Menggunakan Google Trend untuk Perencanaan Bisnis Online

4
2209
Google Trend untuk Perencanaan Bisnis, membuat rencana Bisnis
Google Trend untuk Perencanaan Bisnis

Riset pasar menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis. Riset pasar tidak hanya dilakukan  saat menyusun perencanaan bisnis, tetapi terus menerus saat bisnis sudah dijalankan. Riset pasar dulu tergolong sebagai salah satu pendekatan yang “wah” dalam perencanaan bisnis. Tidak semua orang dapat menggunakan pendekatan berbasis data ini saat memulai, mengevaluasi atau mengembangkan bisnis. Riset pasar dan tren pasar yang umumnya membutuhkan biaya cukup besar tidak dapat dilakukan oleh semua pengusaha. Upaya ini umumnya hanya dapat dilakukan oleh pengusaha bermodal besar saja, tidak oleh pengusaha kecil.

Pemetaan trend di dunia internet menjadi salah satu kebutuhan penting saat menyusun rencana binis atau pengembangan bisnis. Hal ini lebih berlaku bagi penguasaha atau bisnis yang mengandalkan media online sebagai corong pemasaran. Pemetaan trend membantu pebisnis untuk melihat kecenderungan pasara pada satu periode. Peta kecenderungan ini menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam penyusunan rencana kerja bisnis.

Pemetaan trend yang dulu menjadi inisiatif yang mahal kini mulai dapat dilakukan oleh siapa pun. Pelbagai aplikasi dan sistem online kini menyediakan alat untuk memetakan trend atau perbincangan yang hangat di media sosial, situs berita dan blog. Beberapa alat juga mampu memberikan gambaran seberapa banyak sebuah kata kunci (Keyword) digunakan oleh pengguna internet dalam periode waktu tertentu.  Google, sebagai salah satu penyedia layanan berbasis internet terkemuka, kini telah menyediakan fasilitas guna membantu pemetaan tren di inernet. Alat kerja itu dinamai Google Trend.

Apa Itu Google Trend?

Google Trend pada prinsipnya adalah sebuah layanan dari Google yang disediakan secara gratis untuk memeriksa popularitas sebuah kata kunci (keyword atau query) di kalangan pengguna internet. Layanan berbasis web ini mengkalkulasi nilai sebuah kata kunci berdasarkan volume penggunaan kata kunci tersebut. Penggunaan kata kunci dapat diperiksa berdasarkan durasi waktu atau lokasi tertentu. data yang disediakan ini menggambarkan kecenderungan pembicaraan di dunia maya. Di kalangan pengelola website atau situs pemasaran, penggunaan alat ini sangat penting guna memetakan kata kunci apa yang harus dikejar agar website yang dikelola masuk ke dalam laman pertama mesin pencari. Pada konteks ini, strategi SEO menjadi strategi lanjutan.

Bagaimana Menggunakan Google Trend untuk Perencanaan Bisnis?

Layanan Google Trend disusun dengan konsep ramah pengguna. Menu dan layanan yang disediakan cukup mudah dipahami sehingga pengguna tidak kesulitan untuk langsung menyesuaikan diri dengan layanan satu ini. Pengguna umum dapat juga menggunakan layanan bantuan (help) apabila kesulitan dalam penggunaan alat kerja ini.

Cara kerja sederhana tersaji melalui alat ini. Pengguna cukup memasukkan kata kunci yang ingin diperiksa. Google akan menampilkan beberapa data yang relevan dengan kata kunci tersebut. Pengguna dapat mencari beberapa kata kunci secara sekaligus sehingga dapat membandingkan popularitas satu kata kunci dengan lainnya. Hal ini akan sangat membentu dalam pemetaan kata paling tepat yang akan digunakan sebagai kunci bisnis yang akan dikembangkan.

Selain fasilitas pencarian kata kunci secara berantai, Google Trend juga menyediakan fasilitas pemetaan berdasarkan waktu dan lokasi. Pengguna dapat menyetel agar analisa dilakukan untuk kurun waktu tertentu atau di negara tertentu. Metode ini akan sangat membentu untuk menentukan perubahan trend, sekaligus wilayah potensial guna menggenjot angka penjualan atau penetrasi produk ke tengah pasar pengguna internet.

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Perkembangan berita di media digital dewasa ini semakin memperlihatkan kecenderungan terjadinya peningkatan, utamanya jika dilihat dari segi kuantitas. Bukan saja didominasi oleh media-media yang telah mapan dan memiliki nama populer sebagai penyebar berita, akan tetapi yang tak kalah banyak adalah tumbuhnya pemain-pemain baru penyebar berita yang memanfaatkan fasilitas di dunia digital ini. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here