Beberapa Cara Move On & Melupakan Sang Mantan

7
1868
Move On & Let her him go
Move On & Let her/him go!

Putus cinta bagi sebagian orang mungkin bukan merupakan kendala untuk tetap berteman dan bersahabat. Namun bagi sebagian lainnya putus cinta akan menjadi akhir dari sebuah hubungan karena kedua belah pihak, baik yang mencinta pun yang dicinta telah memiliki komitmen untuk “tak mau kenal lagi” dengannya. Terlepas dari itu semua, putus cinta memiliki kencenderungan sebagai sebab orang mengidap ‘galau’ dan sakit hatinya.

Lalu teraphy dan pengobatan seperti apa guna menyembuhkan para pengidap penyakit galau pun sakit hati itu? Yang pasti harus dilakukan adalah menghibur diri dan lalu berusaha melupakannya. Move on istilah kerennya. Berikut adalah beberapa solusi agar bisa cepat move on;

Hang Out Bersama Sahabat

Mungkin banyak orang mengatakan bahwa saran ‘hang out’ ataupun jalan-jalan bersama sahabat ini termasuk ‘klasik.’ Akan tetapi tak ada salahnya dilakukan karena banyak orang memiliki pengalaman ampuh dengan langkah ini, rasa kesepian akan sirna karena waktu kita telah terganti dengan kegembiraan bersama sahabat-sahabat terbaik.

Curhat & Sharing

Curhat ataupun sharing pastinya acap kita lakukan kepada sahabat terpercaya. Sebagai langkah awal bisa jadi dengan mengambil langkah ‘hang out’ tadi, di mana ketika sudah ‘hang out’ bersama kawan maka obrolanpun terjadi. Dari ngobrol & sharing ngalor-ngidul ada waktu kita guna mengutarakan sebuah masalah. Dan meski yang jadi patner curhat tak selalu bisa memberikan tanggapan positif ataupun mencarikan solusi, namun ini akan tetap menjadi langkah positif daripada dipendam sendiri masalahnya, karena minimal ada orang yang mendengar cerita kita, dan apa yang menjadi beban kitapun setidaknya akan berkurang dengan dikeluarkan pada sessi curhatan tadi.

Bagi yang tak memiliki sahabat terpercaya, curhat sejatinya tetap bisa dilakukan kepada orang tua ataupun saudara yang sehati. Namun ada yang butuh diketahui, jangan sampai curhat dilakukan di media sosial, karena hal itu justru bisa menimbulkan multi efek. Ada yang prihatin, namun bukan tidak mungkin ada pula yang justru malah tertawa bahagia, bahkan nyukurin setelah membacanya.

Hindari Stalking

Setelah diputus pacar, banyak yang tak mau menerima segala alasan yang terungkap. Sehingga banyak korban ‘putus cinta’ tetap kepo, selalu memantau akun media sosial sang mantan, stalking istilah kerennya. Stalking dilakukan sekedar mencari tahu sebab diputusin, sambil mendga-duga dan menelusuri barangkali ada pihak ketiga yang menjadi biang-keroknya.

Langkah stalking ini jelas kurang memberi manfaat positif karena hanya akan membuat selalu ingat sang mantan, dan tak jarang justru menimbulkan sumpah-serapah serta tak terhilangkan sikap sewot bahkan ‘uring-uringan.’ Oleh karenanya jauhi perbuatan kepo dan lalu memantau akun media sosial sang mantan. Ucapkan semboyan ‘forget it n just let her/him go!”

Buang Jauh Kenangan Bersamanya

Mengingat kembali kenangan -manis- bersamanya memang merupakan hal yang tiada ruginya, karena dari sana kita juga akan mampu memasang rambu-rambu tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan lagi. Akan tetapi bagi rasa galau dan sakit hati yang baru saja melanda, ini bukan waktu tepat untuk mengingat kenangan itu sebab hanya akan membuat sesak dan melukai perasaan saja. Jadi berusaha membuang jauh kenangan bersamanya adalah langkah tepat pada waktu selepas putus cinta.

Melakukan Kegiatan Baru

Bergabung pada komunitas baru ataupun beraktivitas pada kegiatan baru yang pada waktu sebelumnya belum pernah dilakukan akan dapat membantu untuk move on. Tantangan mengenal kepribadian orang baru menjadikan otak kita tak dipenuhi rasa benci ataupun dendam, secara otomatis kenangan masa lalu bersama sang mantan juga akan sirna.

Salurkan Hobby & Kegemaran

Kesenangan dan kegembiraan yang dihasilkan oleh aktivitas yang digemari akan dapat mendatangkan banyak manfaat, selain bisa cepat move on tetap ada nilai plus apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, yaitu mampu mendatangkan prestasi dan tentu saja menghasilkan uang yang tak sedikit jumlahnya.

Simpan Barang Peninggalan sang Mantan

Bak barang purbakala, adakalanya kita sangat menyayangi barang peninggalan sang mantan. Itu tiada salahnya. Namun ketika sudah putus, segera simpan barang-barang tersebut dari pandangan mata agar kita tak lagi gampang terkenang akibat selalu melihat wujudnya.

Bangkitkan Semangat & Buka Hati Bagi Orang Baru

Langkah sesungguhnya dalam move On adalah tak mau mengungkung diri dan sesegera mungkin melepaskan ketergantungan pada masa silam, dan lalu mengambil langkah seribu guna meraih yang ada di depan. Bisa diisi dengan cara menyibukkan diri pada satu kegiatan, konsentrasi pada sebuah karir, atau bisa pula dengan membuka hati bagi orang baru.

Selepas putus dengan pacar, rasa trauma -dan juga putus asa- pasti acap hinggap, itu bukan hal yang mustahil. Hanya saja tak bisa pula kita terus memanjakan rasa trauma yang ada. Jadi harus tetap semangat, segera cari kesibukan dan konsentrasi pada apa yang sedang dihadapi. Setelah sakit hati & galau mereda, baru bisa lirik kanan yang nyaman, atau lirik kiri yang baru, namun yang pasti harus tetap berakal sehat dan tak usah keburu nafsu. [uth]

Pranala Referensi;

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Media sosial yang bisa diakses menggunakan gadget memang bisa membantu kita dalam hal berkomunikasi dengan teman, sahabat, dan keluarga yang posisinya ada di jauh sana. Namun, keseringan mengakses sosial mediatak pelak justru akan membuat kita terasa resah dan gelisah, bahkan akan timbul rasa rendah diri.    Selain itu, menggunakan sosial media terlalu sering juga mampu membuat kesulitan kita dalam hal “move on” pada hal/orang yang seharusnya kita lupakan –karena keberadaannya akan mengganggu. [Baca juga: Beberapa Cara Move On & Melupakan Sang Mantan] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here