Inilah Daftar Tempat Wisata di Bandung

2
1719
Gunung Tangkuban Perahu tempat wisata bandung
Penampakan Gunung Tangkuban Perahu

Indonesia kaya akan tempat wisata. Di manapun Anda berkunjung, anda akan dengan mudah menemukan tempat wisata yang menjadi ciri khas dari setiap daerah. Lokasi wisata tidak semata berupa kawasan atau lokasi yang menyajikan keelokan alam, tetapi juga menyajikan kebudayaan dan kuliner. Kekayaan inilah yang menjadi salah satu kekuatan ekonomi Indonesia jika dapat dikelola dengan baik.

Bandung adalah salah satu daerah penting di pulau Jawa. Kekayaan tempat wisata Bandung dapat disejajarkan dengan beberapa tempat lain, seperti Bali dan Yogyakarta. Setiap daerah Indonesia memiliki kekayaan dan kekhasan masing-masing. Perjalanan menelusuri kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia tidak akan habis dalam waktu 1 tahun. Menjelajahi Indonesia adalah menelusuri ruang yang cukup luas. [baca juga: Daftar Lokasi Wisata di Lampung].

Bandung dikenal sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat. Meski demikian, kata Bandung tidak menunjukkan tempat yang tunggal. Selain kota Bandung, terdapat pula Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat sebagai wilayah administratif yang menggunakan kata Bandung. ketiga wilayah ini memiliki kekhasan masing-masing terkait dengan potensi pariwisata. Kabupaten Bandung Barat adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Bandung pada Tahun 2007.

Tulisan ini akan merangkum kata Bandung sebagai titik untuk menunjuk lokasi atau tempat wisata. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata di Bandung.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Orang Indonesia tentu tak asing dengan hikayat Sangkuriang. Cerita ini melegenda dari generasi ke generasi. Kisah sejarah terbentuknya gunung nan indah ini dipoles dengan pesan moral ketaatan pada prinsip sosial. Objek wisata ini berada 20 KM dari kota Bandung. Gunung berapi yang masih aktif ini tepatnya berada di kawasan Lembang. Kisah Sangkuriang menyebutkan bahwa gunung ini adalah penjelmaan dari sebuah perahu yang ditendang Sangkuriang. Kepercayaan ini muncul, salah satunya, mengingat bentuk gunung ini yang menyerupai perahu terbalik. Tempat ini menyajikan kawah apik untuk dilihat dan dijadikan objek fotografi.

2. Observatorium Bosscha

Masih dari lembang, Observatorium Bosscha menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Bagi pelancong yang tertarik dengan pemandangan langit, tempat ini dapat menjadi pilihan lokasi wisata, Gedung peninggalan Belanda ini dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV). Terletak 15 KM dari Kota Bandung, lokasi ini telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya sejarah. Bosscha juga telah ditetapkan sebagai salah satu objek vital sejarah negara. Dengan Status ini, tempat wisata ini akan dipelihara secara ketat. Sebelum berkunjung ke tempat ini, ada baiknya pelancog memastikan waktu buka tempat ini. Biasanya, rombongan wisata harus terlebih dahulu mengajukan izin atau permohonan kunjungan untuk dapat masuk ke dalam fasilitas ini.

3. Saung Angklung Udjo

Angklung Udjo Lokasi Wisata Bandung Tempat Wisata Bandung
Angklung 

Tempat ini menyajikan wisata budaya. Bagi pelancong yang tertarik dengan pertunjukan angklung dapat menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi wisata penting. Saung Angklung Udjo merupakan tempat pertunjukan angklung. Di sini pelancong dapat melihat proses pembuatan dan belajar angklung secara langsung.

4. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Objek Wisata Bandung
Museum Geologi. Sumber Wikipedia

Museum Geologi adalah tempat wisata belajar yang cukup menarik. Tempat wisata ini sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Tempat yang  menyajikan pelbagai materi geologis ini didirkan pada 16 Mei 1928. Pelbagai anasir geologis seperti bebatuan, fosil, mineral dan prototipe pertambangan dijadikan di museum ini. Jika anda kewalahan memahami pelbagai hal di museum ini, terdapat beberapa guide wisata yang bersedia menemani Anda. Tentu saja ada tips yang harus dibayarkan kepada mereka.

Sumber Rujukan:

[1] Foto Gunung Tangkuban Perahu. Tanti Ruwani, FLickr.com. Dilisensikan di bawah CC BY 2.0. Diakses pada 27 Agustus 2014.

[2] Gambar pemainan Angklung. Inna Dee, Flick.com. Dilisensikan di bawah CC BY 2.0. Diakses pada 27 Agustus 2014.

[3] Gambar Museum Geologi Bandung, Wikipedia. Dilisensikan sebagai public domain. Diakses pada 27 Agustus 2014.

 

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here