Bagaimana Cara Mengatasi Komentar Spam pada Blog?

2
2217
Mengatasi SPAM pada BLog
Mengatasi SPAM pada BLog

Spam menjadi salah satu isitilah populer di dunia internet. Tidak harus memiliki blog, pengguna email akan terbiasa menemukan pesan masuk yang tidak diharapkan. Menurut wikipedia, spam adalah pengiriman pesan massal secara bertubi ke email atau saluran elektronik tertentu tanpa dikehendaki oleh pemiliknya. Spam tidak saja menimpa email, tetapi juga dapat menimpa blog, forum, mesin pesan dan wiki. Pesan Spam tidak saja disampaikan secara manual, tetapi juga dapat dikirimkan secara otomatis menggunakan mesin robot dijital [1].

Kehadiran spam cukup mengganggu blog. Masuknya spam dalam sebuah website juga merupakan indikator tidak amannya hosting atau server penyimpanan data website atau blog.  Bagi para blogger, spam juga menyebabkan kebolongan SEO berupa link keluar. Hal ini tentu akan merugikan jika spam terpublikasi dalam bentuk komentar. Tak jarang pemilik blog harus menyempatkan waktu untuk menghapus setiap spam yang masuk ke dalam komentar website.

Artikel lain: Tips SEO WordPress

Salah satu ciri khas spam adalah penyisipan pranala (link) sebagai bagian dari komentar. Tak jarang, spam juga menyisipkan pranala menuju website yang mengandung malware dan spyware. Secara umum, spam dianggap sebagai pengganggu. Pengelola mesin pencari, seperti Google dan Yahoo memberikan perhatian besar pada persoalan satu ini. Teknologi yang dikembangkan oleh Google, contohnya, mencoba semaksimal mungkin membatasi email yang dikirimkan secara massal ke alamat email yang beralamat @gmail.com

Bagaimana Cara Mencegah Komentar Spam?

1. Memasang Captcha pada fasilitas komentar blog

Captcha pada prinsipnya merupakan salah satu metode mencegah mesin atau robot memasukkan komentar secara acak dan otomatis melalui mesin fasilitas komentar pada blog. Captcha menjadi salah satu standar penting keamanan sebuah website. Dengan keharusan memasukkan karakter (berupa huruf, angka, atau kombinasi keduanya), mesin terhalang untuk memasukkan komentar secara otomatis. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah spam yang masuk.

2. Gunakan Fasilitas Komentar Pihak Ketiga

Saat ini, tersedia beberapa jenis layanan komentar yang dapat membantu mengatasi persoalan spam pada website atau blog. Disqus adalah salah satu mesin pengelolaan komentar yang cukup populer. Selain Disqus, blogger dapat menggunakan fasilitas integerasi komentar yang terintegerasi dengan media sosial, seperti facebook dan Google Comment. Facebook memberikan fasilitas dev agar pemilik blog dapat membuat kolom komentar yang terhubung dengan akun facebook. Google, dengan fasilitas Google Comment memungkinkan integerasi komentar dengan Google +. Integerasi blog dan website dengan media sosial memberikan keuntungan tersendiri, yaitu memudahkan penyebarluasan informasi.

3. Memasang plugin Akismet pencegah Spam

Akismet adalah plugin terpopuler bagi blogger, terutama pengguna blog dan web berbasis wordpress. Akismet bahkan menjadi salah satu plugin yang secara otomatis terinstall pada sebuah website saat content management system (CMS) wordpress selesai diinstall. Tidak hanya itu, beberapa CMS lain, seperti Ushahidi turut menggunakan akismet untuk mencegah masuknya spam ke dalam sebuah web.

Secara umum, penggunaan jenis-jenis langkah pencegahan spam tadi tidak 100% menghilangkan masuknya spam. Ketiga langkah di atas, secara umum hanya akan berfungsi mengurangi jumlah spam yang masuk. Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan teknologi penyebarluasan spam yang juga turut berkembang. Meski demikian, blogger harus punya cara mencegah spam.

Sumber Rujukan:

[1] Mengenal Istilah Spam. Wikipedia, diakses pada 20 Agustus 2014.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here