Inilah Daftar Tempat Wisata di Provinsi Lampung [1]

3
1666
Lokasi Wisata Lampung, tempat wisata lampung
Lokasi Wisata Lampung

Lampung merupakan pintu Pulau Sumatera dari Jawa jika menggunakan angkutan darat yang disambung dengan modus angkutan laut. Penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi penghubung penting dua kepulauan dengan penduduk terpadat: Sumatera dan Jawa. Lampung berada di Zona paling selatan dari Pulau Sumatera. Sebelum menjadi provinsi mandiri, wilayah Lampung masuk ke dalam kawasan Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi Lampung baru terbentuk pada 18 Maret 164 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 3/1964. Pengesahan Lampung sebagai sebuah provinsi ditegaskan dalam Undang-undang nomor 14 Tahun 1964.

Seperti kawasan Indonesia lainnya, lampung memiliki daya tarik pariwisata tersendiri. Wisata budaya juga tak kalah banyak dibandingkan dengan wisata lokasi. Lampung memiliki kebudayaan unik yang dapat dinimikmati sebagai sajian kebudayaan. Meski saat ini Lampung ditinggali oleh masyarakat multi-etnis, namun pelbagai anasir kebudayaan asli Lampung akan mudah ditemukan.

Berkunjung ke Lampung Anda akan mudah menemukan pelbagai tempat eksotis untuk dikunjungi dan dinikmati. Perjalanan wisata ke lampung bisa dilakukan secara mandiri, atau dengan bantuan biro wisata. Berikut ini adalah daftar beberapa tempat wisata umum yang dapat dikunjungi di Lampung:

1. Danau Ranau

Lokasi Wisata Lampung, Danau Ranau, Tempat Wisata Lampung
Danau Ranau. Sumber Nilam Sari Saputri. Flickr

Danau ranau berada di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Danau ini merupakan bentukan dari gempa dan ledakan vulkanik yang membentuk cekukan yang cukup luas. Danau seluas 44km2 ini sudah dikelola sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal. Pengunjung dapat berkeliling danau ini dengan menyewa kapal dengan biaya berkisar Rp.100.000,-. Selaian berkeliling, pengunjung dapat pula mencoba wisata tangkap ikan. Kesuburan danau ini menjadikannya cukup kaya akan ikan segar. Wisatawan dapat mencoba memancing atau mencari ikan di lokasi ini.

Pemandangan Gunung Seminung yang menjulang tinggi menjadi bagian elok dari lokasi wisata ini. Ranau merupakan sebutan bagi beberapa jenis semak belukar yang tumbuh di sekitar danau.

2. Pantai Pasir Putih 

Pantai pasir putih adalah salah satu lokasi favorit untuk berisata. Pantai ini berjarak 20 KM dari Ibu Kota Lampung, Bandar Lampung. Jarak yang relatif dekat dan waktu tempuh (sekitar 20 menit) dari Ibu kota menjadikan lokasi ini menjadi salah satu favorit lokasi bagi para pelancong domestik maupun asing. Bagi masyarakat lokal, pantai ini menjdi salah satu pilihan wisata. Hal ini yang membuat lokasi ini akan dikunjungi banyak orang terutama saat akhir pekan.

[Baca juga: Daftar Lokasi Snorkeling di Bali]

Wisata lumba-lumba Teluk Kiluan
Lumba-lumba. Sumber Wikipedia

3. Teluk Kiluan Lampung 

Bagi pecinta lumba-lumba, teluk ini menjadi tempat wisata yang cocok. Sebagai salah satu habitat alami lumba-lumba, Teluk ini menjanjikan pengalaman wisata yang berbeda dengan lokasi yang lain. Pengunjung dapat menyaksikan atraksi dan aktivitas alamiah mamalia yang jinak dan bersahabat dengan manusia ini. Berbeda dengan lokasi lain yang menawarkan lumba-lumba dijinakkan, lokasi ini menawarkan pengalaman langsung bertemu dengan mamalia laut di alam terbuka. Mamalia laut ini, meski demikian, tidak akan muncul sepanjang tahun dan waktu. Musim kemarau menjadi waktu yang aling cocok untuk menyaksikan mamalia pintar ini. Situasi cuaca sangat menentukan kehadiran mamalia ini menyambut wisatawan. Calon pelancong perlu memerhatikan dengan seksama waktu ini saat memutuskan untuk berkunjung ke Teluk Kiluan.

Lokasi wisata lampung, wisata way kambas,
Badak di Lokasi Way Kambas

4. Taman Way Kambas

Taman nasional Way Kambas menjadi salah satu lokasi yang sudah cukup dikenal oleh orang Indonesia. Taman ini identik dengan gajah sebagai daya tarik utama.  Lokasi wisata ini dikenal sebagai salah satu tempat konservasi gajah terbesar di dunia. Di lokasi ini, beberapa jenis hewan pun masuk ke dalam perlidungan. Hewan yang berada di lokasi ini umumnya adalah hewan yang terancam punah, seperti badak dan harimau Sumatera. Tempat wisata ini pun tidak terlalu sulit dijangkau. Pelancong hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi konservasi ini. Pelbagai atraksi hewan juga ditawarkan, seperti sepakbola gajah. Pengunjung juga dapat berkeliling kawasan konservasi dengan mengedarai gajah.

Sumber Rujukan :

[1] Gambar Lumba-lumba, Wikipedia. Diakses pada 24 Agustus 2014

[2] Gambar Badak, Wikipedia. Diakses pada 24 Agustus 2014

 

 

 

 

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here