Biografi dan Pemikiran Pierre Guillaurne Frederic Le Play

0
3696
Pemikiran dan Biografi Pierre Guillaurne Frederic Le Play
Pemikiran dan Biografi Pierre Guillaurne Frederic Le Play

Le Play lahir di Perancis1806. Ia memang tak setenar sosiolog Perancis lainnya, seperti, Auguste Comte dan Emile Durkheim. Ia bersekolah pada bidang teknik dan bekerja sebagai insinyur pertambangan. Namun begitu, ia termasuk seorang ahli bidang sosial kemasyarakatan terkemuka abad 19.  Pada tahun 1856 ia mendirikan Société internationale des études pratiques d’économie sociale, semacam perkumpulan masyarakat internasional yang memiliki minat atas masalah social dan ekonomi. Ia mendirikan jurnal social yang terbit di tahun 1881. Tahun 1882 ia meninggal dunia.

Selama hidupnya Le Play telah menghasilkan karya kajian sosial, yaitu; European workers (1855), La Réforme Sociale 1864/social reform in france, L’Organisation de la Famille/the organization of the family 1871, the organization of labor (1872), La Constitution de l’Angleterre (bersama M. Delaire)1875.

Pemikiran dan biografi Frederic Le Play, pemikiran sosiologi, tokoh sosiologi
Frederic Le Play, Sumber Wikipedia.

Dalam bukunya l’organisation de la famille (1871), Le Play membedakan tiga tipe keluarga. Satu tipe patriakhal, sekarang dikenal sebagai keluarga patungan, dimana anak laki-laki yang telah menikah tetap tinggal serumah dengan orang tua. Dua tipe tak stabil, kini dinamakan keluarga inti atau konjugal, dimana semua anak yang telah menikah pindah dari rumah. Tiga tipe keluarga akar, dimana hanya satu anak laki-laki yang telah menikah saja yang masih tinggal bersama orang tua.

Selanjutnya Le Play menyusun ketiga tipe itu dalam urutan kronologis, dan menampilkan sejarah keluarga bangsa eropa yang lambat laun semakin mengecil, mulai dari klan (kaum) pada awal abad pertengahan (dalam arti kelompok keluarga besar), lalu menjadi keluarga akar pada permulaan jaman modern, hingga akhirnya berubah ke keluarga inti yang merupakan karakteristik masyarakat industri.

Le Play menganalisis keluarga sebagai unit sosial fundamental dari masyarakat. Organisasi keluarga ditentukan oleh cara-cara mempertahankan kehidupannya, mata pencaharian mereka. Hal ini sangat tergantung pada lingkungannya. Atas dasar faktor-faktor tersebut, maka dapatlah diketemukan unsur-unsur yang menjadi dasar adanya kelompok-kelompok yang lebih besar, yang memerlukan analisis terhadap semua lembaga-lembaga politik dan social suatu masyarakat tertentu.

Penelitian-penelitiannya terhadap masyarakat menghasilkan dalil bahwa lingkungan geografis menentukan jenis pekerjaan, dan hal ini mempengaruhi organisasi ekonomi, keluarga serta lembaga-lembaga lainnya. Dia menilai, anggaran belanja suatu keluarga merupakan ukuran kuantitatif bagi kehidupan keluarga sekaligus menunjukkan kepentingan keluarga tersebut.

Le Play dikategorikan sebagai sosiolog dengan mazhab geografi dan lingkungan. Mazhab ini menguraikan masyarakat manusia tidak bisa terlepas dari tanah atau lingkungan dimana masyarakat tadi berada. Pengikut-pengikut Le Play mengembangkan teorinya,  seperti karya dari E. Hutington tahun 1915 yang berjudul civilization and climate. Di dalam buku tersebut diuraikan bahwa mentalitas manusia ditentukan oleh factor iklim.***

 

Sumber tulisan;

[1] Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, 1992

[2] Peter Burke, Sejarah dan Teori Sosial, terj, 2001

[3] www.wikipedia.com/ Pierre-Guillaurne Frederic Le Play

[4] Ilustrasi hubungan manusia: Pixabay.com

[5] Foto Le Pay, Wikipedia.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here