang pekerjaan ataupun sekedar mencari informasi dengan cara berselancar di dunia maya. Lalu sejatinya apa itu Windows, BlackBerry, ataupun Android? Ia adalah jenis-jenis operating System (sistem operasi).

Apa itu Operating System?

Ketika telah mengetahui bahwa windows, BlackBerry, ataupun android adalah jenis opearing system (sistem operasi), pertanyaan menarik selanjutnya adalah, apa itu operating system a.k.a system operasi?

Seperti keterangan dari wikipedia, sistem operasi ataupun operating system adalah sistem perangkat lunak yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.

Secara umum, Sistem Operasi (OS) adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer sewaktu komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.

Sebelum melanjutkan pada jenis-jenis sistem operasi ini, tatkala kita telah ada gambaran mengenai operating system, masih ada lagi istilah yang harus kita pahami, yaitu open source.

Apa itu opensource?

Terjemahan “open source” dalam bahasa Indonesia adalah ‘sumber terbuka.’ Lebih jelasnya, Open Source adalah istilah yang digunakan untuk menengarai software terbuka yang tanpa membatasi diri dengan lisensi. Artinya siapapun diberikan kebebasan untuk melihat dan mengetahui sumber kode serta cara kerja software tersebut, dan selanjutnya juga tiada larangan apabila hendak upgrade ataupun memperbaiki kelemahan-kelemahannya. Karena sifatnya tanpa menutup diri dengan lisensi, maka keunggulan yang ditawarkan pada Open Source adalah menggratiskannya bagi siapapun yang hendak memilikinya. Pada sistem pengembangannya, open source tidak dikoordinasi oleh satu individu ataupun sebuah lembaga, namun lebih pada para pelaku yang bekerjasama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas. Contoh operating system open source yang lazim digunakan adalah OS – Linux.

Karena ada ‘open sourse’ pasti ada pula ‘closed source.’ Closed source dikenal juga dengan istilah OS berlisensi. Yaitu OS yang ada hak ciptanya dan hanya bisa diperoleh dengan cara membayar pun membelinya. Kebalikan dari open source, pada OS berlisensi ini tak setiap orang bisa melihat apalagi mengutak-atik -dan lalu memperjual-belikan- tanpa ijin dari developer pun perusahaan yang memilikinya. Contoh OS berlisensi adalah keluarga Mac OS X yang meliputi Leopard, Panther, Jaguar, Cheetah, Puma, dan Maverick. Selain itu, contoh sistem operasi berlisensi yang tak asing lagi bagi banyak orang disekitar kita adalah produk series milik Microsoft bernama windows.

Operating System Untuk Personal Computer

  • Unix Operating System

UNIX adalah sistem operasi yang diciptakan Ken Thompson serta Dennis Ritchie. OS UNIX ini selanjutnya dikembangkan oleh AT&T Bell Labs dan lebih menekankan pada Workstation dan Server. Karena UNIX didesain sebagai OS portabel, Multi-Tasking, dan Multi User, maka sistem operasi ini dapat digunakan, disalin, dan dimodifikasi, sehingga dapat dikembangkan oleh pihak umum yang pada akhirnya memunculkan banyak varian baru dari Unix operating system ini.

  • Disk Operating System (DOS)

DOS merupakan sistem operasi generasi awal, dimana sistem operasi ini lazim digunakan pada komputer pribadi mulai era 1975. Sistem operasi pada DOS masih menggunakan antar muka berbasis teks dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut sebagai prompt.

  • Novell Operating System (NOS)

NOS adalah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell Corporation, OS ini menyediakan akses file remote transparan dan juga melayani berbagai jaringan distribusi, termasuk sharing printer dan dukungan berbagai aplikasi seperti transfer email serta akses database.

  • Windows Operating System

Windows adalah sistem operasi yang sudah menggunakan antar muka GUI (Graphical User Interface) yaitu pendukung antar muka yang menggunakan grafik ataupun gambar, sehingga pengoperasiannya lebih mudah dan menyenangkan penggunanya. Sebagaimana banyak orang ketahui, sistem operasi ini dikembangkan perusahaan Microsoft yang sampai dengan sekarang telah memiliki beberapa versi sistem operasi windows.

  • Machintos Operating System

Machintos (MAC OS) adalah sistem operasi komersil berbasis GUI (Graphical User Interface) yang tetap menjaga integritasnya dengan cara menerapkannya hanya khusus pada perangkat produknya Apple saja. Sebagaimana windows, machintos juga telah memiliki berbagai versi untuk produk Apple.

  • Linux Oprating System

Linux merupakan Sistem operasi open source yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Linux banyak disukai oleh insan-insan mandiri lantaran sebagai OS opensource linux memungkinkan penggunanya untuk mengubah, menambah pun mengurangi sistem secara keseluruhan. Dan lantaran bersifat open source, maka sistem operasi linux banyak dikembangkan oleh tangan-tangan kreatif sehingga menghasilkan beberapa distro linux yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan penggunanya.

Jenis-jenis Operating System Untuk Handphone
  • Symbian Operating System

Symbian adalah sistem operasi yang acap digunakan pada perangkat telepon seluler dan dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd, yaitu perusahaan independen hasil kolaborasi perusahaan-perusahaan telepon seluler, antara lain; Nokia, Erricson, Motorola dan Psion. Namun pada 24 Juni 2008, Nokia telah mengakusisisi seluruh saham Symbian Ltd ini.

  • BlackBerry Operating System

Jika machintos diterapkan khusus untuk produk apple, maka blackberry juga dikembangkan khusus pada perangkat produk yang diproduksi oleh perusahaan BlackBerry saja, yaitu perusahaan telekomunikasi asal Canada, Research In Motion (RIM). RIM menciptakan perangkat mobile dengan layanan push email dan mengembangkannya menjadi smartphone dengan fungsi teknologi tinggi seperti GPS, Wifi, Internet Mobile, dan lain sebagainya.

  • Android Operating System

Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Android Inc, dimana pada perkembangan selanjutnya perusahaan ini diakusisisi oleh perusahaan raksasa Google Inc. Meskipun milik perusahaan besar, android justru memberikan lisensi open source bagi siapa saja yang ingin mengembangkannya, oleh karenanya Android menjadi OS yang sangat booming dan meledak di pasaran. Sekarang androit juga telah bisa digunakan pada berbagai perangkat, baik pada handphone atapun komputer .

  • Palm Operating System

Palm OS adalah sistem operasi untuk perangkat digital yang memiliki cara kerja mirip dengan Microsoft Windows dan dikembangkan oleh PalmSource.Inc pada tahun 1996. Palm OS ditujukan untuk berbagai merk PDA (Personal Data Assistant).

  • Windows Mobile

Selain ada OS Windows untuk PC, microsoft juga menerbitkan sebuah sistem operasi untuk mobile. Jadi Windows Mobile adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan Microsoft dan dikhususkan penggunaannya untuk smart phone serta perangkat mobile. Pada perkembangan selanjutnya Windows Mobile ini juga dikenal dengan nama Windows Phone yang didesain mirip dengan Windows versi desktop , baik secara fitur dan tampilan.

  • MXI (Motion eXperience Interface)

MXI atau Motion eXperience Interface adalah sistem operasi mobile unirversal yang dapat dijalankan untuk aplikasi mobile seperti Windows, Linux, Palm dan Java.

  • iOS apple

iOS apple adalah OS yang masih satu family dengan machintos karena keduanya adalah milik Apple. Hanya saja kalau mac OS dikususkan untuk personal computer maka iOS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan dan hanya diaplikasikan untuk perangkat Apple Inc seperti pada iPhone, iPod Touch, iPad ataupun pada Apple TV.

  • webOS

webOS adalah sistem operasi milik Hewlett-Packard (HP) yang berbasis Linux dan pertama kali dikembangkan oleh Palm, digunakan pada produk-produk HP mulai dari smart phone, tablet, dan lainnya.

  • Bada OS

bada adalah sistem operasi smart phone yang diluncurkan perusahaan elektronik Korea bernama Samsung Electronics Co.Ltd

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa sistem operasi lain yang tersedia. Namun pada dasarnya secara garis besar semua itu adalah turunan dari sistem operasi yang sudah ada dan lalu dikembangkan sesuai kebutuhan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Operating System,wikipedia.org Diakses pada 20 Agustus 2014
[2] Pengertian da Jenis System Operasi, dimarangga wordpress.com Diakses pada 20 Agustus 2014
[3] Gambar ilustrasi,  Ffearnleyeducation.com Diakses pada 20 Agustus 2014

 

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here