Kepala Ular yang Terpenggal Masih Bisa Menggigit dan Menebarkan Racun

33
15835
Ular Yang Telah Terpenggal Kepala Masih Mampu Menggigit
Ular Yang Telah Terpenggal Kepala Masih Mampu Menggigit

Ular adalah binatang melata yang bagi sebagian orang mampu dijadikan sebagai sarana penunjang kehidupan sehari-hari, misalnya bagi ternak ular, tukang masak makanan ekstrim, penari ular, dan juga pawang ular, mereka bisa hidup tentu berasal dari hasil yang diperoleh dari menekuni profesinya itu.

Jinak namun galak

Di dunia pertunjukan, selain sirkus, ular juga dikemas menjadi bahan pertunjukan sulap. Binatang ini tak jarang mampu menimbulkan tepuk-tangan dan sorak sorai penonton dan menjadi kebanggaan yang diandalkan oleh sang maestro sulap.

Sementara selain dijadikan patner dalam menari, ular bisa juga dijadikan sebagai patner untuk model pemotretan. Dunia photography tentu saja tak akan asing dengan nilai seni yang tercipta dari pose-pose besama ular. Dalam dunia seni, para pecinta photography bisa saja mengidentikan photo-model ular itu dengan nuansa kelembutan pun kecantikan, namun tentunya aroma kegarangan juga tak bisa dipisahkan dari dalamnya. Jinak namun galak, begitulah ular dihadapan kita.

Ular Mati Setelah Menggigit Payudara Model Seksi

Nampak jinak namun akhirnya bisa menjadi galak adalah seperti yang terjadi hari Selasa 15 Maret 2011 pada sessi pemotretan salah satu model seksi ternama, Orit Fox.

Awalnya Orit Fox merasa kaget dan sempat meringis kesakitan akibat ular yang menjadi patner sessi pemotretan malah menggigit payudaranya. Namun hal itu tak berlangsung lama, Fox tetap terlihat sehat tiada kecenderungan kena bisa, sebaliknya justru ular yang menggigitnya tewas saat itu juga.

Meski Fox dan para crew photography masih heran & tak percaya dengan kejadian itu, namun perhatian kepada sang model seksi lebih diutamakan, Fox selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit terdekat guna mendapatkan perawatan suntikan tetanus dan pemeriksaan lebih lanjut. Diperoleh keterangan dari dokter, bahwa Fox hanya mengalami luka ringan. Sementara kematian ular itu sungguh berada di luar dugaan, kenapa justru ular yang mematuk payudaranya bisa mati seketika?

Masih menurut keterangan, pada sessi pengambilan gambar, Fox sempat berpose hendak menjilat muka ular tersebut, namun sepertinya ular yang hendak dijilatnya merasa terancam, sehingga dengan serta-merta ia bereaksi menggigit tepat di payudara sang photo-model.   Ular mati seketika diduga telah mengalami keracunan silikon yang ada pada payudara Fox karena sang model memang sempat beberapa kali menjalani operasi pembesaran payudara dengan suntikan silikon.

Kepala Ular Terpenggal Masih Bisa Menggigit

Wujud kepala ular pada setiap beda jenis juga akan selalu berbeda bentuknya, sementara mengenai tingkahlakunya, memang hampir semua jenis ular ada kemiripannya. Tingkah aneh dan keunikan ular ada banyak sekali, selain kebiasaan dia menjadi galak pada saat berganti kulit, keanehan ular yang tak biasa dimiliki makhluk lain adalah pola makannya yang bisa saja makan sekali demi untuk bertahan tidak makan selama 45 hari berikutnya. Lain dari itu kepala ular meskipun telah terpisah (akibat dipenggal) dari badan pun ekornya, namun untuk beberapa saat selepas terpenggalnya, dia masih bisa aktif sebagaimana biasa.

  • Kepala ular yang sudah terpenggal menggigit ekornya

Sebuah rekaman yang diunggah di Youtube memperlihatkan bahwa seekor ular copperhead meskipun telah dipenggal kepalanya, namun tetap masih bisa mengatupkan mulut dan lalu menggigit bagian tubuh lainnya. Padahal jarak pemenggalannya telah berlalu kurang-lebih 30 detik lamanya. Sam Bulliter adalah nama pria asal Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, yang membunuh ular dan merekam kematian ular tersebut.

Dalam rekaman, Sam terdengar berteriak histeris seperti tak percaya, “Ini hal yang gila! Bagaimana kamu menggigit dirimu sendiri, ular?”  “Kamu kini punya ekormu sendiri di mulutmu!”

  • Kepala ular tanpa badan menggigit jari chef restoran

Lain dengan yang dialami Sam Bulliter, kali ini keanehan memilukan akibat binatang reptil ular juga dialami oleh seorang chef asal kota Foshan, provinsi Guangdong, China, bernama Peng Fan. Tukang masak sebuah restoran tersebut tewas mengenaskan pada hari Minggu 24 Agustus 2014, selepas digigit kepala ular kobra yang hendak dimasaknya. Memilukan karena hal ini terjadi setelah 20 menit sang koki memotong kepala ular itu hingga putus, bukankah 20 menit itu bukan waktu sebentar, namun kenapa kepala ular kobra dari itu masih mampu melakukan aksinya?

Awalnya sang koki itu tengah mempersiapkan satu varian masakan spesial berujud sup dengan bahan utama seekor ular kobra Indochina. Sebagaimana diketahui jenis masakan sup kobra merupakan makanan khas yang menjadi satu makanan favorit pada sejumlah restoran kelas atas di tempat itu. Usai memenggal kepala ular yang racunnya terkenal mematikan itu, Peng Fan pun hendak membuang kepalanya ke tempat sampah, namun malang tak bisa dihindari, saat itu kepala ular sempat membuka mulut dan langsung menggigit serta menyuntikkan racunnya yang sangat berbisa. Kontan sang koki teriak kesakitan dan tak lama kemudian pingsan. Dan dokter yang menanganinya juga tak sanggup bebuat apa-apa lagi, karena racun yang ada telah berhasil  menjalar kesemua tubuh dengan cepat.

  • Kepala reptil masih bisa hidup selama 1 jam

Ahli ular kobra Yang Hong-Chang yang mengungkap alasan ular tersebut masih bisa menggigit sang koki, dia menyatakan bahwa meski saat ular kobra telah terpisah antara tubuh dan kepalanya dan ditengarai sudah tewas, namun masih ada beberapa gerakan refleks yang harus tetap diwaspadai. Sehingga meskipun fungsi-fungsi tubuh telah berhenti, jangan terlena dengan menganggap bahwa kepalanya sudah tak berdaya.

Masih menurut Yang Hong-Chang, jangankan cuma 30 detik pada ular copperhead ataupun 20 menit pada ular kobra indocina, semua jenis kepala reptil masih bisa hidup lebih lama dari itu, bahkan hingga 1 jam selepas dipenggal. Meski sebagian atau seluruh tubuhnya sudah dipotong, kita harus tetap mewaspadai karena masih terdapat kemungkinan kepala belum benar-benar mati. Itu artinya ular masih memiliki kemampuan untuk menggigit dan menebarkan racun berbisanya. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] Koki Tewas Digigit Ular Kobra yang Sudah Dipenggal news.liputan6.com. Diakses pada 30 Agustus 2014

[2] Seorang Koki Tewas Digigit Ular yang Dimasaknya. internasional.kompas.com Diakses pada 30 Agustus 2014

[3] Gambar Copperhead bites itself! Dicapture dari Youtube. Diakses pada 30 Agustus 2014

Berbagi dan Diskusi

33 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here