Daftar Pantai Tujuan Wisata di Gunung Kidul [1]

1
1359
pantai gunung kidul, daftar pantai di gunung kidul, pantai gunung kidul, pantai sundak, objek wisata pantai Yogyakarta, pantai Yogyakarta, Objek Wisata Pantai, Tempat Wisata Pantai JOgja, Pantai Jogja, Pantai Jogjakarta, Pantai Wisata Jogja

Yogyakarta sebagai tempat tujuan wisata memiliki beragam objek wisata yang dapat menjadi pilihan pelancong selama liburan. Tidak semata wisata kebudayaan, Provinsi yang terdiri dari Kabupaten Gunung Kidul, Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta ini memiliki beragam kawasan alam elok. Kawasan wisata alam di Jogja tersedia di semua kabupaten.

[baca: Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta dan sekitarnya]

Gunung Kidul kini cukup berbenah guna mengembangkan sektor pariwisata. Perkembangan pariwisata yang gencar di Yogyakarta memang tidak belum merata. Kota Yogyakarta menjadi salah satu penikmat terbesar besarnya gemerlap sektor ini dengan dunia perhotelan yang berkembang. Gunung Kidul masih tertinggal dibandingkan Kota Yogyakarta pada sektor ini, meski demikian pelbagai perbaikan tengah diupayakan untuk mengembangkan sektor ini. Salah satu hal yang paling mencolok dari persiapan pengembangan sektor ini adalah perbaikan jalan utama menuju kota dan kawasan Gunung Kidul.

Salah satu kekayaan alam yang dapat menjadi obyek wisata Gunung Kidul adalah pantai. Kabupaten ini kaya akan pantai, beberapa di antaranya belum dijadikan tempat pariwisata secara resmi. Perjalanan menelusuri dan menikmati pantai sepanjang kabupaten ini mungkin tidak akan selesai dalam 1 hari. Berikut ini adalah daftar pantai di kawasan Gunung  Kidul.

1. Pantai Ngobaran. Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.  Pantai ini tidak saja menyajikan keindahan alam tetapi juga menyajikan perayaan keagamaan Melasti yang diperingati oleh Ummat Hindu.

2. Pantai Ngerenehan, terletak di desa yang sama dengan Pantai Ngobaran. Salah satu sajian di lokasi ini adalah pelabuhan nelayan. Nelayan di kawasan ini umumnya adalah nelayan tradisional. Jika anda tertarik untuk menikmati ikan segar, di sini salah satu tempatnya.

3. Pantai Gesing terletak di Desa Girkarto Panggang. Pantai ini tidak terlalu luas dan menjadi sentra nelayan. Nelayan ini tempat ini umumnya masih bekerja dengan cara tradisional. Sajian kuliner makanan laut adalah yang ditawarkan di pantai ini.

4. Pantai Kukup, terletak di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari. Beberapa sajian menarik terhampar di kawasan ini, seperti gardu andang, akuarium laut. Terdapat pula beberapa hotel dan rumah makan yang dapat digunakan oleh pelancong.

5. Pantai Baron, seperti Pantai Kukup, terletak di Desa Kemadang. Sajian hotel, sungai bawah tanah dan tempat pelelangan ikan segar menjadi daya tarik lokasi ini.

6. Pantai Sepanjang, terletak berderetan dengan pantai Kukup dan Baron. Lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata dan koservasi penyu. 

7. Pantai Krakal, berada di Desa Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Hamparan psir putih yang membentang dengan aneka ragam hewan laut menjadi daya tarik lokasi ini.

8. Pantai Drini. Terletak di  Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Pulau kecil “ndrini” dan pelabuhan nelayan tradisional menjadi daya tarik yang ditawarkan oleh lokasi ini.

Sumber Rujukan:

[1] Senja Pantai Sadranan, FLickr.com. Dilisensikan dibawah CC 2.0. Diakses pada 29 Agustus 2014

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Ketertinggalan ekonomi menjadi salah satu alasan pemerintah untuk mengharuskan tempat tinggal di darat itu. Dengan tujuan hendak memodern-kan yang tertinggal itu, maka saran merumahkan orang perahu dilakukan. Memang ada yang sudah merapat ke pinggiran, akan tetapi mereka juga masih banyak yang memilih tinggal di rumah-rumah panggung wilayah pesisir pantai. [Baca juga: Daftar Pantai Tujuan Wisata di Gunung Kidul [1]] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here