Inilah Lokasi Wisata Menarik di Bengkulu

3
2112
Lokasi Wisata Bengkulu, tempat wisata,
Inilah Lokasi Wisata Bengkulu.

Bengkulu pada zaman Soeharto dikenal sebagai provinsi termuda setelah Timor-timur. Provinsi ini dikenal luas karena terhubung erat dengan kisah perjuangan kemerdekaan. Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno, pernah diasingkan di Provinsi ini. Rumah pengasingan Bung Karno masih tegak di daerah Anggut, Kota Bengkulu.

Bengkulu juga kaya akan lokasi wisata. Wisata alam, budaya dan kuliner dapat ditemui di provinsi ini. Beberapa lokasi tersebut dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum atau dengan kendaraan sewaan bagi pelancong yang tidak membawa kendaraan sendiri. Tempat wisata yang berada di sekitar kota Bengkulu dapat dijankanu dengan mudah. Meski harus bertanya, angkutan kota (angkot) dapat ditemui dengan mudah di kota ini. Perlu jadi catatan, umumnya lokasi wisata di Bengkulu tidak buka hingga malam. Jika Anda bepergian, perhitungkanlah waktu dengan matang.

[Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Lampung #1]

1. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough tempat Wisata Bengkulu
Benteng Marlborough Lokasi Wisata Bengkulu

Bengkulu memiliki sejarah dijajah oleh kolonial Ingris. Hal ini ditandai dengan peninggalan benteng Marlborough yang dibangun pada tahun 1713-1719. Benteng ini didirikan oleh East India Company pada masa pemerintahan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini berlokasi strategis dengan menghadap Samudera Hindia. Menghadap teluk yang bisa dijadikan pendaratan perahu dan kapal laut, benteng ini memiliki peran strategis dalam pertahanan. Benteng kokoh ini memiliki jalan bawah tanah yang terhubung dengan Pantai Tapak Paderi. Belanda turut memergunakan benteng ini pada saat menjajah provinsi ini.  Meski telah berdiri cukup lama, benteng ini masih terawat cukup baik.

2. Pantai Panjang

Pantai panjang menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Provinsi Bengkulu. Penamaan pantai panjang cukup tepat mengingat hamparang pantai yang membentang di bagian  barat provinsi ini. Diperkirakan pantai ini terbentang sepanjang 7 KM. Pemandangan pantai ini cukup bagus pada saat matahari tenggelam (Lihat foto Ilustrasi). Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai lain di Indonesia. Cerita rakyat tentang misteri Putri Gading Cempaka menjadi salah satu bumbu pada pariwisata di Pantai ini.

[Baca Juga: Daftar Lokasi Snorkeling di Bali]

3. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah pengasingan Bung Karno menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar wisata sejarah. Rumah ini terletak di Jalan Soekarno Kelurahan Anggut atas. Tidak sulit mencapai rumah ini mengingat letaknya yang tepat di tengah kota Bengkulu. Lokasi tidak terlalu jauh dari Jl. Jendral Soeprapto yang merupakan pusat kota. Rumah tersebut menjadi saksi masa pengasingan Soekarno di Bengkulu. Belanda menyewa rumah tersebut dari seorang saudagar Tionghoa bernama Lion Bwe Seng. Pengasingan di Bengkulu ini dijalani oleh Soekarno pada 1938-1942.

 4. Pulau Tikus

Pulau Tikus, begitulah masyarakat Bengkulu menyebur pulau kecil yang dikelilingi oleh beberapa gugusan pulau kecil lainnya. Pulau ini cocok untuk dikunjungi bagi penggemar wisata bahari. Pelancong dapat menjangkau pulau ini menggunakan PSeed Boat melalui pelabuhan Pulau Bai. Bagi yang menyukai tantangan lautan dapat juga menggunakan perahu nelayan dari Pantai Tapak Paderi.

Sumber  Rujukan:

[1] Gambar Pantai Panjang. Anggrandaiz Harahap 2010. Flickr.com

[2] Benteng Marlborough. Flickr.com.

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here