Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap demi Penampilan Prima

4
11521
Cara Perawatan Kulit Leher
Cara Perawatan Kulit Leher

Aroma tubuh dan bau badan yang tak sedap menjadi hal yang mengganggu dan menjadi perkara sensitif bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang bekerja sebagai publick servicer. Sebut saja pekerja rumah sakit serta pekerja hotel, mereka dituntut profesional dalam melayani pasien ataupun tamu-tamunya. Profesionalisme itu bukan saja ditunjukkan pada kinerjanya yang cekatan ataupun cepat tanggapnya dalam melayani kemauan pelanggan. Lain dari itu adalah juga appearance alias penampilan mereka yang tak bisa lepas dari perhatian, di dalamnya tentu saja termasuk bau badan.

Bagi para pekerja rumah sakit serta hotel, bau badan tak sedap tentu akan menimbulkan citra buruk bukan saja secara personal, namun juga citra buruk bagi instansi tempatnya bekerja. Oleh karena itu Rumah Sakit dan Hotel yang baik adalah yang tetap menjadikan karyawannya juga sebagai aset dan tak sebatas “pekerja” saja, misalnya yaitu dengan cara tetap merawat dan memberikan training rutin pada jangka waktu tertentu kepada semua karyawannya.

Dalam training rutin tersebut ada banyak hal yang disampaikan oleh sang trainer kepada audience, tak terkecuali adalah mengenai aroma tubuh yang tak sedap tadi.

Pemicu & Penyebab Bau Badan

Hanya mulut dan daun telinga bagian tubuh luar manusia yang tak berkeringat. Sehingga ada benarnya ketika banyak yang bilang bahwa menjadi manusia sehat adalah yang bisa mengeluarkian keringat, karena sebagian besar keringat bisa dilahirkan dari kalori tubuh. Namun perlu disadari bahwa ketika keringat itu berlebihan dan mengeluarkan bau tak sedap, butuh kejelian tersendiri untuk kita mengatasinya.

Bau badan ada juga acap dibahasakan sebagai bromhidrosis (bromidrosis), osmidrosis, dan ozochrotia yang memiliki definisi bakteri pada tubuh. Bakteri akan bertambah jumlahnya secara cepat karena kehadiran keringat, sementara secara detil keringat sendiri dihasilkan oleh 2 kelenjar yang memiliki fungsi berbeda, yaitu kelenjar accrine dan apocrine.

Kelenjar Accrine

Kelenjar accrine disebut juga sebagai “kelenjar keringat luar,” yaitu kelenjar yang tidak mempunyai bau dan sudah diproduksi sejak bayi. Kelenjar accrine berperan dalam menghasilkan kelenjar bening. Tempat-tempat yang menghasilkan kelenjar keringat luar ini antara lain ada pada telapak tangan, dahi, dan juga punggung.

Kelenjar Apocrine

Kebalikannya dari kelenjar accrine, kelenjar apocrine adalah ‘kelenjar keringat dalam’ yang akan memunculkan aroma tak sedap apabila bercampur dengan bakteri. Beberapa tempat yang menghasilkan kelenjar apocrine ini berada di daerah tubuh yang mempunyai rambut, antara lain pada hidung, ketiak, dan juga kemaluan. Produksi kelenjar keringat dalam ini akan nampak meningkat pada masa pubertas.

Overweight

Aroma badan tak sedap memang sebagian besar berasal dari keringat pada tubuh. Namun tak bisa juga dengan serta-merta kita memfokuskan perhatian pada keringat lalu melupakan faktor penyebab lainnya, sebab berat badan yang berlebihan (overweight) juga menjadi alasan bau badan kita tak sedap.

Jenis Makanan & Lalapan Tertentu

Selain keringat dan berat badan, ada pula jenis makanan tertentu yang mampu mengakibatkan badan kita bau, diantaranya adalah bawang, petai, ataupun jengkol. Pada pete dan jengkol mungkin banyak orang hanya mengira menyebabkan air kencing bau, namun sejatinya selain air kencing, keringat yang ditimbulkan darinya juga mengakibatkan tak enak aroma badan kita.

Terlepas dari itu semua, hal yang butuh lebih diperhatikan ada pada kelenjar keringat bagian tubuh kita. Khusus pada wanita dibutuhkan usaha ekstra dibanding pria, karena kaum hawa memiliki kelenjar apocrine yang lebih produktif 10 kali lipat dibanding pria. Untuk mengatasinya, ada dua pola yang bisa kita terapkan, yaitu dari luar tubuh baik dengan cara mandi ataupun mengoleskan deodoran, ataupun dari dalam tubuh, misalnya mengonsumsi (makan ataupun minum) ataupun menghindari beberapa makanan pun minuman.

Cara Menghilangkan Bau Badan Dari Luar

  • Mandi secara teratur
    Aturan kesehatan menganjurkan mandi dua kali selama satu hari. Mandi dengan air bersih secara teratur itu selain membuat tubuh segar, juga mampu menggelontorkan sisa-sisa keringat dan juga daki yang menempel pada tubuh, sehingga bau yang ditinggalkan secara otomatis langsung bisa terbuang.
  • Jeruk nipis dan kapur sirih
    Jeruk nipis dan kapur sirih dapat dipadukan untuk mengurangi aroma tubuh yang tak sedap, yaitu dengan cara memeras jeruk nipis dan lalu diambil airnya, kemudian hasilnya dicampurkan dengan kapur sirih dan selanjutnya digosokkan pada bagian tubuh yang memproduksi keringat berlebih, sebagai contoh pada bagian ketiak.
  • Mentimun
    Setelah melakukan aktivitas mandi, mengosokkan mentimun yang telah dikupas pada bagian tubuh yang menimbulkan bau tak sedap mampu mengurangi aroma tubuh yang tak enak.
  • Daun sirih
    Sirih dapat digunakan untuk mengusir aroma tak sedap baik dari luar ataupun dari dalam. Untuk dari dalam, 30 lembar daun sirih bisa direbus lalu rebusan air tadi dicampurkan air dingin/hangat pada bak mandi dan selanjutnya digunakan untuk mandi.
  • Cengkih & daunnya
    Cengkih juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang tak sedap pada badan, yaitu dengan cara merebus cengkih -dan daunnya- dan kemudian air hasil rebusannya di oleskan pada tubuh yang berbau tak sedap, diantaranya pada ketiak.
  • Jahe
    Sebagaimana mentimun, jahe juga mampu mengurangi bau tak sedap pada tubuh yaitu dengan cara mengosokkan jahe -yang telah diparut- pada bagian tubuh yang menimbulkan aroma tak sedap.
  • Kemangi
    Kemangi merupakan daun yang multifungsi, selain enak untuk dijadikan lalapan dan juga bahan makanan (jenis makanan trancam misalnya), bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan kita, salah satunya adalah dengan cara acap menggosokkan ataupun mengoleskannya pada bagian kemaluan wanita. Ini menjadi salah satu tips juga bagi wanita untuk membahagiakan pasangannya.
  • Berpakaian tepat
    Mengenakan pakaian secara nyaman selain menjadi bagian dari mode & fashion juga merupakan cara mencegah bau tak sedap pada tubuh. Misalnya mengenakan pakaian yang berbahan kain katun, maka hal ini akan membuat keringat menguap secara cepat karena pakaian juga akan mudah menyerapnya. Tak sebatas pada kain katun saja, namun yang lebih penting adalah jangan terlalu sering mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan sempit, terutama pada bagian kemaluan ataupun ketiak.
  • Memakai deodoran
    Menggunakan deodoran dan parfum yang kita gemari bukan saja membuat harum dan percaya diri, karena hal ini juga menjadi kiat agar badan tetap segar dan keringat juga berkurang.
  • Mengoleskan bedak
    Serupa dengan memanfaatkan parfum pun deodoran, mengoleskan bedak pada bagian tubuh tak bisa diremehkan karena hal itu kenyataannya mampu membuat banyak perbedaan, salah satunya adalah mengurangi bau badan kala musim panas.

Cara Mengurangi Bau Badan Dari Dalam

  • Daun sirih
    Selain sebagai cara dari luar, daun sirih juga bisa dijadikan untuk menghilangkan aroma tubuh tak sedap dari dalam diri. Yaitu dengan cara merebus sejumlah 3 sampai 5 lembar daun sirih pada 2 gelas air, lalu setelah mendidih biarkan saja. Ditunggu hingga tinggal menyisakan satu gelas saja, dan setelah hangat segera minum air daun sirih yang telah direbus tadi.
  • Kemangi
    Sebagaimana daun sirih, kemangi selain bisa mengurangi bau badan dari luar juga bisa dimanfaatkan sebagai pengurang aroma tubuh tak sedap dari dalam diri. Dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin baik sebagai lalapan ataupun sayuran, maka bau badan tak sedap juga bisa berkurang.
  • Jahe
    Dari luar diri jahe bisa digosokan pada sumber bau tubuh yang tak sedap. Namun dari dalam diri kita juga bisa mengonsumsi wedang jahe secara rutin karena selain mampu menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki khasiat menghilangkan bau badan tak sedap.
  • Cengkih dan daunnya
    Cengkih adalah rempah khas Indonesia yang mudah didapatkan dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan, yaitu dengan cara merebus beberapa cengkeh ataupun daunnya, kemudian air hasil rebusan tersebut diminum. Apabila merasa kurang enak, bisa pula menambahkan gula ke dalamnya.
  • Bunga kecombrang
    Bunga kecombrang merupakan salah satu bunga yang sangat cantik dan indah di mata. Selain sebagai penyegar mata, bunga kecombrang sejatinya juga bisa dimanfaatkan sebagai pengurang bau badan, yaitu dengan merebusnya lalu dikonsumsi bareng makanan kita sehari-hari.
  • Temulawak
    Temulawak bisa mengurangi aroma tubuh tak sedap yaitu dengan cara memarutnya, kemudian diperas laiknya santan dan perasan tersebut lalu direbus hingga mendidih. Rebusan air temulawak tadi kemudian diminum. Agar rasanya semakin nikmat, jangan lupa juga tambahkan madu sebelum mengonsumsinya.
  • Daun beluntas
    Daun beluntas bisa juga dimanfaatkan untuk mengurangi bau badan, yaitu dengan cara mengonsuminya, baik direbus sebagai sayuran ataupun sekedar dikukus sebagai lalapanpan

Mengurangi Burket & Basket

Mengeluarkan keringat adalah hal yang tak bisa dihindari. Namun bukan berarti kita tak bisa apa-apa, karena kita tetap bisa menyelamatkan bagian lain agar penampilan kita juga tak terganggu, baik itu dari pakaian ataupun anggota tubuh yang kita punya. Memang sebagian ada yang tetap membiarkan pun memelihara aroma yang timbul dari ketiak karena memberikan manfaat daya tarik pada pasangan. Akan tetapi bagi mereka yang tetap hendak menghilangkan atau mengurangi bau keiak, berikut adalah cara menyelamatkan bubur ketek atau yang dikenal juga dengan istilah burket dan juga basah ketek yang ngetrend dengan sebutan basket.

Mengenakan parfum & deodoran

Deodoran dan parfum memiliki fungsi guna mengurangi keringat yang berlebih. Namun dalam mengaplikasikannya kita juga harus memahami ketepatan, karena bukan tidak mungkin deodoran yang kita pakai justru malah menyebabkan pakaian menjadi “berwarna,” khususnya pada bagian ketiak. Jika hal itu terjadi, sudah tentu ‘basket’ akan jelas nampak. Oleh karenanya pastikan daerah ketiak serta deodoran yang kita kenakan benar-benar kering agar basket ataupun burket sirna.

Memerhatikan makanan & minuman

Konsumsi makanan serta minuman tak bisa hanya memanjakan keinginan kita. Lain dari itu ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan, selain penyakit yang ditimbulkan bisa juga pertimbangan itu ada pada faktor timbulnya keringat. Sebagai contoh adalah makanan dan minuman panas, jenis makanan yang pedas (spicy foods), dan juga minuman berenergi (suplemen) serta yang terlalu banyak kafein. Tak banyak yang sadar bahwa semua itu mampu menjadi pemicu bertambahnya produksi keringat pada tubuh kita.

Memilih warna pakaian

Ada warna baju yang tak selalu cocok dengan suasana kita. Misalnya warna hitam tak tepat jika dikenakan di lapangan ataupun di tempat panas tersengat matahari, karena warna hitam benar-benar menyerap panas. Akibatnya keringat mudah terpicu keluarnya.

Memilih mode & jenis pakaian

Menjadi modis adalah kebahagiaan tersendiri, apalagi bagi pekerja yang mengharuskan penampilannya selalu modis. Hanya saja ada yang perlu diperhatikan bahwa model pakaian juga mampu memengaruhi munculnya keringat. Jadi kurangi mengenakan baju ketat, dan pilih saja pakaian yang modenya agak longgar, terutama di bagian ketiak. Jangan keseringan juga mengenakan baju yang bahannya tebal. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] Bau Badan, baubadan.com. Diakses pada 27 Agustus 2014

[2] Gambar No More Body Odor Trouble. Diambil dari www.skincarebeautyzone.com Diakses pada 27 Agustus 2014

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Tatkala hujan tak kunjung reda, merekapun memutuskan untuk membuat perapian guna menjaga agar kondisi badan tak menjadi kedinginan. Saat sebagian membuat api unggun, sebagian lainnya mencari bahan-bahan yang bisa dikonsumsi sebagai asupan makanan. Ubi dan buah-buahan menjadi sasaran utamanya.       Pada kondisi tersebut, ada satu petani yang coba-coba mengunyah bahan makanan lain berujud dedaunan. Hal itu bertujuan agar hawa dingin tak begitu terasa dan mulutpun juga ada kegiatannya. Hingga akhirnya, dikunyahlah jenis rerumputan kecil yang lama-kelamaan tanpa disadari rumput tersebut mampu memberikan efek hangat pada badannya. […]

  2. […] Acapkali ada aroma tak sedap dalam lemari es yang kita miliki. Hal itu tentu saja mengganggu kenyamanan yang ada, apalagi sehubungan banyak makanan yang kita taruh di sana. Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai salah satu solusi terbaiknya adalah dengan meletakkan ampas kopi pada sebuah wadah, bisa piring, gelas, ataupun mangkuk, selanjutnya dimasukkan ke dalam lemari pendingin yang beraroma tak sedap tersebut. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here