Tips Cara Menulis yang Baik untuk Blog

6
1325
Tips menulis artikel untuk Blog
Tips menulis artikel untuk Blog

Menulis menjadi salah satu hobi yang kian luas digemari. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), meberikan peluang lebih besar bagi setiap orang untuk menulis. Dunia 2.0 yang ditandai dengan ledakan informasi melalui fasilitas infomobilisasi massal melalui blog dan media sosial, membuka ruang bagi semakin banyak orang untuk menulis. Blog berkembang pesat, baik menggunakan fasilitas gratis maupun berbayar.

Menjadi penulis membutuhkan semangat, keuletan dan kejelian. Dari manakah sumber ide dalam menulis? Prinsip pertama dalam proses menulis adalah membaca. Tanpa membaca, penulis akan senantiasa kekurangan ide atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Adagiumnya: menulis adalah membaca. Adagium tersebut menunjukkan bahwa aktivitas menulis secara mutlak perlu didukung dengan aktivitas membaca untuk menghasilkan tulisan yang baik.

Menjadi penulis bukanlah hal singkat. Penulis perlu bersabar untuk menjalani proses menjadi penulis. Banyak unsur yang memengaruhi kualitas hasil tulisan, salah satunya adalah proses belajar, coba dan koreksi kesalahan. Terkait dengan pengelolaan blog, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami guna menghasilkan blog atau web pribadi yang memesona pengunjung. Berikut ini adalah tips yang dapat dicoba:

1. Pelajari bahasa dengan baik

Menyajikan konten yang baik sangat erat terhubung dengan kemampuan bahasa. Kemampuan bahasa menentukan cara penyajian suatu konten. Tema menarik tanpa struktur bahasa yang baik akan mengurangi kesan bagi pembaca. Tak jarang pembaca mengabaikan tulisan yang menggunakan bahasa tidak terstruktur dengan baik karena meragukan kredibilitas penulis. Belajar bahasa memang didapatkan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tambahannya, semakin banyak panduan berbahasa yang dapat ditemukan dan dipelajari melalui internet. Hal ini akan kian memerkaya kapasitas dan kemapuan blogger.

Upayakanlah untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan tetap mematuhi kaidah berbahasa Indonesia. Watak pembaca media online di Indonesia adalah pembaca cepat. Pembaca cepat umumnya menginginkan penyajian informasi secara ringan dan mudah dipahami. Hal ini tampak lewat cara berkomunikasi melalui sosial media. Komunikasi masa melalui media sosial terkadang identik dengan istilah tertentu yang memudahkan komunikasi. Namun, catatan utamanya adalah tetap patuhi kaidah bahasa. Menulis adalah bagian dari upaya menjaga bahasa Indonesia. Upaya untuk rajin memerhatikan kamus bahasa Indonesia menjadi salah satu hal penting. Saat ini Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat ditemukan dengan mudah pada beberapa portal atau website.

Artikel Pendukung lain: Bagaimana Menggunakan Bahasa Indonesia yang Benar?

2. Perbanyak Sumber Bacaan Atau Referensi

Membaca adalah menulis. Itulah prinsipnya. Penulis membutuhkan waktu untuk memerkaya wawasan. Wawasan dapat diperoleh melalui membaca karya orang lain. Penulis yang baik tak segan untuk mengapresiasi karya orang lain dengan cara membaca dan membuktikan kutipan jika merujuk baik buku maupun artikel online.  Membaca membuka cakrawala pemikiran dan pengetahuan. Dengan kecukupan referensi dengan membaca penulis blog akan mudah menemukan ide, membangun catatan pengetahuan yang luas dan menuliskan kembali dalam bentuk yang orisinal atau otentik. Membaca karya orang lain tentu bukan berarti menyalin keseluruhan artikel. Plagiasi adalah musuh bersama dalam dunia tulis menulis, buku maupun blog. Blogger sering sekali merasa jengkel akibat tulisan yang disalin penuh tanpa memberikan kredit penghormatan pada penulis dengan mencantumkan sumber.

Aktivitas membaca juga memerkaya pengetahuan. Semakin kaya pengetahuan akan lebih memudahkan orang berikir logis, mengurutkan informasi secara sistematis dan menghubungkan satu informasi dengan informasi lainnya. Semakin sedikit membaca, maka semakin sempit pula ide yang akan dimiliki oleh penulis.

3. Bangun Karakter Tulisan

Setiap penulis memiliki karakter masing-masing. Setiap orang dengan pelbagai faktor yang menentukan, akan memiliki gaya menulis tersendiri. Kemiripan pada tulisan tetap akan bisa dibedakan dengan tulisan lain yang dihasilkan oleh orang lain. Karakter tulisan akan membuat pembaca kian mudah memahami, terutama pembaca yang berlangganan informasi.

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here